sign up SIGN UP

Mudah Dirawat hingga Tahan Banting di Segala Cuaca, 5 Tanaman Hias Ini Cocok buat Koleksi di 2022

Anindya Milagsita | Beautynesia
Rabu, 12 Jan 2022 09:01 WIB
Mudah Dirawat hingga Tahan Banting di Segala Cuaca, 5 Tanaman Hias Ini Cocok buat Koleksi di 2022
caption

Punya tanaman hias di rumah bisa dijadikan sebagai hobi sekaligus sarana hiburan buat melepas stres hingga penat. Mulai dari tanaman hias jenis berdaun, berbunga, hingga tanaman outdoor maupun tanaman indoor bisa jadi pilihan yang cocok buat dikoleksi.

Nah, buat kamu yang suka merawat tanaman hias maupun masih pemula, ada sederet koleksi tanaman cantik yang mudah dirawat dan tahan di segala cuaca. Cocok banget lho buat menambah koleksi tanaman 2022 ini. Penasaran apa saja jenis tanamannya? Simak lewat artikel berikut, ya!

Lidah Mertua

Lidah mertua yang cocok dipilih sebagai tanaman hias tahun 2022.
Sederet tanaman hias mudah dirawat dan tahan panas yang cocok buat koleksi di tahun 2022/freepik/wirestock

Tanaman pertama kali ini seringkali dijumpai di berbagai rumah karena memang mudah dalam perawatannya dan cenderung tahan di segala cuaca. Tanaman yang bisa ditaruh di outdoor ataupun indoor ini bernama sansevieria atau dikenal juga dengan nama lidah mertua.

Lidah mertua ini banyak dipilih untuk koleksi karena selain dapat dijadikan sebagai hiasan, tanaman ini juga kaya akan manfaat. Dikutip dari CNBC Indonesia, tanaman lidah mertua mampu menyaring udara yang kotor, mengandung polutan, hingga bau menjadi lebih bersih. Tak sampai di situ, tanaman cantik dengan berpaduan warna hijau dan kuning ini juga mampu mengubah karbondioksida menjadi oksigen secara optimal sehari-hari.

Sirih Gading

Sirih gading yang bisa dipilih sebagai koleksi tanaman hias mudah dirawat dan tahan panas.
Sederet tanaman hias mudah dirawat dan tahan panas yang cocok buat koleksi di tahun 2022/freepik/azebaijanstockers

Bukan hanya lidah mertua, ada juga sirih gading yang siap buat menambah koleksi tanaman di rumah kamu, Beauties. Tanaman cantik yang satu ini paling cocok ditaruh di luar rumah karena pertumbuhan daunnya yang cenderung merambat. Perawatan sirih gading pun juga mudah dilakukan.

Kamu cukup menyiram tanaman ini saat tanahnya mulai mengering. Lalu kalau ingin daunnya tumbuh lebat, sesekali kamu bisa memangkasnya. Sirih gading ini juga tidak apa-apa bila terkena cahaya matahari secara langsung, lho.

Lili Paris

Lili paris yang bisa dipilih sebagai koleksi tanaman hias baru di 2022.
Sederet tanaman hias mudah dirawat dan tahan panas yang cocok buat koleksi di tahun 2022/instagram/attirahardjo

Selanjutnya ada lili paris atau bisa juga disebut sebagai spider plant. Sama seperti lidah mertua, tanaman cantik berdaun panjang dan tipis yang satu ini juga cocok ditaruh sebagai tanaman indoor ataupun outdoor, Beauties. Lili paris juga dikenal sebagai tanaman yang tahan banting, lho.

Ini karena perawatannya yang cenderung mudah dan bisa tahan dari berbagai cuaca. Buat penyiramannya kamu cukup menunggu saat tanah di tanaman sudah mengering. Lili paris juga cocok dipilih sebagai pembersih udara alami yang bisa ditaruh di rumah.

Sukulen

Sukulen yang bisa dipilih sebagai koleksi tanaman hias mudah riawat dan tahan panas di tahun 2022.
Sederet tanaman hias mudah dirawat dan tahan panas yang cocok buat koleksi di tahun 2022/freepik/evening_tao

Ingin mengoleksi tanaman cantik yang siap bikin jatuh cinta setiap harinya? Sukulen paling cocok buat kamu pilih, Beauties. Bukan hanya cantik, tanaman ini juga mudah perawatannya dan cenderung tahan banting di segala cuaca. Tanaman cantik ini bahkan bisa ditaruh di dalam ataupun luar ruangan, lho.

Ada berbagai jenis sukulen yang bisa kamu pilih sebagai koleksi baru di rumah. Uniknya, saat batang dari sukulen ini jatuh atau berguguran di atas tanah maupun media tanam, bisa tumbuh menjadi tanaman baru. Tanaman cantik ini menyimpan cadangan air, sehingga kamu pun nggak perlu sering-sering menyiraminya.

Marigold

Bunga marigold yang bisa dipilih sebagai koleksi tanaman hias di 2022.
Sederet tanaman hias mudah dirawat dan tahan panas yang cocok buat koleksi di tahun 2022/freepik/wirestock

Kalau sebelumnya ada tanaman berdaun, kali ini ada jenis bunga yang terlihat cantik nan menawan buat dikoleksi. Bernama bunga marigold yang punya ciri khas warna kuning dan juga oranye. Mengutip dari CNBC Indonesia, tanaman marigold ini tahan banting di segala cuaca bahkan saat hujan.

Bunga cantik yang satu ini paling cocok buat ditaruh di halaman ataupun pekarangan depan rumah, Beauties. Menariknya, bunga marigold ini punya kemampuan untuk menekan populasi cacing di bagian akar hingga batang. Hal ini bermanfaat untuk melindungi dirinya dan juga tanaman sekitarnya dari cacing tanah pemakan akar tanaman.

[Gambas:Youtube]

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id