sign up SIGN UP

Mulai Tahun 2022 dengan Disiplin Berinvestasi, Cari Tahu Kiatnya di Sini!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Sabtu, 01 Jan 2022 20:30 WIB
Mulai Tahun 2022 dengan Disiplin Berinvestasi, Cari Tahu Kiatnya di Sini!
caption

Belakangan ini generasi milenial semakin melek soal finansial dan sebagian di antaranya punya keinginan untuk melakukan investasi, Beauties. Berinvestasi salah satunya dilakukan dengan menyimpan uang dalam bentuk instrumen investasi untuk dikembangkan agar bisa mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

Belum banyak yang tahu, ternyata memulai investasi dari saat sekarang punya manfaat yang baik untuk kamu di masa yang akan datang. Seperti mampu mencapai tujuan finansial sesuai keinginan sampai raih kesejahteraan hidup untuk masa depan. Lantas bagaimana cara mulai investasi?

Yuk cari tahu cara investasi bagi pemula lewat artikel berikut!

Memahami Tipe Investor

Memulai investasi dengan memahami tipe investasi.
Cara memulai investasi bagi pemula/freepik/rawpixel.com

Langkah pertama kali bagi para pemula dalam berinvestasi bisa dilakukan dengan mempelajari terlebih dahulu tipe investor. Investor sendiri adalah istilah atau sebutan bagi orang yang melakukan investasi, Beauties. Sebagai seorang calon investor, kamu harus memahami akan menjadi tipe investor seperti apa saat melakukan investasi nantinya.

Melansir dari Investopedia, sebelum memulai berinvestasi coba tanyakan pada diri sendiri, "investor seperti apa saya ini?". Kamu juga bisa mulai menentukan tujuan keuangan nantinya, seperti apakah ingin dipakai sebagai tabungan, membeli rumah, menikah, mewujudkan kebebasan finansial alias financial freedomdan masih banyak lagi.

Selanjutnya tentukan juga, seberapa lama kamu ingin menyimpan uang yang ingin diinvestasikan. Apakah dalam jangka waktu yang lama atau hanya ingin beberapa tahun saja. Cara ini dilakukan agar kamu memiliki panduan untuk memilih jenis investasi nantinya.

Tentukan Jenis Investasi

Memulai investasi dengan mengenali jenis investasi.
Cara memulai investasi bagi pemula/freepik/rawpixel.com

Setelah memahami sekaligus menentukan tipe investor, kamu juga harus mempertimbangkan untuk memilih jenis investasi. Jenis atau instrumen investasi ini sangat penting untuk dipelajari, karena jadi salah satu jalan bagi kamu raih kesuksesan dalam berinvestasi nantinya, Beauties. 

Ada banyak pilihan investasi yang bisa kamu pertimbangkan. Seperti berinvestasi emas, saham, reksa dana, properti, tanah, ataupun barang bernilai lainnya.

Pastikan untuk mempelajari terlebih dahulu setiap pilihan sebelum memutuskannya. Buat membantu kamu menentukannya, cobalah untuk mempertimbangkan besar uang yang akan diinvestasikan, tujuan berinvestasi, dan jangka waktunya.

Mengerti Risiko Berinvestasi

Memulai investasi dengan memahami risikonya.
Cara memulai investasi bagi pemula/freepik/rawpixel.com

Nggak kalah penting dari mengetahui soal tipe investor dan memilih jenis investasi, kamu juga harus memahami risiko saat berinvestasi, Beauties. Saat melakukan investasi kamu nantinya bisa dihadapkan dengan imbal hasil atau pendapatan yang menguntungkan, tapi adakalanya kamu juga bisa merugi. Masing-masing jenis investasi punya risiko yang berbeda.

Masih dilansir dari Investopedia, risiko dalam berinvestasi bisa berwujud nilai dari instrumen investasi yang akan berbeda dari hasil atau pengembalian yang diharapkan. Sederhananya risiko mencakup kemungkinan kehilangan sebagian atau seluruh investasi awal. 

Mulai dari Jumlah yang Kecil

Mulai investasi dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu.
Cara memulai investasi bagi pemula/freepik/freepik

Nah, kalau kamu sudah mempelajari dan memahami berbagai hal penting dalam persiapan investasi, waktunya untuk melakukannya secara langsung, Beauties. Sebagai pemula dalam berinvestasi, sebaiknya kamu memulainya dari jumlah yang kecil. Seperti salah satunya saat kamu memilih instrumen investasi berupa saham ataupun reksa dana.

Dilansir dari The Guardian, cobalah untuk memakai jumlah uang yang tidak terlalu banyak saat memulainya. Ini dilakukan agar kamu bisa mempelajari dan mengevaluasi secara bertahap pilihan saham ataupun reksa dana apakah memiliki kinerja yang bagus dari hari ke hari.

Cara ini akan berbeda saat kamu memilih investasi berupa emas, properti, tanah, ataupun barang bernilai lainnya yang cenderung membutuhkan modal yang cukup besar.

Rutin Berinvestasi

Memulai investasi dengan melakukannya secara rutin.
Cara memulai investasi bagi pemula/freepik/jcomp

Sebagai pemula dalam berinvestasi, cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan melakukannya secara rutin. Kamu bisa membuat rencana investasi yang nantinya bisa dijadikan sebagai panduan untuk menyisihkan seberapa banyak uang yang akan disimpan.

Cobalah lakukan secara berkala, semisal sebulan sekali atau beberapa bulan sekali. Selamat mencobanya, ya!

[Gambas:Youtube]

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id