sign up SIGN UP

Mulai Waspada dari Sekarang! Begini Tanda-tanda Pasangan Selingkuh Menurut Ahli Investigator

Anindya Milagsita | Beautynesia
Selasa, 14 Jun 2022 06:00 WIB
Mulai Waspada dari Sekarang! Begini Tanda-tanda Pasangan Selingkuh Menurut Ahli Investigator
caption

Perselingkuhan jadi sebuah hal yang tentunya cenderung tak ingin dialami oleh siapa pun. Saat kondisi  ini terungkap, ada satu pihak yang akan tersakiti dan dirugikan. Selingkuh jelas bukan sesuatu yang sepele dan akan jadi masalah besar dalam hubungan, baik sebagai pasangan kekasih maupun telah berumah tangga.

Kebiasaan buruk yang satu ini pun bukan hanya bisa dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan, tapi juga bisa berlaku sebaliknya, Beauties. Meskipun ciri-ciri pacar selingkuh ataupun adanya pihak ketiga dalam rumah tangga seringkali tak kentara terlihat, tapi ternyata ada tanda-tanda yang bisa mulai diwaspadai dari sekarang.

Ahli investigator dan pendapat dari sumber lain mengungkap ada ciri-ciri selingkuh oleh pasangan yang dapat dikenali. Penasaran apa sajakah itu? Simak selengkapnya lewat artikel berikut ini!

Ciri Selingkuh Menurut Investigator

Ciri pasangan selingkuh menurut ahli investigator.
Ciri-ciri pasangan selingkuh yang patut untuk diwaspadai/freepik/master1305

Seorang ahli investigator bernama Thomas Martin, yang menjadi presiden penyidik swasta 'Martin Investigative Services' sekaligus penulis buku, mengungkap lewat Independent UK ada tanda-tanda perselingkuhan yang identik selama 40 tahun dirinya berkarier. Dirinya mengungkap, saat ada 1-2 tanda yang ditemui pada pasangan sebaiknya tak perlu khawatir, tapi kalau lebih dari 4-5 tanda yang identik cobalah untuk mulai waspada.

Ada sekitar 20 tanda yang diungkap Martin, Beauties. Di antara seperti kebiasaan yang berubah, jarang berada di rumah, absen acara keluarga, perjalanan bisnis, lembur secara berlebihan, pengeluaran mencurigakan, ada akun rahasia, tagihan keuangan tersembunyi, perubahan dalam merawat diri, aroma milik orang lain, hadiah yang asing, benda-benda aneh, mendadak suka gym, panggilan tak terjawab dari orang tidak dikenal, pesan masuk rahasia, kurangnya seks, menghindar, pemarah, hingga benci saat dikunjungi secara tiba-tiba.

Perubahan Minat Seks

Berubahnya minat dalam seks di dalam rumah tangga.
Ciri-ciri pasangan selingkuh yang patut untuk diwaspadai/freepik/jcomp

Selain yang telah diungkap oleh Thomas Martin selaku ahli investigator, ada juga sumber lain yang mengungkap beberapa tanda pasangan selingkuh, Beauties. Salah satunya perubahan pada minat seks. Ciri yang satu ini berkaitan dengan pasangan yang sudah menikah. Meskipun fluktuasi frekuensi rutinitas seks pada pernikahan wajar bisa terjadi, tapi tak menutup kemungkinan itu bisa menjadi sebuah tanda perselingkuhan.

Seperti dikutip melalui Very Well Mind, tanda-tanda yang mungkin menandakan perselingkuhan dalam minat seks seperti terjadinya lebih sedikit keintiman dan koneksi dalam hubungan, terlebih saat momen bercinta dengan pasangan. Selain itu, kehidupan seks justru menghilang bahkan tak ada. Hingga adanya gaya baru saat bercinta yang belum pernah diperkenalkan sebelumnya.

Adanya Arus Keuangan Tak Masuk Akal

Keuangan yang tidak masuk akal sebagai salah satu tanda perselingkuhan.
Ciri-ciri pasangan selingkuh yang patut untuk diwaspadai/freepik/rawpixel.com

Selain minat seks, keuangan juga dapat menjadi salah satu hal yang menjadi tanda adanya perselingkuhan. Terlebih bagi pasangan yang telah menikah, keuangan jadi urusan yang penting untuk dibicarakan berdua dan harus melibatkan satu sama lainnya. Saat menemukan adanya pengeluaran yang tak masuk akal, cobalah untuk berkomunikasi dengan pasangan.

Masih dikutip dari laman sebelumnya, ciri perselingkuhan bisa dilihat lewat adanya tagihan keuangan yang mencurigakan. Selain itu, uang juga menjadi hal sensitif yang bisa menimbulkan masalah bagi kedua belah pihak. 

Menjadi Sulit untuk Dijangkau

Pasangan yang selingkuh jadi sulit untuk dijangkau.
Ciri-ciri pasangan selingkuh yang patut untuk diwaspadai/freepik/jcomp

Ciri yang satu ini tak hanya berlaku bagi pasangan yang sudah menikah, Beauties. Melainkan juga yang tengah menjalin hubungan kekasih. Perselingkuhan salah satunya dapat dilihat dari adanya perubahan besar yang terjadi dalam hubungan. Seperti pasangan yang terasa sulit untuk dijangkau.

Melansir dari Prevention, saat seseorang berusaha dengan keras untuk menjangkau pasangannya dalam komunikasi ataupun pertemuan, kemungkinan itu adalah red flag yang harus mulai diwaspadai.

Seorang psikolog bernama Paul Coleman, Psy.D., mengungkap seorang yang tengah berselingkuh butuh privasi dan waktu tanpa gangguan. Mereka cenderung secara berkala tak bisa dihubungi untuk menghindari risiko ketahuan.

Perilaku yang Tak Seperti Biasanya

Perilaku pasangan yang tak seperti biasanya bisa menandakan perselingkuhan.
Ciri-ciri pasangan selingkuh yang patut untuk diwaspadai/freepik/mego-studio

Pada sebuah hubungan, biasanya akan ada rutinitas membagikan detail kegiatan atau hal-hal harian yang dilakukan satu sama lain. Tapi saat seseorang berselingkuh, mereka cenderung membagikan kabar lebih sedikit dari biasanya. Psikolog klinis bernama John Mayer, Ph.D. mengungkap saat seseorang berselingkuh ia cenderung beralih ke asmara yang baru.

Dibandingkan membagikan kabar, cerita, ataupun hal-hal yang dilakukan pada pasangan, mereka memilih untuk melakukannya pada selingkuhannya. Mereka merasa sudah memiliki tempat untuk berbagi dan seringkali justru tak menyadari hingga lupa berbagi dengan pasangan yang asli. 

Meskipun ada banyak tanda-tanda yang mungkin dilakukan pasangan atau terjadi dalam hubungan kamu, pastikan untuk jangan terlalu gegabah dalam mengambil keputusan, Beauties. Pastikan untuk melakukan komunikasi hingga konfirmasi terlebih dahulu. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahlinya seperti konsultan hukum maupun psikolog. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id