STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Nggak Cuma Istirahat Fisik, Ini 4 Jenis Istirahat Lain yang Kamu Butuhkan Menurut Ahli

Nadya Quamila | Beautynesia
Minggu, 07 Nov 2021 11:45 WIB
Nggak Cuma Istirahat Fisik, Ini 4 Jenis Istirahat Lain yang Kamu Butuhkan Menurut Ahli

Ketika kita berbicara tentang istirahat, kata apa yang terlintas di kepala kamu, Beauties? Tidur? Atau me time setelah lelah beraktivitas?

Ketika berbicara tentang istirahat, kita kebanyakan hanya berpikir tentang istirahat fisik. Tapi, sebenarnya istirahat tidak hanya terbatas pada dua hal itu saja, lho! Ada banyak jenis istirahat yang kamu butuhkan.

Menurut Tasha Bailey, seorang konselor dan terapis, ada beberapa jenis istirahat yang kamu butuhkan. Dirangkum dari Times of India, yuk disimak!

Istirahat Mental

Istirahat yang CukupIstirahat mental/Foto: Freepik/lookstudio


Aktivitas yang padat tidak hanya membuat fisik lelah, namun juga mental. Berhadapan dengan orang lain, menyelesaikan tugas atau pekerjaan, hingga bersabar menghadapi kemacetan juga bisa membuat mental kamu kelelahan.

Mengistirahatkan mental setelah beraktivitas atau ketika kamu sudah mulai merasa sulit untuk berkonsentrasi. Misalnya, tidak membuka media sosial, melakukan afirmasi positif, memutar lagu favorit, hingga melakukan meditasi dapat membantu kita mengistirahatkan mental.


Istirahat Emosional

Bersenang-senang ketika kamu sedih memang hal yang lebih sulit, tapi kalau kamu mulai menyadari bahwa kamu merasa tidak dapat menikmati hal-hal itu sama sekali mungkin pertanda kamu membutuhkan dukungan dari luar untuk membantu kamu merasa lebih baik.Istirahat emosional/Foto: Freepik


Sudah berapa banyak emosi yang kamu pendam selama ini, Beauties? Ibarat balon yang terus-menerus diisi angin, cepat atau lambat pasti akan meledak. Begitu pula yang terjadi pada dirimu jika terlalu lama memendam emosi. Suatu hari akan meledak karena terlalu lama memendam.

Cara 'mengistirahatkan' emosional ialah dengan membongkar dan mengeluarkan semua emosi yang selama ini terpendam. Coba bagikan emosi kepada orang-orang yang kamu percayai. Jika kamu merasa tidak nyaman berbicara dengan mereka, kamu bisa mencari bantuan dari tenaga profesional.


Istirahat Sosial

Selalu Menyempatkan Waktu untuk Me TimeIstirahat Sosial/Foto: Pexels.com/Miriam Alonso


Walaupun mungkin kamu termasuk tipe orang yang extrovert, kamu juga perlu untuk 'istirahat sosial', lho! Setelah berkomunikasi dengan banyak orang, kamu perlu berhubungan kembali dengan diri sendiri, contohnya dengan melakukan me time atau menghabiskan waktu dengan orang-orang yang benar berada di inner circle saja.


Istirahat dari Menjadi Kreatif

September, orang yang suka membacaIstirahat dari menjadi kreatif/Foto: Pexels/John Diez


Untuk menjaga diri tetap berenergi, istirahat dari fase kreatif itu penting, lho! Terkadang, dengan tidak menjadi kreatif dan hanya mengamati bentuk kreativitas orang lain dapat membantu kita untuk menemukan inspirasi.

Kamu bisa melakukan istirahat jenis ini dengan membaca buku, berjalan-jalan, atau melihat karya seni orang lain. Atau yang lebih sederhananya, membersihkan meja kerja dan merapikan kamar juga bisa membantu untuk membersihkan pikiran.

Kira-kira jenis istirahat mana yang paling kamu butuhkan sekarang, nih, Beauties? Jangan lupa istirahat, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE