BILLBOARD
970x250

Nggak Sekadar Bikin Hidup Tenang, Simak 5 Alasan Mengapa Kamu Jangan Sampai Tergoda dengan Pinjaman Online!

Belinda Safitri | Beautynesia
Minggu, 28 May 2023 15:30 WIB
Nggak Sekadar Bikin Hidup Tenang, Simak 5 Alasan Mengapa Kamu Jangan Sampai Tergoda dengan Pinjaman Online!

Layanan pinjaman online memang menjadi suatu kemudahan tersendiri bagi orang-orang yang butuh dana cepat. Berbagai tawaran menarik dari setiap layanan pinjol pun membuat calon pelanggan semakin tergoda. 

Walau demikian, kamu jangan sampai mudah tergiur dengan hal tersebut ya. Pasalnya, kebanyakan kasus pinjaman online hanya merugikan pelanggan saja. Jika saat ini kamu cukup tertarik untuk mengajukan pinjaman di pinjol, sebaiknya pahami terlebih dahulu deretan alasan yang menyebabkan pinjaman online perlu dihindari. Check this out

1. Nilai Bunga Tinggi

Nilai bunga tinggi
Nilai bunga tinggi/ Foto: Freepik.com/pressfoto

Umumnya, pinjaman online menerapkan sistem bunga yang nilainya cukup tinggi. Meski di awal beberapa pinjaman online menawarkan bunga rendah dengan tujuan untuk menarik hati pelanggan. Namun, tak sedikit pinjol yang kadang tiba-tiba menaikkan nilai bunga di tengah proses peminjaman. 

Hal ini tentu saja merugikan kamu sebagai peminjam karena harus mengembalikan uang dalam jumlah berkali-kali lipat lebih banyak. Pada akhirnya, kondisi ini bisa membuatmu akhirnya terlilit utang akibat nilai bunga yang melambung tinggi. 

2. Adanya Sistem Denda

Adanya sistem denda
Adanya sistem denda/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Tak hanya sistem bunga yang tinggi, pinjaman online juga rata-rata memberlakukan sistem denda. Hal ini terjadi jika peminjam tidak bisa membayar angsuran sesuai waktu yang ditetapkan. Walaupun pada kondisi ini peminjam memang salah karena terlambat melunasi kewajibannya, tapi justru hal inilah yang sering dimanfaatkan oleh pihak pinjol. 

Mereka dengan sesuka hati akan menetapkan denda yang tidak wajar. Alih-alih lepas dari utang pinjol, kamu justru akan mendapat tambahan beban angsuran sebagai bentuk denda. Tak sampai di situ, pihak pinjol biasanya juga akan terus melakukan teror baik melalui telepon atau bahkan datang langsung ke tempat tinggalmu. 

Alasan Berikutnya Kamu Jangan Tergoda dengan Pinjaman Online: Hidup Tidak Tenang
Ilustrasi pasutri mengatur keuangan/Foto: Pexels/Mikhail Nilov

3. Hidup Tidak Tenang

Kamu mungkin tergoda untuk mengambil pinjaman online untuk melunasi utangmu yang lain atau sekadar untuk memenuhi keinginanmu terhadap sesuatu. Kenyataan yang terjadi adalah bukannya kamu merasa senang melainkan kamu justru akan merasa tersiksa. 

Masih sedikit lebih baik jika memang kamu punya uang untuk segera melunasi utang pinjolmu. Lain halnya ketika kamu tidak punya cukup dana untuk membayar angsuran yang bunganya terus bertambah. Setiap harinya hidupmu tentu tidak akan tenang karena terus diteror oleh pihak pinjol. 

4. Data Pribadi Tidak Aman

Data pribadi tidak aman
Data pribadi tidak aman/ Foto: Freepik.com/jcomp

Saat mengajukan pinjaman di layanan pinjol, calon pelanggan akan diminta untuk menyerahkan data-data pribadinya, seperti foto hingga KTP. Data-data ini tentu sangat perlu dijaga kerahasiaannya agar jangan sampai disalahgunakan. 

Mirisnya, banyak pinjol yang justru melayangkan ancaman untuk menyebarkan data pribadi, terlebih jika peminjam mengalami masalah dalam proses pelunasan utang. Hal ini tentu sangat berbahaya karena pihak pinjol bisa saja memanfaatkan data pribadimu untuk melakukan tindak kejahatan yang risikonya akan dilimpahkan kepadamu. 

5. Merusak Hubungan Kekerabatan

Merusak hubungan kekerabatan
Merusak hubungan kekerabatan/ Foto: Freepik.com/pressfoto

Selain data pribadi, kamu akan diminta untuk menyerahkan sejumlah nomor kerabat terdekat saat mengajukan pinjaman di pinjol. Hal ini bertujuan sebagai jaminan jika sewaktu-waktu kamu sulit dihubungi dalam proses pembayaran angsuran. 

Tentu hal tersebut akan mengganggu kenyamanan kerabatmu karena pihak pinjol biasanya juga akan bersikap kasar ketika melakukan penagihan. Ujung-ujungnya kondisi ini bisa memicu hubungan kekerabatanmu menjadi tidak baik karena kamu akan dianggap ikut melibatkannya dalam permasalahan pribadimu. 

Itulah deretan alasan kamu jangan sampai tergoda dengan pinjaman online. Semoga bisa jadi pertimbanganmu untuk benar-benar menghindari layanan pinjol, ya. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE