sign up SIGN UP

Nonton Konser Musik Bisa Bikin Panjang Umur, Benarkah? Simak Faktanya di Sini!

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 28 Dec 2021 23:30 WIB
Nonton Konser Musik Bisa Bikin Panjang Umur, Benarkah? Simak Faktanya di Sini!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu gemar menonton konser musik? Bukan hanya sebagai bentuk apresiasi terhadap musisi, konser musik nyatanya juga bisa memberikan energi dan kebahagiaan. Konser musik juga cenderung bisa mempererat hubungan dan menciptakan solidaritas.

Ternyata, konser musik nggak sekadar memberikan kebahagiaan, lho! Sebuah studi mengungkapkan bahwa semakin sering kamu menonton konser, maka kamu bisa semakin panjang umur! Wah, kok bisa, ya? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Menonton Konser Bikin Panjang Umur

Keseruan iHeartFestival yang Bikin Kangen Nonton Konser / foto: instagram.com/iheartfestivaliHeartFestival/Foto: Instagram.com/iheartfestival

Studi baru oleh O2, sebuah perusahaan yang memiliki beberapa tempat musik terbesar di Inggris, menunjukkan bahwa jika kamu sering menghadiri konser, kamu kemungkinan akan memiliki umur yang lebih panjang.

Melansir dari Independent, penelitian yang dilakukan O2 bersama Patrick Fagan, Associate Lecturer di Goldsmith University menunjukkan bahwa hanya berada selama 20 menit di sebuah konser dapat meningkatkan well-being (kesejahteraan) seseorang sebanyak 21 persen.

Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa sering pergi ke konser secara langsung berdampak kepada tingkat kesejahteraan dan dapat memperpanjang umur hingga 9 tahun!

"Penelitian kami menunjukkan dampak besar pertunjukan terhadap perasaan sehat, bahagia, dan sejahtera. Kuncinya ialah dengan hadir secara rutin atau dua minggu sekali ke konser," ungkap Fagan.

Meningkatkan Self-worth

Menonton konser bisa menjadi inspirasi kencan untuk pasangan ekstrovert yang senang melihat dunia luar.Ilustrasi menonton konser/Foto: Freepik.com/gpointstudio/ Foto: Diyah Wulandini

O2 dan Fagan pun melakukan penelitian kepada sejumlah peserta. Peserta dalam keadaan sehat diuji dengan diminta untuk menyelesaikan aktivitas fisik, seperti menghadiri konser, yoga, dan berjalan-jalan dengan anjing peliharaan. Para peserta menjadi sasaran tes psikometri dan tes detak jantung untuk menentukan bagaimana setiap aktivitas tersebut memengaruhi mereka.

Hasil menunjukkan bahwa peserta yang menghadiri konser mengalami peningkatan harga diri atau self-worth dan rasa kedekatan dengan orang lain sebanyak 25 persen. Selain itu, peserta juga mengalami peningkatan sekitar 75 persen dalam stimulasi mental.

"Dengan menggabungkan semua temuan kami dengan penelitian O2, kami menyimpulkan bahwa datang ke konser selama dua minggu sekali dapat memperpanjang umur hingga kurang lebih satu dekade," papar Fagan.

10 Style Fashion Coachella Ala Selebriti Luar Negeri yang Selalu Menarik Perhatian!Coachella/ Foto: beautynesia

Terkait penelitian di atas, rasanya tidak berlebihan jika memang konser musik bisa berdampak positif pada kesehatan, bahkan bisa membuat seseorang panjang umur. Contohnya seperti festival Coachella yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Banyak orang yang mempersiapkan dirinya sedemikian rupa untuk hadir di festival tersebut, salah satunya dengan berolahraga dan menjaga pola makan agar terlihat menawan di balutan kostum yang mereka kenakan.

Tidak hanya itu, konser tersebut juga biasanya berlangsung di musim panas, di mana cuaca sangat panas. Orang-orang yang hadir pun akan berkeringat karena bersemangat menari, yang secara tidak langsung membantu membakar kalori serta melepaskan endorfin.

Musik juga dipercaya dapat menciptakan kebahagiaan dan telah dikonfirmasi oleh sebuah penelitian dari University of Missouri dalam The Journal of Positive Psychology. Penelitian tersebut menyatakan bahwa mendengarkan musik yang menyenangkan memiliki efek positif yang signifikan pada kesehatan.

So, tertarik untuk menonton lebih banyak konser musik, Beauties?

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id