sign up SIGN UP

Oprah hingga Cinta Laura, Ini Deretan Seleb yang Dukung Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 03 Nov 2021 09:45 WIB
Oprah hingga Cinta Laura, Ini Deretan Seleb yang Dukung Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan
caption
Jakarta -

Secara global, 1 dari 3 perempuan di seluruh dunia pernah mengalami kekerasan fisik atau seksual dalam hidup mereka. Kekerasan terhadap perempuan adalah isu yang harus dianggap serius dan menjadi perhatian dunia.

Semakin banyak masyarakat yang mendukung kampanye yang memperjuangkan hak-hak perempuan, tak terkecuali sederet artis inspiratif berikut ini. Mereka mampu menggunakan suara mereka untuk mendukung berbagai kampanye anti kekerasan terhadap perempuan.

Siapa saja artis inspiratif tersebut? Yuk cari tahu di bawah ini!

Oprah Winfrey

Deretan selebritis yang aktif kampanyekan anti kekerasan terhadap perempuanDeretan selebritis yang aktif kampanyekan anti kekerasan terhadap perempuan/ Foto: Instagram/@oprah

Selebriti sekaligus pengusaha dari Amerika Serikat ini memang terkenal akan jiwa sosialnya. Bahkan bisa dibilang, ia adalah salah satu filantropis yang paling terkenal di abad ke-21 ini.

Oprah menggunakan ketenaran dan kekayaannya untuk berbagai kegiatan sosial, salah satunya mengakhiri kekerasan terhadap perempuan. Dilansir dari The Pixel Project, Oprah telah mendedikasikan banyak segmen dari acara program televisinya, "The Oprah Winfrey" untuk membantu korban pemerkosaan dan inses.

Namun siapa sangka, perempuan yang masuk dalam daftar miliarder dunia ini juga pernah menjadi korban kekerasan.Di usianya yang masih 9 tahun, ia pernah diperkosa oleh sepupunya sendiri, seperti dilansir dari USA Today.

Berangkat dari pengalaman masa kecilnya itulah kini Oprah termasuk sebagai seorang selebriti yang sangat vokal dalam mengkampanyekan anti kekerasan pada perempuan.


Nicole Kidman

Nicole KidmanDeretan selebritis yang aktif kampanyekan anti kekerasan terhadap perempuan/ Foto: Instagram/@nicolekidman


Aktris pemenang Piala Oscar ini ditunjuk sebagai Duta Persahabatan UN Women (PBB) pada tahun 2006 silam. Melalui perannya, ia memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pelanggaran hak asasi perempuan di seluruh dunia, dengan fokus khusus menyoroti kekerasan terhadap perempuan.

Dikutip dari laman resmi UN Women, Nicole Kidman telah memberikan dukungannya sebagai juru bicara di UN Women's Say NO-UNiTE to End Violence against Women, yakni sebuah upaya advokasi global untuk melatih dan mengedukasi jutaan orang seputar masalah ini.

Setelah terlibat dalam berbagai kegiatan bersama UN Women, ia telah melihat bahwa tidak ada batasan capaian bagi perempuan ketika mereka diberi kesempatan.

Cinta Laura

Cinta Laura kampanye Cinta Laura kampanye "Save The Children"/Foto: Instagram/@claurakiehl


Tidak hanya cantik dan berprestasi, artis keturunan Jerman ini juga dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Di tahun 2019, ia pernah diangkat jadi Duta Anti-Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Cinta disebut menjadi contoh figur publik yang mampu menyuarakan anti kekerasan terhadap perempuan dan anak di masyarakat. Menurutnya, setiap manusia berhak untuk hidup secara baik, serta diperlakukan secara adil dan setara. Salut!


Reese Witherspoon

seleb dunia Reese WitherspoonReese Witherspoon/Foto: Instagram/@reesewitherspoon


Aktris yang memerankan karakter Elle Woods dalam film romcom Legally Blonde ini merupakan seorang juru kampanye yang sangat berkomitmen dan aktif dalam kampanye anti kekerasan terhadap perempuan.

Ia juga menjabat sebagai ketua kehormatan Avon Foundation, yakni sebuah badan amal yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan dan meningkatkan kesadaran atas kekerasan dalam rumah tangga.

Di tahun 2009, aktris ini membantu luncurkan kampanye melawan kekerasan dalam rumah tangga bernama Four Ways to Speak Out. Ia meminta pemerintah Inggris untuk memberikan aksi nyata untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan.


Hannah Al Rashid

Jika artis sebelumnya mendapatkan darah keturunan Prancis dari sang ayah, maka berbeda dengan Hannah Al Rashid yang mendapatkannya dari sang ibu. Ayahnya sendiri diketahui berasal dari Sulawesi Selatan. (Foto:instagram.com/hannahalrashid)Hannah Al Rashid/ Foto: Instagram/@hannahalrashid


Hannah Al Rashid bisa dibilang menjadi salah satu aktris sekaligus aktivis di Indonesia yang paling vokal dalam menyuarakan hak-hak perempuan. Perempuan berdarah Bugis dan Prancis ini merupakan duta PBB untuk Indonesia yang berfokus pada kesetaraan gender.

Melalui laman Instagramnya, tak jarang Hannah membagikan berbagai postingan yang menyuarakan isu-isu terkait perempuan. Menurutnya, semua orang berpotensi jadi korban kekerasan, tanpa terkecuali dirinya.

Dilansir dari Wolipop, Hannah pernah menjadi korban pelecehan seksual. Salah satu hal yang disarankan Hannah kepada perempuan Indonesia untuk menghadapi masalah ketidaksetaraan gender dan pelecehan seksual adalah mengetahui 'privilege' mereka.

Ia mengingatkan agar wanita tidak terjebak dalam 'privilege' sendiri tapi membantu wanita lain yang mungkin kurang beruntung.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id