sign up SIGN UP

Orang Introvert Ternyata Lebih Cocok Jadi Pemimpin? Ini Penjelasannya Menurut Forbes!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Minggu, 17 Oct 2021 23:15 WIB
Orang Introvert Ternyata Lebih Cocok Jadi Pemimpin? Ini Penjelasannya Menurut Forbes!
caption
Jakarta -

Secara umum, kepribadian introvert adalah kepribadian yang cenderung fokus dengan perasaan serta pikiran dirinya sendiri. Biasanya, orang-orang introvert memiliki ciri-ciri pendiam, lingkungan pertemanan yang kecil, fokus dengan diri sendiri, dan lain-lain.

Namun, siapa sangka kepribadian introvert dapat dijadikan sebagai sebuah kelebihan yaitu seorang pemimpin. Menurut laman Forbes bahwa orang-orang yang memiliki kepribadian introvert mampu menjadi pemimpin yang baik. Kok bisa? Yuk simak penjelasannya di bawah ini yang dihimpun dari Forbes.

Berpikir Sebelum Berbicara

Jiwa kepemimpinan introvert
Jiwa kepemimpinan introvert/ sumber: freepik.com/ master1305

Orang-orang dengan kepribadian introvert ialah mereka sangat berhati-hati saat memulai percakapan dengan lawan bicara atau sedang memulai percakapan. Dengan kata lain, mereka akan berpikir terlebih dahulu sebelum bicara.

Bahkan, dalam percakapan sehari-hari mereka mempertimbangkan komentar dari orang lain dan mereka akan berpikir atau merenung sebelum merespon. Belajar untuk mendengarkan orang lain adalah sifat yang secara konsisten ditunjukkan oleh para introvert.

Seorang pemimpin tidak hanya sekedar menyampaikan perintah saja kepada anggota, melainkan harus memiliki kemampuan dalam memahami serta bersikap bijaksana kepada anggotanya. Dalam hal ini, berpikir sebelum berbicara adalah salah satu cara menjadi pemimpin yang baik.

Memiliki Fokus Mendalam

Ciri khas introvert
Ciri khas introvert/ sumber: freepik.com/ lookstudio

Ciri-ciri kepribadian introvert yaitu memiliki fokus yang mendalam terhadap sesuatu yang menjadi target sasarannya. Seperti contoh, mereka akan menggali sebuah masalah secara mendalam hingga masalah tersebut tuntas, kemudian mereka juga tertarik dengan sesuatu yang menurutnya mampu menghasilkan sebuah ‘makna’ yang mendalam, dan masih banyak lagi. Sikap seperti ini menjadikan orang-orang introvert memiliki pemikiran yang kritis.

Sikap kritis yang dimiliki oleh kepribadian introvert ini sangat diperlukan dalam sebuah kepemimpinan, agar lebih teliti dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sehingga mampu menjadi pemimpin yang professional.

Persiapan yang Matang

Sikap pemimpin introvert
Sikap pemimpin introvert/ sumber: pexels.com/ katemangostar

Mereka yang memiliki kepribadian introvert cenderung berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap mereka yang selalu mempersiapkan segala sesuatu dengan maksimal. Bagi para introvert, untuk dapat merasakan ketenangan dan kepercayaan diri harus dilakukan dengan persiapan yang matang agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam hal ini, seorang pemimpin harus memiliki kesigapan sebelum merencanakan sebuah program kerja. Pemimpin yang baik harus mampu mempertimbangkan berbagai kemungkinan, mulai dari buruk hingga baik. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir masalah yang akan terjadi.

Pandai Merangkai Kata

Keunggulan orang introvert
Keunggulan orang introvert/ sumber: freepik.com/ Racool_studio

Orang-orang introvert memang dikenal memiliki karakter yang pendiam atau jarang berbicara di depan publik. Meski demikian, keahlian lain yang mampu membuat seorang introvert mampu menjadi pemimpin yang baik adalah kemampuannya dalam merangkai kata.

Mereka yang memiliki kepribadian introvert dianggap lebih mampu berkreasi, kemudian disalurkan melalui rangkaian kata. Bahkan, pemikirannya yang kompleks dalam merancang sesuatu, bisa dituangkan melalui gambaran atau tulisan tangan. Sikap inilah yang menjadi kekuatannya untuk menjadi seorang pemimpin yang mampu menciptakan ide-ide yang kreatif.

Bersikap Tenang

Kepribadian introvert
Kepribadian introvert/ sumber: freepik.com/ user18526052

Alasan lainnya yang membuat kepribadian introvert cocok dijadikan seorang pemimpin adalah pembawaannya yang tenang. Dilihat dari sikapnya yang tenang ini, mampu membuat orang-orang introvert dapat berhati-hati dalam mengambil keputusan serta mampu mengendalikan pikiran saat berada dalam sebuah tekanan.

Dalam hal ini, para introvert dapat dikatakan lebih unggul dalam mengendalikan emosinya. Ketika mereka merasa sudah tidak mampu menyelesaikan sebuah masalah, mereka akan menyendiri untuk menenangkan pikirannya, kemudian dapat kembali berpikir jernih.

Itulah alasan orang-orang yang memiliki kepribadian introvert cocok menjadi pemimpin. Beauties, apakah kamu termasuk?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id