sign up SIGN UP

JADI LEBIH BAIK

Pandemi Masih Berlanjut di Tahun 2022, 3 Hal Terkait Keuangan Ini Sebaiknya Perlu Kamu Punya untuk Jaga-jaga

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 05 Jan 2022 19:45 WIB
Pandemi Masih Berlanjut di Tahun 2022, 3 Hal Terkait Keuangan Ini Sebaiknya Perlu Kamu Punya untuk Jaga-jaga
caption
Jakarta -

Ancaman virus corona masih belum berakhir. Seperti kita ketahui, berbagai varian dari virus ini terus bermunculan. Meski tampaknya dunia mulai beradaptasi dengan hidup berdampingan dengan virus ini, namun kita pun tetap wajib selalu berjaga-jaga.

Mumpung masih awal tahun, harapannya adalah semangat yang baru dalam menyusun rencana dan menjalani hidup setahun ke depan. Belajar dari kondisi pandemi, hal-hal di bawah ini terkait keuangan juga perlu banget kamu punya, biar hidup aman terkendali dan terlepas dari jeratan pinjol yang meresahkan. Apa aja?

Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat sangat penting untuk bisa menyiapkan kebutuhan yang akan datangMenghitung Dana Darurat/foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Keberadaan dana darurat menjadi sangat berarti, untuk menghadapi hal-hal yang tak terduga. Seperti halnya yang marak terjadi di tahun 2020 lalu, banyak karyawan yang dirumahkan hingga mengalami pemutusan hubungan kerja.

Dengan punya dana darurat bikin kamu masih bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari sementara, sembari mencari sumber penghasilan baru. Dana darurat juga bisa menutup biaya tak terduga lain seperti anak sakit, mobil rusak, dan sebagainya.

Kamu bisa mulai menabung secara rutin tiap bulannya dengan menyisihkan 10 persen dari penghasilan.

Asuransi

Ilustrasi Asuransi detikXIlustrasi Asuransi detikX/ Foto: Ilustrasi: Edi Wahyono

Asuransi juga penting dalam mengatasi hal-hal yang mungkin bisa terjadi di kemudian hari, yang gunanya untuk memberi manfaat proteksi. Contohnya asuransi kesehatan untuk menutup biaya perawatan RS, juga yang penting dimiliki para pencari nafkah adalah asuransi jiwa.

Nah, jangan salah ya Beauties, pasalnya asuransi kerap dikaitkan dengan hal negatif seperti uang yang hilang begitu saja. Padahal sebelum kamu membeli produk asuransi, wajib pelajari dulu biar nggak merasa dijebak ya!

Tujuan Keuangan

Mengutip laman CNBC Indonesia, stabilitas keuangan tampaknya menjadi salah satu hal yang perlu kamu tambahkan ke dalam resolusi 2022. Kenapa? Sesederhana dengan punya kestabilan finansial bisa bikin kamu hidup lebih nyaman dan tentram, Beauties.

Oh ya perlu kamu tahu, dari penghasilan pasif bisa banget lho untuk menutup biaya bulanan kamu. Karenanya ada beberapa orang yang bisa hidup sejahtera di hari tuanya dari hasil dividen atau pembagian laba dari saham perusahaan, karena ia rajin menabung saham.

Untuk memulai hal ini kamu bisa mulai dengan rajin mencatat pemasukan dan pengeluaran tiap bulan, menentukan pos-pos pengeluaran dengan mengutamakan yang prioritas.

[Gambas:Youtube]

--------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id