sign up SIGN UP

Pencari Kerja Wajib Tahu! Ini 3 Soft Skill Penting yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2022

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 06 Dec 2021 16:30 WIB
Pencari Kerja Wajib Tahu! Ini 3 Soft Skill Penting yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2022
caption
Jakarta -

Beauties, tidak terasa kita sudah memasuki penghujung tahun 2021. Pandemi COVID-19 masih berlangsung, menciptakan beragam tantangan baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah kita bayangkan.

Termasuk pula dalam dunia kerja. Perubahan yang terjadi akibat pandemi mau tidak mau membuat perusahaan harus mengatur ulang strateginya agar tetap bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan, salah satunya dalam mencari kandidat karyawan.

Melihat tahun 2022 yang masih penuh tanda tanya, ada soft skill ataupun keterampilan dari karyawan yang menjadi sangat penting dan begitu diincar oleh perusahaan. Kamu sebagai pekerja atau pencari kerja harus tahu agar bisa bersaing. Kira-kira soft skill apa saja? Yuk, cari tahu!

Kemampuan Adaptasi

Alasan seorang introvert adalah karyawan yang berharga/freepik.comKemampuan adatpasi/Foto: Freepik

Sejak pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia, hampir semua aspek dalam kehidupan harus mengalami perubahan, tak terkecuali bagi bisnis. Sejak pandemi menyerang, bisnis dipaksa untuk beradaptasi dalam berbagai bentuk, mulai dari karyawan yang bekerja jarak jauh hingga restoran yang terpaksa memodifikasi ruang agar dapat menerapkan physical distancing.

Karena ketidakpastian akibat pandemi, semua orang kini dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang ada. Maka tak heran jika perusahaan sangat mencari kandidat yang memiliki kemampuan adaptasi dan bersikap fleksibel yang tinggi. Beradaptasi artinya mampu menghadapi perubahan mendadak, baik dalam aspek tempat kerja, beban kerja, bahkan sifat pekerjaan.

Kecerdasan Emosional

Fokus terhadap satu hal ketika bekerja, hindari multitasking | Foto : freepik/lookstudioKecerdasan emosional/Foto: Freepik/lookstudio

Kecerdasan emosional atau emotional intelligence adalah kemampuan seseorang untuk menerima, mengelola, dan mengontrol emosi, baik diri sendiri maupun orang lain di sekitar. Sejak tahun 2020, keterampilan ini menjadi salah satu soft skill penting yang harus dikuasai karyawan.

Seseorang dikatakan memiliki kecerdasan emosional apabila memiliki lima elemen ini, yakni kesadaran diri, manajemen diri, motivasi, empati, dan kemampuan sosial. Lantas, mengapa kecerdasan emosional menjadi penting dalam dunia kerja?

Melansir dari Very Well Mind, hampir 75 persen manajer perekrutan menyatakan bahwa mereka lebih menghargai kecerdasan emosional karyawan dibanding IQ mereka. Hal ini karena kecerdasan emosional diakui sebagai soft skill berharga yang mampu meningkatkan kemampuan komunikasi, pemecahan masalah, dan hubungan di tempat kerja.

Lebih lanjut, kecerdasan emosional juga dianggap berperan dalam cara karyawan mengelola stres dan konflik yang timbul di tempat kerja. Melihat kondisi tahun 2022 yang masih penuh ketidakpastian akibat pandemi, skill ini diharap mampu membantu karyawan dalam mengatasi situasi yang tidak terduga yang bisa terjadi.

Komunikasi Efektif

Menjadi pribadi yang berpotensi dan fleksibel dibutuhkan sebagai kandidat kuat.Komunikasi Efektif/Foto: Freepik

Sebagian besar waktu, pandemi COVID-19 memaksa hampir semua orang hanya bisa terhubung secara online. Tak bisa dipungkiri, berkomunikasi secara online, terlebih bagi para pekerja, mendatangkan tantangan tersendiri.

Pentingnya memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif juga menjadi salah soft skill yang diincar oleh perusahaan. Sebab, tak sedikit perusahaan yang masih ingin terus menerapkan work from home ataupun remote working.

Perusahaan akan sangat menghargai kemampuan satu ini sebab mampu berkomunikasi efektif juga secara tidak langsung akan mengasah karyawan dalam berpikir kritis.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id