Pengalaman Suka Duka First Jobber yang Pasti Akan Kamu Rasakan di Kantor

Munjidah Hamsa | Beautynesia
Selasa, 11 Feb 2020 08:45 WIB
https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/d4e121295d0d464f14526149a6340d80.jpeg
Diterima sebagai pekerja kantoran baru ternyata ada suka dukanya. Beberapa situasi baru ini bisa kamu hadapi untuk tips kerja cepat yang akurat.

Memulai karir sebagai pekerja kantoran di awal tahun 2020 adalah hal yang patut kamu banggakan. Selamat ya sudah mendapatkan pekerjaan baru! Sebagai first jobber, kamu pasti akan merasakan beberapa atau semua hal di bawah ini di kantor baru. Pengalaman ini pun akan menjadi pengalaman suka duka yang bisa kamu kenang setelah beberapa bulan atau tahun bekerja di kantor saat ini.

Wah, apa saja pengalaman suka duka yang akan kamu rasakan saat mendapat pekerjaan baru? Kamu juga bisa simak tips kerja cepat dengan mengatasi beberapa hal berikut ini. Yuk, simak!



 


Lirik Teman Sebelah


Foto: Istimewa

Sebagai first jobber alias pertama kali bekerja, kamu akan dipersilahkan untuk duduk di kursi yang disediakan. Nah, hal yang pertama kamu lakukan adalah pasti melirik teman semeja yang duduk di sebelahmu karena kamu bingung harus bagaimana berkenalan kalau belum dipersilahkan.

Jika yang menyambutmu lupa untuk memperkenalkan dirimu dalam tim, maka kamu bisa lho mulai memperkenalkan diri sendiri. Hal ini akan memudahkan rekan setimmu untuk memanggil namamu langsung jika diperlukan. Dengan tahu namamu, rekan kerjamu akan lebih mudah untuk memulai obrolan. Jadi, jangan sungkan ya untuk memperkenalkan diri!
 


Sungkan Mau Ambil Minum atau Cemilan


Foto: Istimewa

Hal selanjutnya akan kamu hadapi adalah rasa sungkan saat akan mengambil minuman dan makanan. Lebih tepatnya, kamu akan sungkan bertanya apakah ada air minum dan cemilan tersedia di kantor baru ini. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa tanyakan terlebih dahulu di mana letak pantry untuk mengambil air minum dan cemilan jikalau memang disediakan.

Jika kamu termasuk yang lebih lancar bekerja jika sambil ngemil namun tidak ada cemilan tersedia, maka membawa cemilan tersendiri bisa menjadi solusimu untuk mengatasi situasi ini. Pastikan untuk memilih cemilan yang tidak terlalu berisik jika dimakan agar konsentrasi rekan kerja lainnya tidak terganggu.
 


Makan Siangnya Gimana ya?


Foto: Istimewa

Sebagai karyawan yang paling baru di kantor, kamu pasti akan mempertanyakan bagaimana makan siang di kantor baru nanti. Jika memang makan siang telah disediakan oleh kantor, maka kamu bisa dengan tenang mengambil makanan yang disediakan. Namun, jika makan siang tidak disediakan kantor, maka sebaiknya kamu memesan makanan atau pergi makan siang dengan rekan kerja.

Hal ini akan membuat waktu berkenalan dan mengenal beberapa rekan sekantor menjadi less awkward. Namun, jika kamu sedang berhemat dengan menghindari makan siang di luar, maka kamu boleh lho membawa bekal sendiri sementara untuk beberapa hari awal bekerja sampai kamu mempunyai dana untuk makan siang bersama rekan kantor.
 


Awkward Memulai Obrolan


Foto: Istimewa

Selain sungkan, kamu akan menghadapi situasi awkward untuk memulai obrolan bersama rekan kerja. Hal ini sangat wajar untuk kamu alami. Jika kamu ingin membaca situasi dan karakter masing-masing rekan kerja, maka kamu bisa terlebih dahulu ikut nimbrung saja dengan obrolan yang sedang berlangsung di antara rekan kerja. Setelah lebih mengenal situasi dan karakter, kamu bisa dengan mudah memulai obrolan berdasarkan kesamaan topik yang disukai.
 


Pulang Tepat Waktu Tapi Senior Belum Pulang, Hmm…


Foto: Istimewa

Sebagai pekerja kantoran baru, pekerjaanmu terkadang belum bertumpuk banyak karena masih dalam tahap pengenalan. Maka, kamu akan lebih sering pulang tepat waktu alias tengo. Namun, kamu pasti sungkan untuk pulang duluan jika seniormu belum pulang dan terlihat belum selesai dengan tugasnya.

Untuk menghadapi situasi sungkan ini, kamu bisa tanyakan kepada rekan setim yang belum pulang apakah ada pekerjaan yang bisa kamu bantu agar pekerjaan setim hari itu cepat selesai. Jika seniormu mempersilahkanmu pulang, maka kamu tidak perlu sungkan untuk pulang terlebih dahulu. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada rekan setimmu atas kerja keras mereka hari ini dan permisilah untuk pulang terlebih dahulu.
 


Mati Gaya


Foto: Istimewa

Sebagai first jobber, kamu akan menghadapi situasi di mana kamu akan mati gaya. Hal ini bisa jadi terjadi ketika daily task milikmu telah selesai atau masih menunggu diberi tugas selanjutnya. Untuk menghadapi mati gaya ini, kamu bisa langsung search online course di internet tentang keahlian yang berkaitan dengan posisi bekerja di kantor saat itu. Selain menghindari mati gaya, pengetahuan skill-mu akan bertambah. Jangan sampai buang waktu ya, Ladies!

Itulah beberapa suka duka pekerja kantoran baru dan tips kerja cepat dengan mengatasi situasi sebagai pegawai baru. Semoga tips di atas membantumu untuk lebih mudah bekerja dan bergaul dengan rekan sekantor. Semangat bekerja ya!


(arm2/arm2)
Loading ...