STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Penting! Ini Alasan Pemerintah Batalkan PPKM Level 3 Saat Natal dan Tahun Baru

Tim Redaksi DetikNews | Beautynesia
Kamis, 09 Dec 2021 13:30 WIB
Penting! Ini Alasan Pemerintah Batalkan PPKM Level 3 Saat Natal dan Tahun Baru

Pemerintah awalnya telah mengeluarkan berbagai aturan terkait pelaksanaan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia pada periode Nataru (Natal dan Tahun Baru). Sayangnya, belum lama ini pemerintah membatalkan menerapkan pelaksanaan PPKM Level 3 di periode tersebut.

Penyebab pembatalan PPKM Level 3 ini pun banyak dicari oleh masyarakat, terlebih bagi mereka yang mungkin saja telah memiliki rencana bepergian di hari Natal atau Tahun Baru nantinya.

Bukan tanpa alasan, pembatalan tersebut didasarkan oleh beberapa pertimbangan, Beauties. Hal tersebut disampaikan dalam keterangan tertulis dari Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi yang berjudul 'Penanganan Pandemi Makin Terkendali, Pemerintah Seimbangkan Aturan Menjelang Nataru' pada Senin, (6/12) lalu. Simak beberapa alasannya berikut ini!

Penguatan Testing-Tingkat Vaksinasi

Dosis dan Efek Samping Vaksin CovovaxIlustrasi vaksin COVID-19/ Foto: pexels.com

Alasan pemerintah membatalkan PPKM Level 3 ialah adanya penguatan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) serta percepatan tingkat vaksinasi selama 1 bulan terakhir. Tingkat testing dan tracing tetap di tingkat yang tinggi, kasus harian juga rendah dan jumlahnya lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Selain itu, hasil sero-survei menjelaskan jika masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi COVID-19 yang tinggi. Tingkat vaksinasi di daerah seperti Jawa dan Bali sendiri sudah mencapai 76% untuk dosis 1, sementara untuk dosis 2 sudah mencapai 56% persen.

Melihat perkembangan tersebut, pemerintah memutuskan membatalkan PPKM Level 3 di periode Nataru di semua wilayah. Namun, penerapan PPKM di periode Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi dengan adanya beberapa pengetatan.

Kasus COVID-19 yang Terkendali

Pandemi Covid-19Pandemi COVID-19/ Foto: Pexels.com/Ryutaro Tsukata

Dalam keterangan tertulis pemerintah, alasan dibalik pembatalan PPKM Level 3 di periode Nataru ialah kasus COVID-19 yang terkendali. Di mana terdapat perbaikan penanganan pandemi COVID-19 yang signifikan dan terkendali di Indonesia.

Berdasarkan data yang dijelaskan, adapun kasus aktif dan jumlah pasien yang dirawat di RS menunjukkan penurunan. Selain itu, sejauh ini Indonesia telah berhasil menekan angka kasus harian dengan angka di bawah 400 kasus.

Selain itu, ada alasan lainnya terkait pembatalan PPKM Level 3 di waktu Natal dan Tahun Baru nantinya. Kamu bisa cek selengkapnya DI SINI!

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE