sign up SIGN UP

Perempuan Ini Selamat dari KDRT Karena Gerakan Tangan yang Viral di TikTok, Seperti Apa Kisahnya?

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 10 Nov 2021 19:45 WIB
Perempuan Ini Selamat dari KDRT Karena Gerakan Tangan yang Viral di TikTok, Seperti Apa Kisahnya?
caption
Jakarta -

Seorang perempuan berusia 16 tahun di Kentucky, Amerika Serikat, yang sempat dilaporkan hilang berhasil selamat dari kekerasan dalam rumah tangga. Ia berhasil diselamatkan dengan membuat gerakan tangan yang dipopulerkan di TikTok sebagai sinyal meminta bantuan.

Sebelumnya, perempuan tersebut terlihat bepergian dengan mobil Toyota berwarna perak di area London, Kentucky, yakni sekitar 150 mil dari tenggara Louisville, pada Kamis (4/11/2021).


Selamat Karena Gerakan Tangan yang Viral di TikTok

Gerakan tangan yang viral di TikTok ini menjadi sinyal meminta bantuan bagi korban KDRTGerakan tangan yang viral di TikTok ini menjadi sinyal meminta bantuan bagi korban KDRT/ Foto: TikTok


Melansir dari The Guardian, ada seorang pengendara yang menghubungi polisi begitu melihat seorang penumpang perempuan di dalam mobil sedang membuat gerakan tangan yang terkenal di TikTok untuk mengisyaratkan sedang membutuhkan bantuan atas kekerasan dalam rumah tangga.

Pengendara yang melapor juga melihat bahwa perempuan tersebut terlihat sedang dalam kesulitan dan sedang didorong oleh pria yang lebih tua.

Penyelidik langsung memproses laporan tersebut dan mengawasi mobil yang dimaksud. Langsung saja, saat mobil Toyota yang mengangkut perempuan tersebut keluar dari jalan raya, penyelidik langsung mencegatnya.

Dari hasil penyelidikan selanjutnya, terungkap bahwa perempuan tersebut memang telah dilaporkan hilang oleh orang tuanya beberapa hari sebelumnya. Perempuan tersebut kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat sebelum akhirnya berkumpul dengan keluarganya.


Gerakan "Signal For Help" untuk Korban KDRT

Gerakan tangan yang viral di TikTok ini menjadi sinyal meminta bantuan bagi korban KDRTGerakan tangan yang viral di TikTok ini menjadi sinyal meminta bantuan bagi korban KDRT/ Foto: Dok. Canadian Women's Foundation



Gestur atau gerakan tangan yang digunakan oleh perempuan tersebut pertama kali diperkenalkan oleh Canadian Women's Foundation. Gerakan ini diluncurkan pada April 2020 lalu saat awal pandemi COVID-19 sebagai cara bagi korban kekerasan dalam rumah tangga untuk diam-diam menunjukkan bahwa mereka membutuhkan bantuan melalui video call atau panggilan video.

Diberi nama "Signal For Help" gerakan ini cukup sederhana. Pertama, masukkan ibu jari ke telapak tangan yang terbuka. Kemudian, tutup empat jari lainnya di atas ibu jari. Pastikan gerakan tersebut tertangkap kamera saat melakukan panggilan video.


Kasus KDRT Meningkat Selama Pandemi COVID-19

Kasus KDRT meningkat selama pandemi COVID-19Kasus KDRT meningkat selama pandemi COVID-19/ Foto: Pexels/Karolina Grabowska


Selama pandemi COVID-19, lockdown atau karantina menimbulkan lingkungan yang berpotensi membahayakan bagi korban kekerasan dalam rumah tangga. Pandemi meningkatkan faktor-faktor yang menyebabkan kekerasan pasangan intim.

Menurut catatan Komnas Perempuan, kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap perempuan naik sebesar 75 persen selama pandemi tahun 2020.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id