Perempuan Wajib Simak! 5 Cara Cerdas Jaga Keseimbangan Karier dan Kehidupan Pribadi tanpa Stres

Anggita Kusmadewi | Beautynesia
Jumat, 29 Aug 2025 17:00 WIB
Perempuan Wajib Simak! 5 Cara Cerdas Jaga Keseimbangan Karier dan Kehidupan Pribadi tanpa Stres
Perempuan Wajib Simak! 5 Cara Cerdas Jaga Keseimbangan Karier dan Kehidupan Pribadi tanpa Stres/Foto: freepik.com/tirachardz

Beauties, di tengah kesibukan yang semakin padat, perempuan sering merasa harus bisa melakukan semuanya. Mulai dari urusan karier hingga tanggung jawab pribadi, semuanya terasa penting.

Namun, jika terus dipaksakan tanpa jeda, kamu bisa cepat merasa lelah dan kehilangan fokus, lho. Stres yang menumpuk pun bisa berdampak ke kesehatan mental dan hubungan personal.

Itulah kenapa penting untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Keseimbangan ini bukan soal membagi waktu dengan sempurna, tapi bagaimana kamu bisa merasa utuh dan bahagia di dua dunia yang berbeda.

Yuk, kita bahas cara cerdas menjaga keseimbangan karier dan kehidupan pribadi yang lebih realistis, tanpa bikin kamu kehilangan semangat menjalani hari!

1. Tentukan Batasan Kerja yang Sehat

Tentukan Batasan Kerja yang Sehat/Foto: Freepik/KamranAydinov

Buat kamu yang lagi berusaha menyeimbangkan urusan kantor dan kehidupan pribadi, punya batasan kerja yang sehat itu wajib hukumnya, lho! Apalagi kalau kamu seorang perempuan yang terbiasa multitasking dan gampang banget merasa harus selalu siap.

Dilansir dari Two Rivers Therapy, bersikap konsisten dan tetap tenang saat menerapkan batasan akan membantumu menjaga keseimbangan hidup. Nggak cuma bantu kamu terhindar dari stres, tapi juga jadi bukti kalau kamu paham cara menjaga diri tanpa harus lepas dari tanggung jawab pekerjaan.

2. Buat Rutinitas yang Seimbang dan Konsisten

Buat Rutinitas yang Seimbang dan Konsisten/Foto: Freepik/freepik

Punya rutinitas harian yang konsisten itu kunci buat perempuan aktif biar hidup tetap terarah dan nggak gampang lelah. Dengan tahu kapan waktunya kerja dan kapan harus rehat, kamu bisa lebih fokus tanpa drama yang nggak perlu.

Dilansir dari Number Analytics, studi dari American Psychological Association menyebutkan kalau karyawan yang bisa menyeimbangkan hidup dan kerja biasanya lebih semangat, termotivasi, dan loyal dengan tempat mereka bekerja. Jadi, jangan remehkan kekuatan rutinitas, ya!

3. Jangan Ragu untuk Minta Bantuan

Jangan Ragu untuk Minta Bantuan/Foto: Freepik/rawpixel.com

Kadang perempuan merasa harus bisa handle semua hal sendirian. Padahal, kamu juga punya hak untuk dibantu, entah sama pasangan, keluarga, atau rekan kerja. Berbagi tanggung jawab itu bukan tanda kelemahan, tapi bentuk self love juga.

Ibu bekerja yang merasa paling seimbang biasanya punya support system yang solid dan nggak ragu kalau meminta bantuan, baik itu urusan rumah, anak, atau kerjaan, semuanya bisa, kok, dibagi.

Kamu juga bisa pakai jasa ART, daycare, atau bikin jadwal bareng pasangan. Hal yang penting, semua tugas bisa dibagi dengan adil, dan kamu tetap punya waktu buat diri sendiri.

4. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri/Foto: Freepik/tirachardz

Kehidupan yang seimbang nggak bisa tercapai tanpa waktu untuk merawat diri. Self care bukan bentuk keegoisan, melainkan bukti bahwa kamu peduli dan sayang pada dirimu sendiri.

Kamu bisa mulai dari hal kecil seperti tidur cukup, olahraga ringan, atau melakukan hal-hal yang kamu suka. Self care ini bisa memperkuat mental dan membuat kamu lebih siap menghadapi tuntutan hidup.

Ketika kamu bahagia, semuanya pun terasa lebih mudah dijalani. Nggak ada salahnya jadi prioritas buat dirimu sendiri juga, ya, Beauties!

5. Komunikasi yang Jelas dengan Lingkungan Sekitar

Komunikasi yang Jelas dengan Lingkungan Sekitar/Foto: Freepik/lookstudio

Jangan ragu buat terbuka soal kebutuhanmu, ya. Entah itu ke atasan, pasangan, atau anak, penting buat jujur kapan kamu lagi butuh waktu sendiri atau lagi fokus kerja.

Dengan komunikasi yang sehat, kamu bisa menciptakan lingkungan yang suportif dan bebas tekanan. Jadi, nggak perlu merasa bersalah saat harus memprioritaskan salah satu peran di momen tertentu.

Ingat, kamu juga butuh ruang untuk bernapas. Ketika semua saling memahami, hubungan kerja dan keluarga pun terasa lebih harmonis dan fleksibel.

Menjaga keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadi memang nggak selalu mudah, tapi bukan berarti nggak mungkin dilakukan, ya, Beauties. Dengan batasan yang sehat, rutinitas yang terstruktur, dan dukungan yang tepat, kamu bisa tetap sukses tanpa kehilangan diri sendiri.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE