sign up SIGN UP

Pesona Pulau Banwol, Pulau Ungu yang Estetik di Korea Selatan

Anastasia Martina | Beautynesia
Senin, 29 Mar 2021 15:30 WIB
Pesona Pulau Banwol, Pulau Ungu yang Estetik di Korea Selatan
caption

Popularitas K-Pop dan K-Drama di seluruh dunia membuat Korea Selatan masuk ke dalam wishlist negara tujuan untuk berlibur. Sayangnya, pandemi masih belum berakhir sehingga perjalanan ke luar negeri harus dibatasi. Namun, bukan berarti mimpi untuk berwisata ke Korea harus pupus karena kali ini Beautynesia mau kasih tahu sebuah objek wisata di Korea yang belakangan ini ramai banget diperbincangkan. 

Baru-baru ini ada sebuah pulau di Korea Selatan yang viral karena seisi pulau tersebut memiliki nuansa warna ungu yang cantik banget, yaitu Pulau Banwol. Pulau Banwol atau Banwol-do terletak di lepas pantai barat daya Korea Selatan, tepatnya di provinsi Jeolla Selatan.

Bangunan serba ungu dan spot-spot yang instagrammable menjadikan Pulau Banwol seperti surga bagi para pencinta warna ungu. Yuk, kita simak pesona Pulau Banwol dalam beberapa fakta di bawah ini!

Pulau Banwol dibangun sebagai kampanye pariwisata provinsi Jeolla Selatan

pesona pulau banwol
pesona pulau banwol/sumber foto: Shinan County Office

Pulau Banwol dibangun tahun 2015 sebagai bentuk promosi pariwisata provinsi Jeolla Selatan. Pemerintah provinsi Jeolla Selatan saat itu berinisiatif untuk menciptakan sebuah objek wisata berupa pulau untuk menarik perhatian wisatawan.

Pulau Banwol terinspirasi dari bunga campanula 

pesona pulau banwol
pesona pulau banwol/sumber foto: Shinan County Office

Pulau Banwol memiliki warna ungu yang terinspirasi dari bunga campanula yang merupakan tanaman asli pulau tersebut. Kemudian, pulau ini mendapat julukan pulau ungu setelah 400 atap bangunan di sana dicat dengan warna ungu. Untuk menyukseskan program pulau ungu ini, warga dan pemerintah setempat menanam sejumlah tanaman, seperti 30.000 bunga aster, bit, serta membuat kebun lavender seluas 21.500 meter persegi. 

Fasilitas untuk memanjakan turis 

pesona pulau banwol
pesona pulau banwol/sumber foto: Shinan County Office

Seiring dengan meningkatnya popularitas pulau Banwol, disediakan juga sejumlah fasilitas untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke sana, seperti restoran, café, hotel, dan tempat penyewaan sepeda di pulau Banwol dan Bakji.

Memiliki sejumlah spot yang instagrammable

telephone box dan jembatan yang instagrammable
telephone box dan jembatan yang instagrammable/sumber foto: Shinan County Office

Hal lain yang membuat Pulau Banwol menarik untuk dikunjungi adalah spot-spot aesthetic yang bisa mempercantik laman instagrammu, yaitu jembatan ungu yang menjadi penghubung antara pulau Banwol dan pulau Bakji serta kotak telepon dengan warna ungu yang manis. Kalau kamu berkesempatan mendatangi pulau Banwol, jangan lupa berfoto di kedua spot tersebut, ya.

Menjadi pilihan destinasi wisata lokal di Korea Selatan

pesona pulau banwol
pesona pulau banwol/sumber foto: Shinan County Office

Usaha pemerintah dan warga setempat untuk mempercantik pulau Banwol akhirnya berhasil menarik perhatian wisatawan lokal Korea. Dilansir dari CNN, sebanyak lebih dari 100.000 pengunjung mendatangi pulau Banwol ini di antara bulan Juni dan Agustus 2020 lalu. Jumlah pengunjung telah meningkat sebanyak 20 persen dibanding tahun sebelumnya. Lebih jauh, terdapat sekitar 490.000 turis yang berwisata ke pulau ungu ini sejak 2018.

Bagaimana cara menuju pulau Banwol?

Pulau Banwol dapat dicapai selama 6 jam perjalanan dari Seoul dengan bis atau kendaraan pribadi. Kamu juga bisa menggunakan kereta KTX menuju stasiun Mokpo. Lalu, dari stasiun Mokpo, naikilah bis menuju persimpangan Anjwa-Myeon. Dari sana, kamu akan menemukan sebuah bis yang membawamu ke jembatan ungu.

Untuk tiket masuknya dibanderol 3000 won untuk dewasa, 2000 won untuk dewasa, dan 1000 won untuk anak-anak.

Itu dia fakta-fakta mengenai pesona pulau Banwol, pulau ungu di Korea Selatan. Jangan lupa masukkan pulau Banwol ke dalam wishlist objek wisata yang bisa kamu datangi di Korea setelah pandemi ini berlalu.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id