P&G Indonesia Gelar Sustainability Week 2023, Mendorong Kolaborasi dan Inovasi Positif bagi Keberlanjutan Lingkungan!

Rini Apriliani | Beautynesia
Sabtu, 20 May 2023 18:00 WIB
P&G Indonesia Gelar Sustainability Week 2023, Mendorong Kolaborasi dan Inovasi Positif bagi Keberlanjutan Lingkungan!
P&G Indonesia Hadirkan Sustainability Week 2023/Foto: Dok. P&G Indonesia

Untuk pertama kalinya, Procter & Gamble (P&G) Indonesia menyelenggarakan "Sustainability Week" mulai dari tanggal 15-17 Mei 2023 yang berlokasi di kantor pusat P&G Indonesia, Sentral Senayan III, Jakarta Selatan. 

Sebagai perusahaan fast-moving consumer goods (FMCG) terkemuka yang peduli terhadap lingkungan, hadirnya acara ini adalah untuk kembali meningkatkan pemahaman serta mendorong aksi dari pihak eksternal dan internal P&G dalam upaya keberlanjutan lingkungan. Pada kesempatan yang sama, P&G Indonesia juga berbagi progres dari berbagai program keberlanjutan lingkungan yang dijalankan bersama para kolaborator.

Acara ini berlangsung dengan menampilkan beragam kegiatan menarik seperti instalasi seni dan talkshow dengan topik seputar Keberlanjutan Lingkungan (Environmental Sustainability).

P&G Indonesia Hadirkan Sustainability Week 2023P&G Indonesia Hadirkan Sustainability Week 2023/ Foto: Dok. P&G Indonesia

Saranathan Ramaswamy selaku Presiden Direktur P&G Indonesia menyampaikan, jika P&G selalu memastikan bahwa aktivitas bisnisnya dilakukan dengan mempertimbangkan segala aspek lingkungan berkelanjutan, dari proses produksi hingga kemasan setelah pakainya. 

"Seluruh inisiatif Keberlanjutan Lingkungan P&G didasarkan pada misi perusahaan sebagai Force for Growth and Force for Good, dimana kami selalu memastikan bahwa setiap aktivitas bisnis yang dilakukan mempertimbangkan aspek lingkungan yang berkelanjutan, mulai dari proses produksi dan rantai pasokan produk, hingga aspek kemasan setelah dipakai konsumen," ujar Saranathan Ramaswamy, Rabu (17/5), Jakarta. 

Karena ini hadirlah Sustainability Week edisi pertama di Jakarta. Selain itu, dengan acara ini Saranathan menyampaikan jika besar keinginannya agar setelah ini, akan ada banyak pihak yang terinspirasi dan tercipta kolaborasi yang mendorong inovasi dalam memecahkan permasalahan lingkungan. 

Acara Sustainability Week 2023 Didukung Penuh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta

Miliki tujuan yang baik, bukan hanya untuk pihak perusahaan, tapi juga untuk keberlanjutan lingkungan, membuat Asep Kuswanto, SE, M.Si selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, mendukung penuh acara Sustainability Week P&G Indonesia.

"Kami mengapresiasi dan mendukung penuh program Keberlanjutan Lingkungan yang telah dilakukan secara konsisten oleh P&G Indonesia, khususnya dalam bidang pengelolaan sampah berkelanjutan dengan sistem kerja ekonomi sirkular, dimana upaya P&G Indonesia juga sejalan dengan upaya kami untuk mencapai Zero Waste Zero Emission. Dengan semangat tersebut, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mendukung acara Sustainability Week P&G Indonesia edisi pertama ini, dengan harapan dapat menjadi wadah bertukar informasi serta sarana edukasi lebih banyak masyarakat agar sadar dan mengambil tindakan nyata dalam mengatasi permasalahan lingkungan," kata Asep Kuswanto. 

Lebih lanjut, ia pun katakan harapannya agar lebih banyak lagi pihak lain yang terinspirasi untuk menghasilkan dampak positif yang lebih besar lagi. 

P&G Indonesia Daur Ulang Sampah Plastik Jadi Lebih Berguna

P&G Indonesia Hadirkan Sustainability Week 2023P&G Indonesia Hadirkan Sustainability Week 2023/ Foto: Dok. P&G Indonesia

Nggak mau menambah sampah yang telah menumpuk ekosistem saat ini, P&G Indonesia dengan matang berusaha mempertimbangkan banyak hal dalam produk yang dibuatnya. Mulai dari proses produksi dan rantai pasokan produk, hingga aspek kemasan setelah dipakai konsumen, menjadi bahan pertimbangan P&G Indonesia. 

Jika Beauties bertandang ke dalam kantor P&G yang berlokasi di Sentral Senayan III, Jakarta Selatan, maka kamu akan melihat bagaimana P&G mengubah sampah plastik produksinya menjadi barang yang lebih berguna dan bernilai. 

Seperti dekorasi dinding berukuran besar di atas, terbuat dari biji plastik dari produk P&G lho, Beauties! Bentuk bulat seperti bumi, dengan kedua tangan yang tengah memeluk pulau-pulau, seolah mengartikan bentuk P&G yang memang ingin ikut menjaga bumi. 

Ada 3 Pilar Utama P&G Indonesia

P&G Indonesia Hadirkan Sustainability Week 2023P&G Indonesia Hadirkan Sustainability Week 2023/ Foto: Dok. P&G Indonesia

Sebagai wujud konkret dari komitmen Keberlanjutan Lingkungan perusahaan, P&G Indonesia mengintegrasikan seluruh upaya Keberlanjutan Lingkungannya dalam kekuatan tiga pilar utama, yaitu Iklim (Climate), Air (Water) dan Limbah (Waste) di seluruh lini aktivitas bisnis P&G. 

Pertama, pada pilar Iklim, pabrik P&G Indonesia telah mengaktifkan 100% listrik terbarukan dan merancang sistem transportasi yang lebih optimal, sehingga menghasilkan lebih sedikit jejak karbon.

Kedua, pada pilar Air, P&G Indonesia menerapkan metode daur ulang untuk mendorong efisiensi penggunaan air.

Ketiga, pada pilar Limbah telah dilakukan berbagai inisiatif pada level hulu dan hilir. Di level hulu, pabrik P&G Indonesia telah konsisten mengelola sampah produksi melalui praktik Zero Waste to Landfill sejak pertama kali beroperasi, dimana P&G memastikan tidak ada limbah produksi yang berakhir ke TPA (Tempat Pemrosesan Akhir). Di level hilir, P&G juga menjalankan program Conscious Living, yaitu program pengumpulan dan pengelolaan sampah yang melibatkan masyarakat luas lewat aplikasi digital.

Untuk menciptakan dampak yang lebih besar, P&G percaya akan pentingnya multi-kolaborasi dengan berbagai pihak, sebab kolaborasi akan mendorong lahirnya berbagai inovasi yang memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Edukasi juga tidak kalah penting agar semakin banyak pihak, khususnya masyarakat, yang memahami dan terlibat dalam gerakan keberlanjutan lingkungan.

P&G Indonesia Hadirkan Sustainability Week 2023P&G Indonesia Hadirkan Sustainability Week 2023/ Foto: Dok. P&G Indonesia

Semangat ini lah yang mendorong P&G Indonesia berkolaborasi dengan Octopus sejak program P&G Conscious Living diluncurkan di Jawa Barat pada tahun 2021.

Octopus merupakan platform ekonomi sirkular yang menawarkan layanan dimana konsumen dapat memilah sampah dan dilaporkan melalui aplikasi Octopus untuk dijemput oleh Pelestari (pengepul sampah).

Perjalanan program Conscious Living P&G dimulai dengan melibatkan karyawan P&G Indonesia pada tahun 2021. Melihat antusiasme karyawan yang luar biasa, maka P&G Indonesia memperluas jangkauan program Conscious Living ini kepada konsumen/khalayak umum.

Para konsumen P&G yang menyetorkan sampah kemasan sachet atau multilayer dan plastic HDPE dari produk-produk P&G akan mendapatkan insentif dalam bentuk poin, yang dapat dikumpulkan dan ditukarkan menjadi berbagai insentif menarik dimulai dari pulsa, token listrik, voucher kopi, dan lainnya. Pengalaman menyenangkan yang ditawarkan Octopus dan P&G ini yang membuat proses pengumpulan sampah menjadi berbeda dan menyenangkan.

Tidak hanya dengan Octopus, P&G juga memperkuat kolaborasi bersama salah satu mitra ritelnya, yaitu Super Indo, yang telah berjalan sejak tahun 2022 di Kota Bandung. Berkaca pada keberhasilan dan pembelajaran dari kolaborasi di Bandung, maka P&G dan Super Indo tahun ini melakukan ekspansi program ke wilayah DKI Jakarta.

Ke depannya, P&G Indonesia akan terus menjalankan komitmen dan program keberlanjutan lingkungannya sembari memastikan seluruh upaya tersebut selaras dan berkontribusi kepada P&G Ambition 2030, yang merupakan komitmen keberlanjutan lingkungan yang dijalankan P&G pada level global.

Lewat ambisi tersebut, P&G secara global berkomitmen untuk mengurangi jumlah emisi dari lima aspek kegiatan bisnisnya pada tahun 2030. 

  • Pertama, pada aspek Material dan Kemasan, P&G berkomitmen menekan 40% emisi rantai pasokan per produksi unit dan 50% penggunaan plastic virgin petroleum.
  • Kedua, pada aspek Operasi, P&G berkomitmen menggunakan 100% listrik terbarukan.
  • Ketiga, pada aspek Transportasi, P&G akan menekan 50% intensitas emisi dari kargo barang jadi di level hulu (upstream finished product freight emissions intensity).
  • Keempat, pada aspek Penggunaan Produk (Consumer Use), P&G berupaya untuk mengurangi sebanyak 30 juta ton emisi karbon lewat gerakan untuk mendorong konsumen melakukan pencucian dengan air dingin.
  • Kelima, pada aspek Akhir Masa Pakai Produk (Product End of Life), P&G berkomitmen menggunakan 100% kemasan yang dapat didaur ulang dan digunakan kembali.

P&G Indonesia juga terus berinovasi dan membuka kesempatan kolaborasi dengan semua pihak yang memiliki visi dan misi yang sama dalam mendorong keberlanjutan lingkungan di Indonesia.

Di hulu, P&G akan terus berinovasi melakukan upaya keberlanjutan menyeluruh dengan mengintegrasikan elemen keberlanjutan di bidang sosial dan lingkungan, melalui penerapan konsep 3R (reduce, reuse, recycle) di lingkungan sekitar pabrik.

Sementara di level hilir, P&G Indonesia akan terus berkomitmen menjalankan program P&G Conscious Living dimana P&G akan menggerakkan lebih banyak masyarakat untuk lebih sadar dalam penanganan sampah produknya.

Target P&G Indonesia adalah menciptakan Closed Loop Ecosystem dan melakukan ekspansi program Conscious Living ke kota-kota lain.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
CERITA YUK!
Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.