sign up SIGN UP

PPKM Level 3 Se-Indonesia Saat Nataru Batal Dilaksanakan! Ini Syarat Terbaru dari Pemerintah...

Tim Redaksi CNN Indonesia | Beautynesia
Selasa, 07 Dec 2021 10:00 WIB
PPKM Level 3 Se-Indonesia Saat Nataru Batal Dilaksanakan! Ini Syarat Terbaru dari Pemerintah...
caption
Jakarta -

Beberapa waktu lalu Pemerintah sempat menyampaikan kebijakan terbaru jika akan melaksanakan kembali Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 se-Indonesia saat libur Natal dan Tahun Baru. Hal ini bertujuan untuk menghindari lonjakan kasus Covid-19 yang tinggi seperti bulan Juli lalu.

Namun tak lama berselang, Pemerintah kembali menyampaikan revisi jika PPKM saat Nataru batal dilaksanakan

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Pexels.com/Gustavo Fring

Hal ini disampaikan langsung oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Ia mengatakan jika keputusan tersebut diambil karena Indonesia sudah siap menghadapi musim libur akhir tahun. Fakta ini tercermin dari sejumlah tes dan penelusuran yang lebih tinggi dari tahun lalu. 

"Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM Level 3 pada periode Nataru pada semua wilayah. Penerapan level PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan," ujar Luhut dalam keterangan tertulis di situs Kemenko Marves, Selasa (7/12).

Efek Samping Vaksinasi Covid-19Vaksinasi Covid-19/ Foto: Freepik.com/master1305

Luhut pun menyampaikan jika periode Natal dan Tahun Baru saat ini berbeda dengan tahun 2020 lalu, dimana saat itu belum ada masyarakat yang divaksinasi. Berbanding terbalik dengan kondisi saat ini, dimana vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Jawa-Bali sudah mencapai 76 persen. Sedangkan dosis kedua telah mendekati angka 56 persen.

Hasil sero-survei juga menunjukkan jika masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid-19 yang tinggi. Selain itu, dilansir dari CNBC Indonesia, Luhut menyampaikan jika penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia telah menunjukkan perbaikan yang signifikan dan terkendali pada tingkat yang rendah. 

Kasus konfirmasi Covid-19 harian pun stabil berada di angka 400 kasus dan kasus aktif serta jumlah yang dirawat di rumah sakit menunjukkan angka penurunan dari beberapa hari ke belakang. Hanya selanjutnya akan diterapkan sejumlah pembatasan saja.

Untuk mengetahui seperti apa sejumlah pembatasan yang diterapkan, baca selengkapnya di sini.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id