sign up SIGN UP

Psikolog Ungkap 'Bad Habits' di Balik Diskon 11.11 dan Begini Cara Tepat Atasi Perilaku Konsumtif

Rini Apriliani | Jumat, 12 Nov 2021 18:30 WIB
Psikolog Ungkap 'Bad Habits' di Balik Diskon 11.11 dan Begini Cara Tepat Atasi Perilaku Konsumtif
caption
Jakarta -

Beauties, apa saja nih yang telah kamu beli saat diskon 11.11 kemarin? Apakah itu beragam barang bermanfaat, atau justru hanya barang-barang akibat lapar mata saja? 

Saat acara diskon kemarin, ternyata bukan hanya Indonesia saja yang menggelarnya, tapi juga berbagai negara lainnya di dunia pun turut mengadakan. Berbondong-bondong orang tergiur dengan deretan barang yang ditawarkan.

Menurut Koentjoro selaku psikolog dari Universitas Gajah Mada mengungkapkan, jika acara diskon kemarin bisa mendatangkan perilaku konsumtif seseorang. 

"Karena ada rasa tergoda, tergugah untuk membeli sesuatu, dengan iming-iming harga yang lebih murah," ujar Koentjoro, seperti yang dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (12/11).

Mengatur KeuanganMengatur Keuangan/ Foto: Freepik.com/halayalex

Ia pun kembali mengungkapkan jika hal ini bisa berakhir buruk karena barang yang dibeli bukanlah barang yang memang dibutuhkan. Hanya karena harga murah yang sebenarnya tidak murah-murah banget, membuat banyak orang akhirnya turut membelinya. 

Sebenarnya berbelanja saat diskon bukanlah sesuatu yang buruk menurut Koentjoro. Namun, jika dilakukan secara berlebihan tentu bukanlah sesuatu yang baik.

"Apalagi kalau jadi gaya hidup, itu bisa berbahaya karena hanya memuaskan keinginan bukan kebutuhan, jadi konsumtif dan bisa menghabiskan banyak uang," tambahnya. 

Cara Tepat Mengatasi Perilaku Konsumtif Saat Datangnya Diskon Besar-besaran

Beauties, lalu bagaimana sih cara tepat mengatasi perilaku konsumtif saat datangnya diskon besar-besaran ini? Simak selengkapnya di sini yuk!

1. Mempersiapkan Budget dari Jauh Hari

Mengatur KeuanganMempersiapkan Budget dari Jauh Hari/ Foto: Freepik.com/vidistudio

Biasanya saat pesta diskon besar-besaran, akan ada pengumuman dari jauh-jauh hari agar lebih banyak orang yang tahu dan ikut mempersiapkan untuk membelinya. Nah untukmu yang ingin ikut belanja diskonan, dapat menyiapkan budget dari jauh hari.

Jangan sampai saat hari H, kamu memakai uang apa saja yang ada di depan mata. Cara ini pun bisa digunakan untuk mengontrol keuangan. 

2. Membuat List Barang Apa yang Dibutuhkan

Membuat list keseharian atau to do listMembuat List Barang Apa yang Dibutuhkan/ Foto: Freepik.com

Buatlah list barang apa saja yang kamu butuhkan. Entah itu kebutuhan pokok atau sebagainya. Dengan cara ini, dapat menghindari yang namanya lapar mata. Tapi dibutuhkan komitmen yang tinggi ya agar kamu tidak tergoda dengan barang lainnya yang ditawarkan. 

3. Komitmen untuk Tidak Menambah Budget

keuanganKomitmen untuk Tidak Menambah Budget/Foto: Pexels.com/Ahsanjaya

Buat komitmen dengan diri sendiri bahwa kamu tidak akan menambah budget. Cara ini sangatlah penting untuk mengatur keuangan. Pasalnya, jika tidak ada komitmen dengan dirimu sendiri pasti deh kamu kalap dan mau-mau saja menambah budget jika melihat barang yang kamu rasa sangatlah murah.

4. Jika Membeli, Pastikan Memang akan Digunakan

Tips Mengatur KeuanganTips Mengatur Keuangan/ Foto: Freepik.com/drobotdean

Membeli banyak barang saat diskon bukanlah sebuah masalah. Namun yang akan jadi masalah adalah ketika kamu membeli tapi tidak menggunakan atau memanfaatkannya dengan baik. Maka pastikan, saat membeli memang akan digunakan. 

Itu dia cara mengatasi perilaku konsumtif saat ada diskon besar-besaran. Jangan lupa untuk diterapkan ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id