sign up SIGN UP

Recommended Banget! 5 Wisata Alam di Sumatera Utara Ini Wajib Kamu Kunjungi!

Ghena Oktafira | Beautynesia
Minggu, 09 Jan 2022 09:30 WIB
Recommended Banget! 5 Wisata Alam di Sumatera Utara Ini Wajib Kamu Kunjungi!
caption

Terkenal karena pesona Danau Toba, ternyata Sumatera Utara juga menyimpan segudang tempat-tempat wisata alam dengan pemandangan yang tak kalah menakjubkan, lho, Beauties! Mulai dari air terjun, pantai, bukit dan danau, semuanya recommended banget untuk dikunjungi jika kamu sedang berada di Sumatera Utara.

Kira-kira ada wisata alam apa saja, sih? Let's check it out!

Air Terjun Sipiso-piso

Wisata alam yang recommended di Sumatera Utara
Air terjun Sipiso-piso/Foto: Instagram.com/cakram_id

Nama Sipiso-piso berasal dari bahasa setempat yang berarti ‘Pisau. Hal ini karena pemandangan air yang jatuh dari Sungai Pajanabolo di ketinggian 120 meter ini terlihat seperti mata pisau yang sedang membelah udara di bawahnya.

Meskipun berada di ketinggian 800 mdpl, kamu tak perlu repot menuruni lereng terjal ataupun licin untuk bisa sampai di dasar air terjun. Sebab, sudah disediakan 500 buah anak tangga yang dapat dijajaki selama kurang lebih 45 menit.

Buat kamu yang malas menuruni tangga, maka keelokan panorama Air Terjun Sipiso-piso ini tetap dapat dinikmati dari gardu pandang yang ada di atas bukit. Uniknya, di gardu pandang ini tak hanya pemandangan air terjun yang jelas terhampar, melainkan juga Danau Toba di balik perbukitannya.

Untuk menuju wisata alam ini, maka kamu bisa bertolak menuju Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Dari Kota Medan sendiri waktu tempuh sekitar 3 hingga 4 jam jika lalu lintas lancar. Hanya dengan membayar Rp6 ribu per orang maka panorama alam Air Terjun Sipiso-piso pun siap memanjakan matamu!

Ekowisata Tangkahan

Wisata alam yang recommended di Sumatera Utara
Memandikan gajah adalah aktivitas wajib di Tangkahan/Foto: Instagram.com/tangkahan_

Jika kamu penyuka konsep wisata yang benar-benar menyatu dengan alam dan konservasi, maka Ekowisata Tangkahan sangat cocok untukmu! Di sini kamu bisa bermain air di bawah guyuran Air Terjun Gelugur, mencoba wisata rakit di sungai, memandikan gajah dan trekking hutan naik gajah hingga berpose cantik di atas jembatan gantung.

Saking banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, tentu waktu satu hari tak akan cukup. Eits, tetapi tenang saja karena sudah tersedia pula penginapan yang nyaman di sekitar kawasan Ekowisata Tangkahan ini dengan tarif per malam cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp100 ribu hingga Rp170 ribu.

Wisata alam yang recommended di Sumatera Utara
Jembatan gantung, spot foto terpopuler di Tangkahan/Foto: Instagram.com/tangkahan_

Ekowisata Tangkahan masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang terletak di Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat. Sama seperti Air Terjun Sipiso-piso, dari Kota Medan perjalanan menuju ke sini memakan waktu sekitar 3 jam. Tiket masuk ke kawasan ekowisata ini hanya dibanderol harga Rp3 ribu per orang dengan tambahan biaya sebesar Rp20 ribu untuk menyewa porter dan biaya parkir per kendaraan Rp20 ribu.

Pulau Poncan Gadang

Wisata alam yang recommended di Sumatera Utara
Pulau Poncan, Sibolga/Foto: Instagram.com/lingkarsumut

Jika berwisata ke wisata alam yang satu ini, jangan lupa untuk membawa alat-alat snorkeling karena pesona terumbu karang beserta ikan-ikannya sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kamu juga bisa menghabiskan waktu hanya dengan duduk di pantai berpasir putih sembari menikmati indahnya hamparan lautan biru yang jernih. Selain wisata laut, di sini juga terdapat banyak goa dan benteng peninggalan tentara Jepang yang masih jarang ditelusuri.

Untuk bisa mencapai pulau ini maka kamu perlu menyeberang dari Pelabuhan Sibolga dengan menumpang di kapal wisata atau perahu nelayan. Lama penyeberangan hanya sekitar 15 menit. Setelahnya kamu bebas mengeksplorasi keindahan Pulau Poncan ini selama seharian penuh. Di sini juga tersedia banyak penginapan dengan harga bervariasi yang bisa kamu pilih sesuai budget.

Bukit Holbung

Wisata alam yang recommended di Sumatera Utara
Pemandangan di Bukit Holbung/Foto: Instagram.com/bukitholbungreal

Sebagai danau terluas di Asia Tenggara, paras menawan Danau Toba memang bisa kamu lihat dari berbagai tempat. Salah satunya ialah Bukit Holbung yang terletak di Kabupaten Samosir. Untuk mencapai puncaknya maka kamu harus mendaki bukit setinggi 900 mdpl dengan estimasi waktu selama 15 hingga 20 menit.

Tak kalah menarik dengan perbukitan hijau di Waingapu, Sumba Timur, pemandangan yang tersaji di Bukit Holbung ini bertambah apik dengan adanya hamparan Danau Toba sejauh mata memandang. Kawasan Bukit Holbung sendiri berada di Desa Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

Untuk pergi ke sini lebih baik kamu menggunakan kendaraan pribadi berupa motor agar lebih cepat sampai. Biaya masuknya hanya sebesar Rp10 ribu per orang. Psst, sebaiknya kamu juga menyempatkan untuk berkemah di Bukit Holbung  karena pemandangan sunrise dan sunset yang menyembul di balik bukit terlihat sangat indah!

Menarik banget, kan, beberapa wisata alam di Sumatera Utara ini? Kamu sendiri paling tertarik mengunjungi wisata yang mana nih, Beauties?

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id