sign up SIGN UP

Rekomendasi Aplikasi Baca Al-Qur'an untuk Kamu yang Sibuk

Dyah Arum Narwastu | Beautynesia
Senin, 17 Jan 2022 13:51 WIB
Rekomendasi Aplikasi Baca Al-Qur'an untuk Kamu yang Sibuk
caption
Jakarta -

Al-Qur'an adalah pedoman hidup umat Islam dan membaca serta mentadabburinya setiap hari adalah salah satu ibadah yang utama. Jadi Beauties, jangan sampai hari-hari kita terlewati tanpa sedikit pun melantunkan firman-firman-Nya.

Apalagi sekarang tersedia aplikasi baca Al-Qur'an yang dapat kamu akses kapan dan dimana saja.

Aplikasi ini cocok untuk siapa saja, mulai wanita karier, para penghobi traveling, sampai ibu rumah tangga. Beauties pasti paham benar kalau kesibukan mengurus buah hati dan rumah tangga seolah tidak ada habisnya.

Nah, aplikasi Al-Qur'an 30 juz hadir untuk memudahkan kamu semakin dekat dengan kitab suci kita.

Aplikasi Baca Al-Qur'an Paling Direkomendasikan

Kitab Suci Alquran/ foto: Pexels.comKitab Suci Alquran/ foto: Pexels.com

Di antara berbagai macam aplikasi baca Al-Qur'an terbaik yang ada saat ini, https://tafsirweb.com bisa jadi pilihan. Pasalnya, tak hanya menyediakan ayat-ayat Al-Qur'an dalam tulisan arab dan latin, situs ini juga menyertakan terjemahan lengkap dengan tafsirnya.

Fitur canggih ini memungkinkan kamu mengetahui makna sekaligus tafsir dari ayat-ayat yang kamu tilawahkan sehingga memudahkan tadabbur Al-Qur'an.

Beauties, kewajiban kita sebagai umat Islam terhadap Al-Qur'an ternyata tak berhenti hanya pada membacanya saja, namun juga mentadabburinya. Ini artinya memusatkan pikiran untuk menghayati makna ayat suci agar dapat mengambil pelajaran dan menerapkannya dalam kehidupan.

Tafsirweb sendiri hadir dengan mengusung visi untuk menjadi sumber rujukan tafsir yang terpercaya, sehingga ideal sebagai sarana untuk tadabbur Qur'an.

Melalui situs ini kamu dapat mengakses tafsir ayat suci berbagai versi dari para mufassir yang kompeten. Beberapa di antaranya adalah Tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia, Tafsir Kementerian Agama Saudi Arabia, tafsir al-Wajiz, al-Mukhtashar, al-Muyassar, dan lain-lain.

Inilah alasannya aplikasi ini bisa sangat membantu para ibu rumah tangga sibuk dan jarang mempunyai kesempatan menghadiri kajian.

Selain itu aplikasi Al-Qur'an gratis ini juga terbilang user friendly dan praktis. Pertama, karena Beauties dapat mengaksesnya kapan dan dimana saja setiap kali ada waktu luang. Selanjutnya, kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini pada smartphone, tablet, maupun PC tanpa mengurangi kualitas tampilannya.

Lalu yang ketiga, Qur'an dalam format digital lebih mudah dibawa kemana-mana, daripada mushaf fisik dan kitab tafsirnya yang tebal dan berat.

Sementara untuk kamu yang belum lancar mengaji, situs https://bisaquran.com bisa jadi penolong. Di sini tersedia fasilitas belajar baca Al-Qur'an secara mandiri melalui kelas daring berbasis aplikasi perpesanan dan website khusus.

Hukum Mengaji dengan Aplikasi Baca Al-Qur'an

Meski berhalangan untuk membacanya langsung, lantunan ayat Al-Qur'an boleh didengarkan oleh wanita haid dan mengandung pahala di baliknya.Membaca Al-Quran/ Foto: Freepik.com

Apakah Beauties termasuk yang masih khawatir memanfaatkan produk teknologi ini karena tak yakin dengan hukumnya? Mulai sekarang tidak perlu ragu lagi, ya, karena mayoritas ulama memperbolehkan mengaji dengan Al-Qur'an digital asalkan isinya benar.
Karena itu kamu perlu memastikan apakah aplikasi atau situs penyedia Qur'an digital benar-benar terpercaya.

Adab bersuci yang berkenaan dengan Al-Qur'an juga berbeda antara mushaf fisik dengan digital. Untuk membaca Qur'an melalui gawai Beauties tidak wajib berwudhu lebih dahulu karena mushaf digital berbeda dengan mushaf asli.

Meski begitu sebagian ulama menganjurkan untuk mengaji dalam keadaan suci sebagai bentuk penghormatan kepada kitab suci.
Demikian pula terkait larangan membawa mushaf Al-Qur'an ke dalam toilet, tidak berlaku untuk aplikasi Qur'an digital selama kamu sudah menonaktifkannya.

Beauties mungkin juga bertanya-tanya apakah pahala mengaji melalui aplikasi lebih sedikit daripada mereka yang memakai Al-Qur'an fisik.

Jawabannya adalah tidak, ini sebagaimana hadits Rasulullah saw yang menganjurkan umatnya untuk rajin membaca Al-Qur'an tanpa menyertakan kewajiban harus dengan mushaf fisik.

Beliau bersabda:

"Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya." (HR. At-Tirmidzi).

Tentunya Beauties tidak ingin melewatkan kesempatan untuk meraih pahala sebesar-besarnya melalui ibadah yang satu ini, bukan?

Aplikasi baca Al-Qur'an bisa menjadi teman setia Beauties, para ibu rumah tangga yang sibuk namun ingin selalu dekat dengan firman-firman-Nya. Ini karena Qur'an digital memudahkan kamu mengaji dimana dan kapan saja saat memiliki waktu senggang.
Selain itu aplikasi Al-Qur'an lengkap dengan terjemahan dan tafsirnya ini dapat membantu Beauties untuk sekaligus bertadabbur ketika tadarus.

Sementara mengenai hukum mengaji melalui aplikasi Al-Qur'an adalah boleh dan pahalanya tetap sama dengan menggunakan mushaf fisik.

Beauties, mulai hari ini kuatkan tekad untuk rajin bertilawah Al-Qur'an demi mengharap ridha-Nya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id