sign up SIGN UP

Resmi, per 2023 Tenaga Honorer Dihapuskan, Bagaimana Kabar Para Honorer Selanjutnya ya, Beauties?

Debby Diah Ekawati Erawan | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 09:45 WIB
Resmi, per 2023 Tenaga Honorer Dihapuskan, Bagaimana Kabar Para Honorer Selanjutnya ya, Beauties?
Penghapusan Tenaga Honorer 2023 Mendatang/Foto: Freepik/rawpixel.com

Surat edaran mengenai penghapusan tenaga honorer, sudah resmi dikeluarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo. Ketetapan ini sesuai dengan yang tercantum dalam surat edaran nomor B/185/M.SM.02.03/2022.

Pada poin kelima, pemberlakuan mengenai penghapusan tenaga honorer ini akan jatuh pada tanggal 28 November 2023, Beauties, lalu dalam aturan ini juga mewajibkan status kepegawaian yang ada di lingkungan Instansi Pemerintah terdiri dari dua jenis, yakni hanya PNS dan PPPK.

Meski begitu, dalam surat edaran tersebut pun tercantum tentang pengangkatan Tenaga Alih Daya (outsourcing). Kebijakan ini berlaku dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga lainnya seperti petugas keamanan, kebersihan, dan pengemudi.

Penghapusan Tenaga Honorer 2023/Foto: Freepik/pressfoto
Penghapusan Tenaga Honorer 2023/Foto: Freepik/pressfoto

 

Tak sedikit yang berpendapat bahwa penghapusan tenaga honorer ini bisa berdampak ke pelayanan publik. Karena selama ini tenaga honorer dianggap bisa membantu kelancaran pelayanan publik di setiap instansi.

Seperti yang diungkapkan oleh Trubus Rahadiansyah, Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti yang dikutip dari detikFinance,  “Jika ada satu kabupaten yang di dinas kebakaran itu yang ASN-nya cuma satu. Satu orang menangani satu kabupaten kan tidak mungkin. Kalau ada kebakaran, selama ini tenaganya adalah tenaga honorer. Jika ini disetop, yang kerja tidak mungkin satu orang,” ungkapnya.

Menurutnya jika kita harus menunggu pengadaan CPNS atau PPPK akan membutuhkan waktu yang lama karena ada berbagai tahapan yang harus dilalui.

Tenaga Honorer Dihapus November 2023/Foto: Freepik/tirachardz
Tenaga Honorer Dihapus November 2023/Foto: Freepik/tirachardz


Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat, Asep Sodikin, yang dilansir dari detikJabar juga mengungkapkan bahwa pada beberapa kegiatan, tenaga honorer memang dibutuhkan, karena sangat membantu.

Ia juga mengatakan akan bahwa akan keteteran apabila tidak dibantu oleh tenaga honorer. 

Lalu, Bagaimana Nasib Para Tenaga Honorer Nanti?

Tenaga Honorer Dihapus 28 November 2023/Foto: Freepik/pressfoto
Tenaga Honorer Dihapus 28 November 2023/Foto: Freepik/pressfoto

Sejauh ini, solusi yang diberikan oleh pemerintah adalah dengan mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang lolos akan diangkat menjadi PNS atau PPPK sedangkan yang tidak lolos, diberhentikan.

Tentunya jika melalui seleksi, tidak akan semuanya bisa lolos, sehingga tidak menutup kemungkinan akan menambah angka pengangguran juga, ya, Beauties.. Sementara itu, menurut data dari Kemenpan RB pada Juni 2021, jumlah tenaga honorer (THK-II) ada sebanyak 410.010 orang.

Bagaimana pendapatmu, Beauties? Apakah kamu setuju dengan kebijakan ini?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id