STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Rumus Mengatur Keuangan Efektif dan Cara Menerapkannya dalam Keseharian, Beauties Wajib Coba!

Tim Redaksi HaiBunda | Beautynesia
Rabu, 23 Nov 2022 12:00 WIB
Rumus Mengatur Keuangan Efektif dan Cara Menerapkannya dalam Keseharian, Beauties Wajib Coba!
Rumus Mengatur Keuangan dan Cara Menerapkannya dalam Keseharian/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Mengelola keuangan rumah tangga mungkin tidak mudah dan bisa menjadi hal yang sensitif bagi sebagian pasangan, terutama pasangan baru. Namun, kamu nggak perlu khawatir, Beauties! Kamu bisa mengelolanya dengan menggunakan rumus mengatur keuangan.

Ketika menjalani kehidupan rumah tangga, kamu dan pasangan tentu memiliki tanggungan yang lebih banyak dibandingkan sebelum menikah. Sebagian orang mungkin masih belum bisa mengelolanya dengan baik dan menyebabkan perilaku boros.

Menggunakan rumus mengatur keuangan dapat membantu kamu mengelolanya dengan baik dan terencana, sehingga dapat membantu kamu menghindari perilaku boros demi mencapai target keuangan.

Rumus Mengatur Keuangan

Asian girl using calculator for personal accounting and hold Japanese YenIlustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/I going to make a greatest artwo

Mengelola keuangan menggunakan rumus keuangan adalah salah satu hal penting yang dapat membantu kamu mengelolanya dengan baik.

"Apabila kita tidak menggunakan rumus dalam mengatur keuangan, maka uang yang masuk dan keluar tidak akan terkelola dengan baik. Ujung-ujungnya, tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan Bunda dan keluarga," jelas Dyah Lestari Agustini, perencana keuangan dari Finante.id, kepada HaiBunda.

Dalam buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan, Senator Elizabeth Warren dan putrinya, Amelia Warren Tyagi mempopulerkan sebuah prinsip 50:30:20 untuk mengatur keuangan.

Cara Mengatur Keuangan untuk Gaji 2 Juta/pexels.com/@karolina grabwoskaIlustrasi/Foto: Pexels.com/@karolina grabwoska

Prinsip ini memiliki aturan dasar mengatur keuangan dengan membagi pendapatan setelah pajak dan mengalokasikannya untuk dibelanjakan sebanyak 50 persen untuk kebutuhan, 30 persen untuk keinginan, dan menyisihkan 20 persen untuk tabungan.

"Cara merencanakan keuangan lainnya, adalah metode budgeting 70:10:10:10 yang dipopulerkan oleh Jim Rohn, seorang pengusaha Amerika, penulis, dan pembaca motivasi. Beliau membagi seluruh penghasilan yang kita dapatkan ke dalam empat kelompok," ujar Dyah.

Metode ini mengalokasikan pendapatan sebanyak 70 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 10 persen untuk tabungan masa depan, 10 persen untuk investasi, dan 10 persen untuk yang lebih membutuhkan.

Cara Menerapkan Rumus Mengatur Keuangan dalam Keseharian

Pentingnya menyisihkan dana darurat saat mengatur keuangan bulanan/Foto: pexels.com/Karolina GrabowskaIlustrasi/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska/ Foto: Zeyra Haya

Untuk menerapkan rumus mengatur keuangan dalam mengelola keuangan, kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Membuat Catatan Keuangan

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dalam menerapkan rumus mengatur keuangan adalah membuat catatan pemasukan rutin setiap bulannya. Hal ini bertujuan agar mempermudah kamu dalam mengalokasikan dana.

"Catat seluruh pemasukan yang kamu terima di awal bulan, baik dari pemasukan rutin seperti gaji bulanan maupun penghasilan tambahan," saran Dyah.

Untuk mengetahui cara menerapkan rumus mengatur keuangan lainnya, lanjutkan membaca DI SINI!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE