Sambut Hari Perempuan Internasional, Ini Kisah Inspiratif Para Perempuan Pengusaha Brand Lokal

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 07 Mar 2024 07:30 WIB
Sambut Hari Perempuan Internasional, Ini Kisah Inspiratif Para Perempuan Pengusaha Brand Lokal
Sambut Hari Perempuan Internasional, Ini Kisah Inspiratif Para Perempuan Pengusaha Brand Lokal/Foto: Freepik.com/Our-team

Jumlah perempuan yang bergelut di bidang kewirausahaan atau menjadi womanpreneur semakin meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5 persen dari total UMKM di Indonesia atau sekitar 37 juta UMKM dengan proyeksi di tahun 2025 memiliki total nilai sebesar 135 miliar USD.

Upaya pencapaian kesetaraan gender dan kesejahteraan perempuan di semua aspek kehidupan adalah tugas seluruh masyarakat dunia demi menciptakan perekonomian yang sejahtera serta kehidupan yang sehat untuk generasi mendatang.

Berangkat dari semangat tersebut, perusahaan teknologi Indonesia Tokopedia turut konsisten memberi panggung seluas-luasnya bagi perempuan pelaku usaha lokal, agar para perempuan bisa semakin maju sekaligus membantu mendorong pemerataan ekonomi nasional lewat pemanfaatan teknologi digital.

Upaya Tokopedia Memberdayakan Para Perempuan Pelaku Usaha Semakin Maju

Konferensi Pers Virtual Hari Perempuan Sedunia 2024 Tokopedia

Konferensi Pers Virtual Hari Perempuan Sedunia 2024 Tokopedia/Foto: Tangkapan Layar

Salah satu upaya Tokopedia dalam berinvestasi pada perempuan adalah berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dan UMKM lokal mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) untuk memberikan pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan secara digital kepada perempuan pelaku usaha lokal.

“Selama tahun 2023, Tokopedia bersama Pemda telah membantu lebih dari 800 perempuan pelaku UMKM dari berbagai daerah meliputi Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta hingga Bali,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz dalam acara Konferensi Pers Virtual Hari Perempuan Sedunia 2024, Rabu (5/3).

“Selain itu, bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI, Tokopedia juga telah meluncurkan Modul Perempuan Maju Digital yang tersedia secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller untuk memberikan pembekalan edukasi dan pendampingan bagi perempuan pelaku usaha. Berbagai topik pembahasan bisa ditemukan di Modul Perempuan Maju Digital, di antaranya 'Langkah Awal Pemberdayaan Bisnis Usaha Perempuan',” jelas Rizky.

Agar para pelaku usaha di Indonesia, termasuk perempuan pelaku UMKM lokal, bisa mempersiapkan bisnis dengan lebih baik jelang dan saat bulan Ramadan 2024 mendatang, Tokopedia memiliki kurikulum #SIAPRAMADAN di Pusat Edukasi Seller. Para pelaku usaha pun bisa mempersiapkan dalam rangka menyambut kampanye Ramadan Ekstra Seru yang berlangsung hingga 5 April 2024 melalui aplikasi dan situs Tokopedia serta Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok.

Kisah Anita Hartono, Bangun Mambucha dengan Karyawan yang Didominasi Perempuan dan Yatim Piatu

Anita Hartono membangun bisnis kombucha bersertifikasi halal, yaitu Mambucha, bersama karyawan yang 90%-nya didominasi oleh perempuan dan yatim piatu.

Anita Hartono membangun bisnis kombucha bersertifikasi halal, yaitu Mambucha, bersama karyawan yang 90%-nya didominasi oleh perempuan dan yatim piatu/Foto: Dok. Tokopedia

Dalam acara Konferensi Pers Virtual Hari Perempuan Sedunia 2024, Tokopedia juga menghadirkan beberapa womanpreneur untuk membagikan kisah inspiratif mereka selama berbisnis.

Kisah pertama datang dari Anita Hartono yang membangun bisnis kombucha bersertifikasi halal, yaitu Mambucha, bersama karyawan yang 90 persennya didominasi oleh perempuan dan yatim piatu.

Mambucha hadir dari keresahan Anita Hartono yang mengalami masalah pencernaan, bahkan pernah menjalani tindakan cuci usus akibat efek samping konsumsi obat-obatan pelangsing.

Ketertarikan Anita terhadap kombucha muncul ketika Anita berhasil merawat scoby atau Symbiotic Culture of Bacteria and Yeasts yang menjadi starter pembuatan kombucha hingga menjadi solusi bagi masalah pencernaannya. Anita mengandalkan teh hijau yang kaya akan antioksidan, dan teh hitam yang memiliki kandungan polifenol paling tinggi untuk merawat scoby.

“Saat pandemi, saya mulai membangun bisnis Mambucha untuk mempertahankan karyawan saya agar tetap dapat bekerja di masa sulit. Hingga akhirnya Mambucha dikenal masyarakat dan saya pun menjadi ibu bagi karyawan yang 90 persen didominasi perempuan dan yatim piatu. Pada tahun 2023, Mambucha berhasil mengantongi BPOM dan sertifikasi halal untuk mendukung bisnis Mambucha bisa naik kelas,” ujar Anita.

Anita rajin memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia dan video singkat TikTok untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan manfaat mengonsumsi kombucha terhadap kesehatan. Mambucha aktif memanfaatkan kampanye Tokopedia NYAM! serta kurir yang ada di Tokopedia khusus untuk pengiriman makanan dan minuman.

“Selama tahun 2023, penjualan Mambucha di Tokopedia mengalami kenaikan hampir 6 kali lipat dibandingkan 2022. Bahkan, Tokopedia berkontribusi hampir 50% terhadap keseluruhan penjualan Mambucha,” jelas Anita.

Rangkul Perempuan Perajin Lokal, Kumala Home and Kitchen Hadirkan Keramik Buatan Tangan

Melalui usaha Kumala Home and Kitchen yang telah berdiri sejak 2003, Yenny Kusuma Hendra menggandeng para perajin lokal untuk menghadirkan keramik buatan lokal dengan brand ‘Sero’.

Rangkul Perempuan Perajin Lokal, Kumala Home and Kitchen Hadirkan Keramik Buatan Tangan/Foto: Dok. Tokopedia

Yenny Kusuma Hendra adalah sosok di balik kesuksesan Kumala Home and Kitchen, bisnis keluarga yang telah berdiri sejak 2003 dan bergerak di bidang peralatan serta perlengkapan rumah tangga dan dapur.

Melihat adanya ketimpangan perhatian masyarakat terhadap produk keramik buatan lokal, Yenny menghadirkan brand ‘Sero’ yang menjual aneka produk rumah tangga dari bahan keramik lokal, di bawah naungan Kumala Home and Kitchen.

“Kami bekerja sama dengan sejumlah pabrik artisan keramik di wilayah Sumatra, Jawa Timur hingga Bali untuk menyediakan produk-produk rumah tangga berbahan keramik lokal di Kumala Home and Kitchen. Semua produk kami semi-handmade, yang dibuat oleh para perajin lokal di mana 70 persen di antaranya adalah perempuan,” kata Yenny.

Demi memperluas pasar keramik lokal, Kumala Home and Kitchen bergabung dengan Tokopedia pada 2018. Sejumlah kampanye dan fitur, salah satunya TopAds, dimanfaatkan Yenny untuk mengembangkan usahanya.

Yenny menambahkan, “Berkat berbagai kemudahan yang dihadirkan Tokopedia, transaksi penjualan online Kumala Home and Kitchen, hampir 70 persen berasal dari Tokopedia.”

Tekad Felicia Kurniawan Membawa Brand Lokal Fesyen Pria M231 Tetap Relevan Setelah Lebih dari 20 Tahun

Felicia Kurniawan adalah sosok di balik brand lokal fesyen pria M231 yang telah berdiri lebih dari 23 tahun dengan merangkul lebih dari 1.000 penjahit, yang 70% di antaranya adalah perempuan.

Felicia Kurniawan adalah sosok di balik brand lokal fesyen pria M231 yang telah berdiri lebih dari 23 tahun dengan merangkul lebih dari 1.000 penjahit, yang 70% di antaranya adalah perempuan/Foto: Dok. Tokopedia

M231, salah satu brand fesyen lokal yang telah berdiri selama lebih dari 23 tahun, menghadirkan berbagai macam pakaian pria. Dalam mengembangkan usahanya, M231 memberdayakan lebih dari 1.000 penjahit dari Pemalang, Jawa Tengah, bahkan 70 persen di antaranya adalah perempuan.

Felicia Kurniawan, pemilik usaha M231, mengatakan, “Meskipun M231 telah berdiri puluhan tahun, kami menyadari pentingnya mengadopsi platform digital, seperti Tokopedia untuk mengembangkan bisnis. Kami rutin mengikuti kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), Tokopedia Fashion dan fitur beriklan TopAds di Tokopedia.

Hasilnya, setelah mengikuti WIB, penjualan kami bisa meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum mengikuti kampanye tersebut. Sementara berkat TopAds, penjualan M231 naik hingga 5 kali lipat dibandingkan sebelum pakai fitur tersebut,” jelas Felicia.

Meskipun identik dengan fesyen pria, M231 juga menghadirkan inovasi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya dengan menghadirkan koleksi Family Set saat bulan Ramadan, yang terdiri dari baju koko dewasa, gamis dan kaftan perempuan, serta baju koko anak.

“Ramadan menjadi momen penting bagi M231 karena pada saat Ramadan, penjualan kami bisa naik signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasa,” tutup Felicia.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE