sign up SIGN UP

Selain Belajar, Lakukan 4 Hal Simpel Ini untuk Bikin Otak Lebih Cerdas

Nadya Quamila | Rabu, 27 Oct 2021 10:01 WIB
Selain Belajar, Lakukan 4 Hal Simpel Ini untuk Bikin Otak Lebih Cerdas
caption
Jakarta -

Siapa, sih, yang tidak ingin memiliki otak yang cerdas? Faktanya, setiap orang memiliki potensi kecerdasan yang luar biasa. Hanya saja, banyak yang belum menyadari atau memaksimalkannya.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Namun sayangnya, tak sedikit yang masih memiliki mindset bahwa otak cerdas hanya bisa diperoleh dengan belajar semata.

Memang benar belajar menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan kemampuan otak. Tapi, ada beberapa hal sederhana lainnya yang bisa kita lakukan untuk bikin otak lebih cerdas, lho!

Penasaran apa saja? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Rajin Olahraga

Lakukan olahraga di rumah secara teraturIlustrasi olahraga/ Foto: Freepik.com/Tirachardz

Selain untuk kesehatan tubuh, rajin olahraga juga mampu meningkatkan kecerdasan otak, lho! Bahkan, olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mempertajam memori otak.

Menurut sebuah penelitian, olahraga dapat meningkatkan aktivitas di hippocampus, yakni bagian dari sistem limbik di otak. Fungsi utamanya adalah pembelajaran, penyimpanan, serta pengolahan memori jangka panjang.

Olahraga juga membantu memicu hormon endorfin yang dapat meningkatkan fungsi prioritas otak. Dikutip dari Forbes, setelah berolahraga, kemampuan kita untuk memilah prioritas pun meningkat, sehingga membantu kita untuk lebih berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas.

Mengunjungi Tempat Baru

Liburan/Sumber: Pexels.comIlustrasi liburan/Foto: Pexels.com

Mempelajari atau mengalami hal baru mampu memaksa otak kita untuk berpikir lebih kreatif dari biasanya. Tidak terkecuali saat mengunjungi tempat baru.

Misalnya, saat berlibur ke negara lain, kita akan berusaha berkomunikasi dengan bahasa yang berbeda, beradaptasi dengan budaya baru, hingga makanan yang mungkin asing. Tidak hanya meningkatkan kecerdasan, hal ini juga bisa mengembangkan pola pikir yang lebih baik.

Selain berkunjung ke negara asing, mencoba restoran ataupun kafe baru juga termasuk kegiatan yang bisa dilakukan, lho! Ketika kita berada di kafe yang baru, kita pasti akan disuguhkan menu-menu baru yang berbeda dengan kafe yang biasa dikunjungi. Memilih sesuatu yang baru dan membuat keputusan dapat melatih otak menjadi lebih cerdas.

Tidur yang Cukup

Tidur MenyampingIlustrasi tidur/ Foto: Pexels.com/Ketut Subiyanto

Durasi tidur adalah sesuatu yang sering disepelekan banyak orang. Padahal, tidur yang cukup penting untuk membantu kita berkonsentrasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Durasi tidur ideal setiap orang berbeda-beda, tergantung pada aktivitas sehari-hari dan faktor kesehatan. Namun pada umumnya, durasi tidur malam yang baik adalah 7-9 jam. Jika kita tidak mendapatkan tidur yang cukup, otak kita akan merespon dengan lambat dan dapat mempengaruhi memori kerja secara negatif.

Menulis Jurnal

Menulis/freepik.comIlustrasi menulis/Foto: Freepik.com

Kini journaling atau menulis jurnal menjadi salah satu alternatif kegiatan mengisi waktu luang yang banyak dilakukan. Selain memberikan efek healing, journaling juga membantu kita untuk mengekspresikan berbagai bentuk emosi dari dalam diri.

Ternyata menulis jurnal juga memiliki segudang manfaat untuk kecerdasan otak, lho! Mulai dari meningkatkan daya ingat, melatih fokus, berpikir lebih teliti, hingga memperbaiki cara berpikir.
***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id