sign up SIGN UP

Selain Membuatmu Lebih Mandiri, Inilah Deretan Keuntungan Jika Memilih Kuliah di Luar Negeri

Cynthia Claudia | Rabu, 17 Nov 2021 17:30 WIB
Selain Membuatmu Lebih Mandiri, Inilah Deretan Keuntungan Jika Memilih Kuliah di Luar Negeri
caption

Kuliah di luar negeri merupakan salah satu opsi yang menarik perhatian calon mahasiswa Tanah Air. Melansir dari Visecoach, jumlah calon mahasiswa Indonesia yang berkuliah ke luar negeri setiap tahun mencapai lebih dari 35.000 orang. 

Hal ini mengingat bahwa pengalaman yang didapatkan jika berkuliah di luar negeri bermanfaat bagi masa depan. Lalu, apa saja ya keuntungan kuliah di luar negeri? Penasaran, simak selengkapnya di sini yuk!

1. Kualitas Pendidikan 

kuliah di luar negeri
kuliah di luar negeri/ Foto: Pexels.com

Universitas di luar negeri berbasis kurikulum internasional sehingga standar pendidikannya tinggi. Selain itu, manfaat kuliah di luar negeri adalah ukuran kelasnya yang kecil, sehingga proses belajar dan interaksi mahasiswa dengan dosen dan atau mahasiswa lainnya jadi lebih maksimal.

Negara-negara maju pada umumnya akan menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai, seperti perpustakaan, laboratorium, ruangan praktik, dan lain-lain untuk mendukung proses pembelajaran. 

2. Pengalaman Internasional 

kuliah di luar negeri
kuliah di luar negeri/ Foto: Pexels.com/ Just Name

Keuntungan kuliah di luar negeri yang kedua adalah mendapatkan pengalaman internasional untuk pengembangan diri. Kamu diberikan kesempatan untuk bertemu dengan berbagai macam orang dengan latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda, sehingga kamu pun belajar banyak dalam hal pengembangan diri. 

3. Menjadi Lebih Mandiri 

kuliah di luar negeri
kuliah di luar negeri/ Foto: Pexels.com/ Garon Piceli

Manfaat kuliah di luar negeri yang selanjutnya adalah menjadi individu yang lebih mandiri, karena kamu tinggal jauh dari orang tua. Kamu akan lebih terbiasa mengurus kebutuhanmu sendiri mulai dari makan, bersih-bersih, dan lain-lain secara mandiri. Ketika kamu keluar dari zona nyaman,maka kamu juga akan lebih berinisiatif dalam melakukan sesuatu. 

4. Belajar Mengatur Keuangan 

kuliah di luar negeri
kuliah di luar negeri/ Foto: Pexels.com/ Alexander Mills

Kuliah di luar negeri yang berarti kamu tinggal jauh dari orang tua, membuatmu harus mengatur semua hal secara mandiri. Ini termasuk mengatur keuangan. Ketika biasanya kamu bergantung pada uang saku yang diberikan orang tua, sekarang kamu harus mengatur keuanganmu sendiri agar selalu cukup memenuhi kebutuhanmu di luar negeri. 

Mengatur keuangan dalam arti kamu harus menghindari overspending dalam hal-hal yang bukan menjadi kebutuhan. Kemampuan mengatur keuangan juga bermanfaat di dunia kerja setelah kamu lulus kuliah. 

5. Belajar Berkomunikasi 

kuliah di luar negeri
kuliah di luar negeri/ Foto: Pexels.com/ Tiger Lily

Sebagai seorang mahasiswa internasional, kamu akan terlibat dengan berbagai macam orang dengan pemikiran dan budaya yang berbeda, sehingga kamu lebih memahami budaya dan keberagaman mereka. Kamu juga akan belajar berkomunikasi secara lintas budaya. Maka dari itu, kamu mampu menambah wawasan internasional sebagai seorang mahasiswa yang kuliah di luar negeri. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id