sign up SIGN UP

Selain untuk Beristirahat, 4 Rest Area di Jalur Tol Trans Jawa Ini Tawarkan Pengalaman Unik dan Menarik!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Sabtu, 08 Jan 2022 13:00 WIB
Selain untuk Beristirahat, 4 Rest Area di  Jalur Tol Trans Jawa Ini Tawarkan Pengalaman Unik dan Menarik!
caption

Perjalanan jarak jauh melalui darat seringkali membuat siapapun merasa kelelahan. Belum lagi jika harus menemui kondisi macet. Tak heran, jika  dibutuhkan beberapa kali pemberhentian untuk mengisi ulang energi agar perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman. Beristirahat di rest area adalah pilihan yang tepat.

Selain berfungsi sebagai tempat istirahat, ternyata beberapa rest area di sepanjang jalur tol trans Jawa ini juga memiliki keunikan tersendiri, lho. Beberapa rest area ini juga bisa dijadikan sebagai tempat refreshing sekaligus tempat cuci mata!

Di mana saja, sih, letak rest area tersebut dan apa saja keunikannya? Yuk, kita bahas satu persatu!

Rest Area Heritage KM260B Brebes

Rest area ini memiliki keunikan bangunan bergaya heritage karena dulunya merupakan bekas pabrik gula yang dialihfungsikan menjadi rest area
Rest Area Heritage Brebe/foto: instagram.com/restareakm260b

Terletak di ruas tol Pejagan-Pemalang, rest area heritage ini tidak pernah sepi dari pengunjung bahkan di hari-hari biasa sekalipun. Bangunan seluas kurang lebih 1,5 hektar ini dulunya merupakan bekas pabrik gula yang kemudian disulap menjadi rest area megah dengan desain arsitektur khas bangunan masa penjajahan. Beberapa bangunan dan desain yang dibiarkan tetap sama seperti sebelumnya membuat nuansa klasik semakin terasa.

Di sini kamu juga bisa mengisi perut karena ada banyak tempat makan yang bisa kamu pilih. Selain itu, disini juga menjual berbagai macam oleh-oleh dari beberapa daerah, tidak hanya dari Brebes saja. Mulai dari makanan, pakaian hingga beberapa aksesoris bahkan buku bacaan. Di beberapa sudut ruangan juga terdapat pameran lukisan dari beberapa seniman dan terkadang di waktu-waktu tertentu juga digunakan sebagai tempat pementasan.

Di bagian luar ruangan, terdapat wahana permainan anak seperti becak-becakan, perosotan raksasa dan beberapa mainan lain yang bisa disewa. Untuk kalian yang sedang berpergian membawa anak-anak, tempat ini cocok untuk kalian datangi karena selain untuk melepas penat juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk refreshing dan rekreasi.

Rest Area KM456 Salatiga

daya tarik rest area ini terletak pada sky bridge yang menghubungkan rest area KM 456A dan KM456B
Rest Area Salatiga/foto: instagram.com/official_transmargajateng

Beberapa rest area memang biasanya berada di salah satu jalur saja sehingga hanya bisa mengunjungi rest area tersebut satu waktu saja, baik saat berangkat atau saat pulang. Namun, ada yang unik dari rest area 456 Salatiga ini.

Rest area yang berada di ruas tol Semarang-Solo ini memiliki sky bridge yang menghubungkan dua rest area. Sky bridge yang melintang di atas jalur tol ini menghubungkan dua rest area berseberangan yang berada di jalur dari Solo menuju arah Semarang dan sebaliknya.

Desain sky bridge dan bangunan-bangunan di  rest area tersebut sangat unik karena menggunakan konsep seperti bangunan rumah joglo sehingga menambah kesan budaya Jawa yang sangat kental. Jika beruntung, kamu juga akan mendapatkan pemandangan pegunungan yang sangat indah, benar-benar dapat menyegarkan mata dan pikiran siapa saja yang sudah penat karena perjalanan jarak jauh.

Tidak perlu khawatir, dengan luas bangunan mencapai 3,3 hektar ini ada banyak tempat makan, jajanan, hingga oleh-oleh dan pameran yang bisa kalian saksikan di tempat ini. Toilet di sini pun juga banyak sehingga kalian tidak perlu khawatir untuk antri. Dengan segala keindahannya, pantas saja rest area ini dijuluki sebagai salah satu rest area terbaik dan termegah.

Rest Area KM 88 Purwakarta

keunikan rest area KM 88 ini terletak pada masjid Al Shafar hasil karya Ridwan Kamil
Masji Al-Shafar/foto: instagram.com/masjidinfo.id

Mengunjungi rest area selain untuk melepas penat dan beristirahat, tentunya juga membutuhkan tempat untuk beribadah. Nah, jika kamu sedang berada di ruas tol Cipularang, tepatnya berada di KM 88 dan sudah memasuki waktu untuk salat, kalian bisa mengunjungi rest area KM 88 Purbaleunyi yang memiliki masjid yang ikonik. Masjid yang bernama masjid Al-Shafar ini merupakan masjid yang didesain oleh gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Siapapun yang melihat bangunan berwarna abu-abu dengan tinggi 15 meter ini pasti tidak akan menyangka bahwa ini adalah masjid. Masjid dengan luas 900 meter ini memiliki desain yang asimetris. Beberapa mengartikan bahwa desain masjid ini serupa ikat kepala masyarakat Sunda, namun ada juga yang menganggap bahwa desain masjid ini berbentuk peci.

Uniknya lagi, bagian dalam masjid ini tidak menggunakan tiang di tengah masjid sebagai penyangga. Masjid ini dibuat tanpa ada sekat tiang yang menghalangi sehingga kesan luas dan megah menjadi daya tarik.

Selain desain masjidnya yang unik, di sekitar masjid ini juga terdapat banyak penjual makanan dan tempat-tempat untuk beristirahat sehingga siapapun yang ingin beristirahat di rest area ini dapat beristirahat dengan nyaman.

Rest Area KM360B Batang

rest area KM 360 Batang pernah memperoleh penghargaan dari MURI sebagai rest area terlengkap
Rest Area Batang/foto: instagram.com/restarea360

Rest area KM 360B terletak di ruas tol Semarang-Batang dan berada di kabupaten Batang Jawa Tengah. Rest area ini memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai rest area terlengkap. Disebut demikian karena rest area ini memiliki lebih dari 50 fasilitas mulai dari tempat makan, area bermain anak, tempat ibadah, kafe, pengisian bahan bakar, kebun binatang mini dan masih banyak lagi.

Rest area dengan luas 7,6 hektar ini dapat menampung hingga 300 kendaraan. Selain menjadi tempat istirahat, kawasan rest area akan dijadikan sebagai lahan hijau dimana 30 persen dari luas tanahnya akan digunakan sebagai ruang hijau untuk mendukung gerakan go green.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id