sign up SIGN UP

Sering Disalahpahami! Ini 5 Mitos yang Sering Beredar Tentang Orang Introvert, Salah Satunya Dianggap Pemalu

Nadya Quamila | Jumat, 12 Nov 2021 17:06 WIB
Sering Disalahpahami! Ini 5 Mitos yang Sering Beredar Tentang Orang Introvert, Salah Satunya Dianggap Pemalu
caption
Jakarta -

Seseorang dengan tipe kepribadian introvert memang cenderung pendiam, tertutup, dan tidak menyukai keramaian. Sering disalahpahami, sifat-sifat tersebut akhirnya membuat banyak orang menganggap bahwa seorang introvert memiliki kepribadian yang kasar, pemalu, bahkan tidak memiliki teman! Padahal, semua itu hanya mitos, lho!

Masih banyak mitos-mitos lain yang beredar seputar tipe kepribadian introvert. Yuk, cari tahu di bawah ini!


Introvert adalah Orang yang Pemalu

Introvert dan pemalu berbedaIntrovert dan pemalu berbeda/Foto: Pexels/Min An


Tak jarang yang mengira bahwa seorang introvert pasti pemalu. Anggapan ini biasanya didasari karena mereka cenderung kebanyakan diam dan tidak banyak berkomentar. Padahal, pemalu dan introvert tidak sama.

Introvert adalah tipe kepribadian yang lebih suka berpikir sebelum berbicara dan menyukai ketenangan. Sehingga sebagian besar waktu mereka hanya diam dan mengamati pembicaraan.

Sedangkan pemalu lebih mengacu pada sifat seseorang. Mereka cenderung diam dalam pembicaraan karena takut dihakimi atau malu jika membuat kesalahan.

Terlihat perbedaannya kan, Beauties?


Introvert Tidak Bisa Diajak Bersenang-senang

Mau pesta Barbeque di Malam Tahun Baru? 5 Peralatan Ini Wajib Kamu PunyaMitos tentang Introvert yang kerap beredar/ Foto: beautynesia


Karena pembawaannya yang tenang dan cenderung pendiam, banyak yang menganggap bahwa tipe kepribadian ini sangat membosankan dan tidak tahu bagaimana caranya bersenang-senang.

Meski memang seorang introvert bukanlah tipe yang senang berada di keramaian, namun bukan berarti mereka tidak bisa bersenang-senang saat berpesta.

Mereka memiliki cara tersendiri dalam bersenang-senang. Para introvert biasanya puas hanya dengan duduk dan mengamati, mendengarkan obrolan dan percakapan yang menarik.


Introvert Selalu Ingin Menyendiri

Selalu Menyempatkan Waktu untuk Me TimeIntrovert dianggap selalu ingin menyendiri/Foto: Pexels.com/Miriam Alonso


Orang dengan kepribadian introvert secara berkala memang membutuhkan waktu untuk mengumpulkan energinya kembali setelah bersosialisasi. Hal inilah yang membuat mereka sering dianggap lebih senang menyendiri.

Padahal, bukan berarti mereka selalu ingin menyendiri, lho. Seorang introvert juga menikmati menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat yang ia percaya.


Sering Dikira Kasar

Bahaya self diagnosis bagi kesehatan mental diri sendiri/freepik/jcompSering dianggap kasar/Foto: Freepik/jcomp

Sifat pendiam yang dimiliki seorang introvert memang kerap disalahartikan. Salah satunya mereka sering dianggap kasar, terlebih jika baru kenal.

Ketika seorang introvert diam saat bertemu pertama kali, sulit untuk mengetahui apa yang mereka pikirkan. Hal inilah yang menyebabkan orang lain menganggap mereka kasar.

Sebelum menilai lebih jauh, pertimbangkan kepribadian mereka. Penting untuk dipahami bahwa seorang introvert mungkin hanya perlu mengenal orang baru dengan lebih baik sebelum mereka bisa membuka diri dan merasa nyaman.


Introvert Tidak Bisa Menjadi Pemimpin

Sikap pemimpin introvertIntrovert dianggap tidak bisa menjadi pemimpin/Foto: Pexels.com/ katemangostar



Banyak anggapan yang muncul bahwa seorang introvert tidak bisa menjadi pemimpin. Faktanya, ini salah total dan hanya mitos belaka ya, Beauties!

Seorang introvert juga bisa menjadi pemimpin bahkan memiliki kelebihan tersendiri. Misalnya, dengan pembawaan mereka yang tenang, mereka akan lebih mudah dalam mengambil keputusan, bahkan di saat terdesak sekalipun.

Ada banyak tokoh dunia yang sukses menjadi pemimpin dan memiliki tipe kepribadian introvert. Mulai dari Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffett, hingga JK Rowling!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id