sign up SIGN UP

Sering Merasa Kesepian? Ternyata Ini Efeknya Menurut Para Ahli

Dyah Na | Beautynesia
Senin, 24 Feb 2020 05:15 WIB
Sering Merasa Kesepian? Ternyata Ini Efeknya Menurut Para Ahli
caption
Kesepian sering dianggap sebagai sebuah kondisi emosional yang terjadi saat kita sendirian. Nyatanya, rasa kesepian memang sering terjadi saat kita sendirian, tapi tak menutup kemungkinan rasa kesepian hadir meskipun kita tinggal di lingkungan yang ramai. Kesepian meliputi begitu banyak situasi dan perasaan yang berbeda, namun ternyata kesepian bisa membawa efek untuk tubuh kita.

Kesepian Dapat Meningkatkan Risiko Kematian Dini
Dikutip dari Insider, sebuah studi yang dilakukan oleh Holt-Lunstad menyatakan jika kesepian erat kaitannya dengan risiko kematian dini. Orang yang kesepian bahkan dikatakan memiliki risiko kematian yang sama dengan orang yang merokok hingga 15 batang per hari. Bahkan risiko ini lebih tinggi dari orang-orang yang sering terpapar polusi udara, mengalami obesitas atau pun yang kurang melakukan aktivitas fisik.
 


Foto: https://www.pexels.com/


Kesepian Mengacaukan Pola Makan
Kesepian ternyata erat kaitannya dengan gangguan makan. Kesepian bisa menjadi faktor kenaikan berat badan atau penurunan berat badan. Bagi mereka yang mengalami kenaikan berat badan, seringkali karena mereka menggunakan makanan sebagai cara untuk menghilangkan rasa kesepian yang mereka alami. Sementara yang mengalami penurunan berat badan, itu karena kesepian juga bisa memicu berbagai jenis gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia, dan gangguan makan pesta.



Kesepian Dapat Menyebabkan Depresi
Kesepian bisa menjadi faktor risiko untuk mengembangkan depresi. Hal ini terjadi karena saat merasa kesepian, seseorang cenderung untuk over thinking. Sayangnya, akan ada lebih banyak hal negatif yang dipikirkan oleh orang yang kesepian. Jika terjadi dalam waktu lama, maka rasa kesepian ini akan berubah menjadi depresi.
 


Foto: https://www.pexels.com/

Kesendirian Membuat Lebih Rentan Terkena Pilek dan Flu
Masih dikutip dari Insider, sebuah studi di tahun 2017 menemukan bahwa orang yang merasa kesepian lebih rentan mengalami gejala flu dan pilek. Penelitian tersebut melibatkan 159 orang yang sengaja diekspos dengan virus flu biasa dan kemudian dikarantina di kamar hotel selama lima hari. Hasilnya, mereka yang melaporkan merasa kesepian menderita flu 39% lebih parah. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh orang-orang yang kesepian berfokus untuk memerangi bakteri daripada virus. Artinya, orang yang kesepian lebih rentan terhadap infeksi virus.
(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id