sign up SIGN UP

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Anxiety Disorder dan Panic Attack!

Fahira mahza | Selasa, 30 Mar 2021 22:00 WIB
Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Anxiety Disorder dan Panic Attack!
caption

Penyakit yang kita kenal selama ini biasanya dibawa oleh virus dan penyakit. Organisme tersebut menimbulkan gejala fisik yang terlihat jelas apabila sudah menginfeksi. Maka dari itu, penyakit yang dibawa oleh virus dan bakteri biasanya lebih mudah didiagnosa dini.

Namun, taukah kamu bahwa ada penyakit mental? Gangguan mental ini tak mudah didiagnosa dini karena gejalanya yang tidak terlalu terlihat. Selain itu masih banyak pula masyarakat yang kurang aware terhadap kesehatan mental.

Penyakit mental yang cukup umum dialami oleh usia produktif ialah gangguan kecemasan (anxiety disorder) serta serangan panik (panic attack). Kedua gangguan ini dapat mengganggu aktivitas penderitanya. Anxiety dan panic attack terkadang dianggap sama oleh kebanyakan orang, walaupun gejalanya terlihat mirip namun kedua penyakit mental ini berbeda loh!

Gambaran Umum

Gambaran Umum
Gambaran Umum/foto: freepik.com

Anxiety disorder dan panic attack merupakan golongan penyakit/gangguan mental. Keduanya memiliki arti yang berbeda. Anxiety disorder merujuk kepada gangguan mental dengan ciri khas kecemasan yang disertai dengan PTS, OCD dan lainnya.

Berbeda dengan panic attack yang merupakan perasaan takut yang muncul secara tiba-tiba dan cukup intens. Terkadang panic attack muncul tanpa adanya gangguan mental tertentu yang menyertainya. 

Gejala 

Gejala
Gejala /foto: freepik.com

Keduanya sering dianggap sama karena gejala yang terjadi terbilang mirip. Gejala yang terjadi biasanya seperti sesak napas, dada terasa sakit serta gejala fisik lainnya yang terkadang disalah artikan sebagai serangan jantung. Padahal tak semua gejala yang menyertainya sama.

Pengidap anxiety disorder biasanya mengalami gangguan tidur dan nyeri otot. Hal ini berbeda dengan panic attack yang tidak memiliki gejala tersebut. panic attack biasanya disertai dengan rasa ketakutan, kehilangan kendali serta kesadaran yang lepas dari lingkungan sekitarnya (depresonalisasi). 

Pemicu

Pemicu
Pemicu/foto: freepik.com

Pengidap anxiety disorder biasanya merasakan kecemasan semakin bertambah seiring waktu. Biasanya penderitanya akan merasa gelisah atau terancam, apabila perasaan cemas tersebut tak dapat dikendalikan maka penderita akan merasa kesulitan. Gejala ini dapat berlangsung selama beberapa menit, berjam-jam bahkan berbulan-bulan.

Walaupun begitu, gejala anxiety disorder tidak terlalu intens. Hal-hal yang menjadi pemicu anxiety disorder bisa karena lingkungan ataupun fobia. Berbeda dengan panic attack yang pemicunya kurang jelas serta gejalanya terjadi dalam urun waktu yang relatif singkat.

Namun, terkadang penderita dapat mengalami lanjutan panic attack yang sama dalam waktu berkala. Sebelum terjadi panic attack terkadang penderita merasa cemas sepanjang hari. 

Cara Mengatasi 

Cara Mengatasi
Cara Mengatasi/foto: freepik.com

Ketika mengalami anxiety disorder ataupun panic attack terdapat beberapa cara untuk mengatasinya, seperti:

Lakukan relaksasi

Relaksasi dapat membantu kamu meredakan gejala anxiety serta panic attack. Beberapa teknik yang mudah untuk digunakan yaitu progressive muscle relaxation serta teknik pernapasan dalam. Lakukan teknik tersebut hingga gejala berangsur-angsur berkurang. 

Menerapkan mindfulness

Teknik mindfulness merupakan salah satu cara mengendalikan kecemasan dan rasa panik dengan mencoba fokus pada masa sekarang atau apa yang sedang terjadi di sekeliling. fokuslah pada emosi, pikiran serta sensasi-sensasi pada tubuh dan cukup rasakan saja. 

Menerapkan gaya hidup sehat

Terkadang gangguan mental terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan bergizi disertai dengan istirahat yang cukup serta olahraga teratur. Hindari mengkonsumsi kafein serta alkohol. Kamu juga dapat meminta dukungan sekitar dalam menerapkan gaya hidup sehat seperti mulai dengan ikut komunitas serupa. 

Walaupun terlihat serupa, anxiety disorder dan panic attack sebenarnya berbeda. Mulailah untuk lebih sadar terhadap kesehatan mentalmu ya!

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id