sign up SIGN UP

Studi: TikTok Jadi Aplikasi yang Paling Bikin Tidur Nggak Nyenyak, Cek Faktanya di Sini!

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 07 Jan 2022 23:30 WIB
Studi: TikTok Jadi Aplikasi yang Paling Bikin Tidur Nggak Nyenyak, Cek Faktanya di Sini!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu sering bermain ponsel dan scrolling media sosial sebelum tidur di malam hari? Kamu pasti tahu bahwa bermain ponsel sebelum tidur adalah kebiasaan yang tidak baik. Selain bisa bikin insomnia, tidurmu juga cenderung jadi tidak berkualitas.

Ternyata, ada sebuah aplikasi yang bisa bikin tidurmu semakin tidak nyenyak saat dibuka sebelum tidur di malam hari. Aplikasi tersebut adalah aplikasi dengan pengguna terbanyak, menggeser Instagram. Sudah bisa tebak? Yup, TikTok!

TikTok Jadi Aplikasi yang Paling Bikin Tidur Nggak Nyenyak

TikTokTikTok/ Foto: Unplash.com/Hello I'm Nik

Baru-baru ini, TikTok dianggap menjadi 'aplikasi paling mengganggu' untuk siklus tidur seseorang. Bahkan, disarankan untuk tidak membuka TikTok sebelum tidur jika ingin tertidur lebih mudah dan nyenyak.

Dilansir dari Metro UK, sebuah studi dari Sleep Junkie, platform yang mengulas tentang ilmu tidur, mengungkapkan aplikasi mana yang dapat memperburuk kualitas tidur. Survei tersebut dilakukan terhadap lebih dari 2 ribu orang, dan ditemukan bahwa sebanyak 78 persen mengaku menggunakan ponsel sampai mereka tertidur.

Sebuah studi terpisah dari 128 orang mengungkapkan bahwa TikTok adalah aplikasi terburuk untuk mendapatkan tidur berkualitas. Mereka menghabiskan waktu sekitar satu jam tujuh menit untuk bisa tertidur setelah menggunakan TikTok.

Lebih lanjut, mereka hanya menghabiskan 14 persen di siklus tidur REM (Rapid Eye Movement) (tahap terakhir dari tidur) setelah menggunakan TikTok, setengah dari jumlah yang disarankan untuk orang dewasa yang sehat. Mereka yang tidak bermain ponsel sebelum tidur menghabiskan 23 persen di REM. Tidur REM harus mencakup antara 20 hingga 25 persen di malam hari.

Tahap REM dalam tidur sangat penting, sebab ini merupakan tahapan di mana tubuh kita dapat diperbaiki secara fisik. Jika kita tidur nyenyak di malam hari, tentu badan akan jadi jauh lebih segar di pagi hari.

TikTok Bukan Satu-satunya Aplikasi

Trik psikologis untuk kamu yang sulit tidur/ Foto: Freepik.comIlustrasi tidur tidak nyenyak/Foto: Freepik

Seperti yang sudah disinggung, TikTok menjadi aplikasi yang membuat kualitas tidur menjadi buruk. Namun, TikTok bukanlah satu-satunya aplikasi, lho! Aplikasi media sosial lainnya, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan Snapchat juga bisa memengaruhi kualitas tidur.

Berdasarkan hasil survei, setelah menggunakan Instagram peserta menghabiskan 15,5 persen di tahap tidur REM, dan butuh 58 menit untuk baru bisa tertidur. Sedangkan pengguna Snapchat mendapatkan 16 persen tidur REM di malam hari, dan tertidur setelah 56 menit.

Menggunakan Twitter tepat sebelum tidur akan menghasilkan 18 persen dari tidur REM dan membutuhkan waktu 50 menit untuk tertidur. Sementara pengguna Facebook mendapatkan 19,5 persen tidur REM dan membutuhkan 45 menit untuk tidur.

So, masih ingin bermain media sosial sebelum tidur, Beauties?

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id