sign up SIGN UP

Sudah Sampai Bandara dan Butuh Tes PCR Cepat Keluar 3 Jam? Bisa, di Sini Tempatnya!

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 27 Oct 2021 06:00 WIB
Sudah Sampai Bandara dan Butuh Tes PCR Cepat Keluar 3 Jam? Bisa, di Sini Tempatnya!
caption
Jakarta -

Diperlukannya hasil tes PCR bagi mereka yang akan bepergian naik pesawat, saat ini memang tengah jadi perbincangan hangat, Beauties. Banyak pihak yang merasa, hal ini tidak perlu.

Namun jika masih diperlukannya tes ini sebagai syarat perjalanan, artinya kita masih perlu menyiapkan hasil tesnya. 

Layanan Tes PCR di Bandara

Dikutip dari CNBC Indonesia, Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta menyediakan layanan RT-PCR, yang hasilnya keluar sekitar tiga jam. Nah, layanan ini diperuntukkan khusus bagi penumpang pesawat yang mesti berangkat di tanggal yang sama dengan tes.

Airporth Health Center ini juga menyediakan layanan bila penumpang berangkat di tanggal yang berbeda dengan tes, maka kamu bisa memilih layanan tes RT-PCR yang hasilnya keluar 1x24 jam.

Soal Harga = Sama

Presiden Joko Widodo meminta penurunan harga tes PCR menjadi Rp 300 ribu. Kemenkes menyatakan akan mengecek terlebih dahulu dan melakukan perhitungan.Tes PCR/ Foto: Grandyos Zafna

Sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan nomor HK.02.02/I/2845/2021 Tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan Reserve Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), kedua tes ini, baik yang keluar 3 jam dan 1x24 jam harganya sama. Yaitu Rp495 ribu.

Ke depannya ada kemungkinan akan kembali dilakukan penyesuaian harga, tergantung regulasi dari pemerintah, Beauties. President Director of PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengungkap kalau dalam waktu dekat, tes ini nggak cuma tersedia di Bandara Soekarno-Hatta.

Sejumlah siswa SD di Depok menjalani tes antigen acak. Tes itu dilakukan guna antisipasi munculnya klaster Corona di tengah berlangsungnya sekolah tatap muka.Tes Antigen/ Foto: ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA

Seperti diketahui, mulai 24 Oktober 2021 Bandara Soekarno-Hatta mengimplementasikan ketentuan di dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 88/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi COVID-19.

Sesuai dengan SE tersebut, para penumpang pesawat tujuan dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta wajib menunjukkan surat vaksin covid-19 minimal dosis pertama dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

"Dalam waktu dekat ini Airport Health Center di Bandara HAS Hanandjoeddin, Belitung, dan Bandara Husein Sastranegara, Bandung, akan menyediakan layanan RT-PCR dengan hasil keluar sekitar 3 jam. Secara bertahap hingga akhir bulan, layanan tes RT-PCR hasil keluar sekitar 3 jam juga akan dibuka di lebih dari separuh bandara yang dikelola AP II," jelasnya.

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id