STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sudah Sepekan Terjadi, Ternyata 4 Penyebab Ini yang Membuat Gempa Cianjur Banyak Menelan Korban!

Tim Redaksi CNBC Indonesia | Beautynesia
Senin, 28 Nov 2022 13:00 WIB
Sudah Sepekan Terjadi, Ternyata 4 Penyebab Ini yang Membuat Gempa Cianjur Banyak Menelan Korban!

Senin, 21 November 2022 lalu, menjadi salah satu hari yang cukup mengerikan. Di tengah mereka yang sedang sibuk dengan berbagai kegiatan, mereka yang sedang istirahat makan, sampai mereka yang sedang terlelap tidur siang, tiba-tiba terasa guncangan yang begitu besar. 

Ya, gempa Cianjur sudah sepekan terjadi. Berkekuatan magnitudo (M) 5,6, gempa tersebut meluluhlantakkan sejumlah daerah di Cianjur, Jawa Barat.

Rumah-rumah warga retak, hancur, sampai rata dengan tanah. Di samping ini, banyak korban yang juga berjatuhan. Dari catatan terakhir, tercatat ada 310 orang meninggal dunia dan 24 orang masih belum ditemukan. 

Menjadi pertanyaan besar, sebenarnya apa penyebab yang membuat gempa Cianjur ini menjadi dahsyat dan mengerikan? Simak!

4 Penyebab Gempa Cianjur Menjadi Mengerikan

Seorang anak dalam kondisi luka dievakuasi ayahnya menuju pengungsian di Cianjur. Anak itu dievakuasi dengan cara digendong melintasi puing-puing bangunan.Gempa Cianjur/ Foto: AP Photo/Rangga Firmansyah

Ahli geologi, Awang Harun Satyana menyebutkan ada beberapa hal yang membuat gempa Cianjur ini menjadi mengerikan. 

Dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (26/11), Awang menyebut gempa dengan kekuatan M 5,6 termasuk moderat, di mana energi daya rusaknya sama dengan di atas rata-rata bencana tornado yang kerap kali melanda Amerika Utara. 

Ia pun melanjutkan ada beberapa hal yang menjadi penyebab dalam gempa Cianjur. 

1. Pusat Gempa yang Dangkal

Awang menyebutkan jika pusat gempa Cianjur ini dangkal, hanya 10 km saja. Sehingga, energi yang mengguncang permukaan jadi lebih kuat.

2. Wilayah Lereng-Kaki Gunung Bukan Area Stabil

Gempa bumi membuat masjid di Desa Gasol, Cianjur, Jawa Barat, rusak parah, Jumat (25/11/2022). Warga pun menunaikan ibadah salat Jumat di luar masjid.Gempa Cianjur, Jawa Barat/ Foto: AP/Achmad Ibrahim

Kedua, wilayah lereng-kaki gunung secara topografi bukan area yang stabil bila terlanda gempa, dan dapat memicu longsor terjadi. 

3. Tanah Berasal dari Pelapukan Endapan Gunung Api Muda

Lalu, Awang pun menjelaskan jika tanah berasal dari pelapukan endapan gunung api berumur muda yang belum cukup terkonsolidasi. Sehingga, energi gempa tidak hilang tetapi teraduk-aduk bahkan menguat (amplifikasi) di permukaan.

4. Konstruksi Bangunan yang Tak Tahan Gempa

Yang membuat banyaknya bangunan hancur pun, karena menurut Awang bangunan di daerah tersebut konstruksinya tidak tahan gempa, seperti pada umumnya rumah-rumah dibangun.  

Karena empat hal di ataslah, gempa Cianjur menelan banyak korban. Lebih lanjut lagi, Awang mengatakan ada dua kemungkinan sesar penyebab gempa Cianjur. Baca selengkapnya di sini. 

_____________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE