sign up SIGN UP

Supaya Tetap Langgeng, Ini 5 Cara Menghindari Insecure Dalam Hubungan

Lifia Mawaddah Putri | Beautynesia
Jumat, 08 May 2020 12:00 WIB
Supaya Tetap Langgeng, Ini 5 Cara Menghindari Insecure Dalam Hubungan
caption
Perasaan insecure memang terkadang dirasakan oleh sebagian besar orang. Tidak hanya dalam kehidupan pribadi, perasaan insecure pun juga sering terjadi di dalam hubungan asmara.

Selain membuat kurang percaya diri, rasa insecure juga membuat seseorang mudah stres. Terus menerus merasa insecure tentunya akan membuat hubunganmu menjadi enggak sehat. Sebab, kamu akan selalu berpikir berlebihan karena memiliki ketakutan yang enggak bisa teratasi dengan baik. Nah, supaya hubungan tetap sehat dan langgeng, yuk ikuti 5 tips menghindari rasa insecure dalam berhubungan berikut ini!
 


Cari Tahu Akarnya


Tentu akan sulit untuk menyelesaikan suatu permasalahan apabila kita enggak mengetahui akarnya. Jadi, untuk mengatasi rasa insecure, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengintropeksi diri sendiri tentang penyebab dari insecure yang kamu rasakan. Ketika kamu menemukan akar dari perasaan insecure tersebut, kamu pun akan lebih mudah untuk mengendalikan ketakutan yang kamu rasakan.


Foto: Istimewa


 


Buang Pengalaman Negatif


Pengalaman buruk di masa lalu dapat merusak hubungan. Mengingat dan mengungkitnya hanya akan menimbulkan pertengkaran dalam hubungan. Jadi, cobalah untuk membuang pengalaman negatif yang pernah kamu alami di masa lalu ya, Beautynesian. Pengalaman tersebut cukup kamu jadikan pelajaran agar enggak terulang lagi. Sebab kalau kamu masih mengingat dan mengungkitnya, hal ini juga bisa menimbulkan rasa insecure.


Foto: Istimewa


 


Bangun Kepercayaan Diri


Hubungan asmara yang sehat adalah hubungan yang dilandasi dengan rasa percaya. Bukan hanya percaya pada pasangan namun kamu juga harus percaya diri. Caranya adalah dengan melakukan self-care atau tindakan yang mencerminkan bahwa kamu mencintai diri sendiri. Misalnya dengan memanjakan diri di spa, memulai berolahraga agar badan tetap sehat, dan lain sebagainya. Sebab, jika kamu mencintai diri sendiri, maka rasa percaya diri pun akan tumbuh.


Foto: Istimewa


 


Jangan Berpikir Berlebihan


Seperti yang sudah dikatakan pada poin sebelumnya, hubungan yang sehat adalah ketika kalian saling percaya satu sama lain. Oleh karena itu, jangan terlalu berpikir berlebihan ya, Beautynesian. Sebab, kalau kamu mudah “baper”, tentunya pasangan pun enggak akan merasa nyaman dan hal ini akan berdampak buruk pada hubungan. Cobalah untuk lebih pengertian dan berpikir positif kepada pasangan agar hubungan tetap langgeng dan harmonis.


Foto: Istimewa


 


Batasi Media Sosial


Cara lainnya untuk menghindari insecure dalam hubungan adalah dengan membatasi diri menggunakan media sosial. Sebab, di era media sosial seperti sekarang ini, seseorang akan cenderung membandingkan diri dengan orang lain baik secara fisik, materi, dan lain sebagainya. Hal inilah yang bisa memicu untuk timbul rasa insecure.
 


Foto: Istimewa
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id