Tak Banyak Orang Tahu, 7 Aturan Ini Harus Dipatuhi Ketika Check Out dari Hotel
Beauties, tahukah kamu ada aturan yang harus dipatuhi ketika meninggalkan kamar hotel? Tidak meninggalkan kamar begitu saja, namun ada beberapa etika yang perlu diperhatikan ketika kamu selesai menginap di hotel. Hal tersebut berhubungan dengan perawatan kamar hotel untuk terus membuat tamu nyaman menginap di hotel tersebut.
Apa saja aturan dan etika yang harus dipatuhi saat check out dari kamar hotel? Melansir dari Brightside, berikut ini 7 aturan yang harus diketahui. Yuk simak apa saja ya, Beauties!
1. Jangan Melipat Handuk Kotor
Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik
Cara yang tepat ketika meninggalkan handuk bekas pakai adalah dengan menaruhnya di tempat yang spesifik, seperti bak mandi atau lantai kamar mandi. Hal itu bisa memudahkan pekerja hotel untuk membereskan. Jangan melipat handuk kotor di rak handuk karena akan membuat pekerja hotel bingung apakah handuk tersebut benar-benar sudah digunakan atau belum.
2. Jangan Merapikan Tempat Tidur
Ilustrasi/Foto: freepik.com/lifeforstock
Saat akan meninggalkan kamar hotel, sebaiknya tidak merapikan tempat tidur karena petugas kebersihan hotel harus membongkarnya. Kamu mungkin bisa membereskan hal lain, seperti mengambil rambut rontok yang berada di saluran pembuangan, juga selalu menyiram toilet setelah menggunakannya.
3. Mengumpulkan Sampah
Ilustrasi/Foto: freepik.com/Racool_studio
Jangan buang sampah sembarangan, simpanlah di tempat sampah dan tidak membuatnya berserakan. Petugas kebersihan akan membutuhkan waktu yang lama mengumpulkan sampah bekas yang kamu pakai. Jika kamu menyumbang banyak sampah, kamu bisa meminta kantong plastik dan mengumpulkan sendiri agar bisa memudahkan pekerjaan petugas kebersihan.
Â
4. Membuka Jendela
Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik
Petugas kebersihan harus membereskan kamar dengan sangat cepat agar tamu lain bisa check-in. Kamu akan sangat membantu para petugas dengan membiarkan jendela terbuka untuk kembali menyegarkan udara di dalam kamar. Hal tersebut karena memberikan ventilasi pada ruangan setelah dipakai membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
5. Kembalikan Pada Tempat Semula
Ilustrasi/Foto: freepik.com/rawpixel,com
Remote TV, peralatan makan, remote AC, dan kursi perlu diletakkan kembali ke tempat semula saat kamu memasuki kamar hotel. Petugas kebersihan membutuhkan waktu 20-30 menit untuk membuat ruangan kamar terlihat rapi dan sempurna. Dengan menata kembali peralatan hotel pada tempatnya, kamu akan memudahkan pekerjaan mereka.
6. Jangan Gunakan yang Tidak Kamu Butuhkan
Ilustrasi/ Foto: freepik.com/lifeforstock
Jika kamu bepergian sendirian dan mendapatkan kamar dengan 2 tempat tidur, maka kamu tidak perlu menggunakan keduanya. Kamu bisa menggunakan hanya satu tempat tidur, sehingga tidak menambah pekerjaan para petugas kebersihan. Hal tersebut juga berlaku pada peralatan di kamar yang tidak kamu butuhkan untuk dipakai.
7. Memberi Tip
Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik
Tip sangat dihargai oleh para petugas kebersihan karena pekerjaan mereka cukup berat, namun kadang memiliki gaji yang rendah. Meninggalkan tip di kamar bisa menjadi ungkapan terima kasih kepada orang yang telah membereskan kamar dan membuat kamu nyaman selama menginap.
Itulah 7 aturan yang harus dipatuhi sebelum kamu meninggalkan kamar hotel dan check out. Semoga bermanfaat, Beauties!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!