sign up SIGN UP

Takut Sama Pacaran, Ini 3 Penyebab Seseorang Bisa Alami Philophobia! Duh, Susah Punya Ayang!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Minggu, 26 Jun 2022 19:00 WIB
Takut Sama Pacaran, Ini 3 Penyebab Seseorang Bisa Alami Philophobia! Duh, Susah Punya Ayang!
caption
Jakarta -

Philophobia merupakan fobia atau ketakutan yang dialami seseorang untuk jatuh cinta. Fobia ini dapat berupa ketakutan untuk menjalin hubungan percintaan dengan orang lain atau ketakutan untuk dapat mempertahankan hubungan. Penderita Philophobia dapat merasa bahwa dirinya adalah sosok yang tidak dicintai dan terisolasi.

Pada kasus Philophobia atau fobia pacaran yang dialami seseorang bisa terjadi karena faktor tertentu. Melansir dari laman Web MD bahwa Philophobia diketahui secara umum memiliki tiga penyebab. So, berikut adalah penjelasan terkait penyebab Philophobia!

Masa Lalu

Masa lalu buruk termasuk penyebab Philophobia
Masa lalu buruk termasuk penyebab Philophobia/ foto: Freepik.com/ rawpixel.com

Pengalaman masa lalu menjadi salah satu faktor yang menentukan seseorang dalam bertindak di masa depan, misalnya dalam hubungan percintaan. Trauma percintaan yang dialami seseorang bisa menimbulkan terjadinya fobia. Rasa trauma memengaruhi rasa takut untuk jatuh cinta.

Trauma dapat terjadi karena percintaan masa lalu yang mengalami perselingkuhan, pengkhianatan, patah hati, dan sebagainya. Inilah yang membuat seseorang merasa takut menjalin hubungan percintaan kembali, karena terus mengingat pengalaman masa lalu yang buruk. Bahkan, jika berlangsung semakin parah, memungkinkan timbulnya fobia.

Kebudayaan

Kebudayaan turun temurun termasuk penyebab philophobia
Kebudayaan turun temurun termasuk penyebab philophobia/ foto: Freepik.com/ freepik

Kebudayaan atau kebiasaan yang telah dilakukan secara turun-temurun termasuk salah satu faktor penyebab Philophobia atau fobia pacaran. Hal ini dikarenakan beberapa kebudayaan masih melanggengkan untuk pernikahan di usia muda, khususnya untuk kaum perempuan.

Kebudayaan ini ternyata bisa membuat seseorang yang merasa belum siap untuk menikah menjadi takut. Terlebih lagi, jika kebudayaan nikah muda menjadi sesuatu yang wajib dalam sebuah keluarga dapat menyebabkan seseorang merasa tertekan dan tidak memiliki hak untuk menentukan keputusan. Kondisi ini bukan tidak mungkin dapat menimbulkan fobia.  

Takut Penolakan

Takut penolakan termasuk penyebab Philophobia
Takut penolakan termasuk penyebab Philophobia/ foto: Freepik.com/ pvproductions

Bagi seseorang yang sering mengalami penolakan cinta, hingga mengalami keputusasaan atau keterpurukan, bisa berpotensi mengalami Philophobia. Hasil studi menunjukan bahwa penolakan dapat memiliki hasil yang serupa dengan rasa sakit fisik.

Mungkin untuk sebagian orang, penolakan cinta adalah hal yang lumrah terjadi. Akan tetapi, ada juga yang merasakan kesedihan mendalam akibat cinta yang ditolak. Rasa takut tersebut dapat menghilangkan rasa kepercayaan diri seseorang.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id