sign up SIGN UP

Tanda-tanda Seseorang Cerdas Secara Emosional, Apakah Kamu Memilikinya?

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Minggu, 08 Aug 2021 10:30 WIB
Tanda-tanda Seseorang Cerdas Secara Emosional, Apakah Kamu Memilikinya?
caption

Semakin bertambah dewasa, kamu perlu memahami bahwa menjadi seseorang yang cerdas secara emosional sangat penting. Tanpa kecerdasan emosional, kamu akan susah mengendalikan emosi dan susah bersosialisasi dengan orang lain.

Sebaliknya, semakin tinggi kecerdasan emosi yang kamu miliki, kamu akan semakin mudah mengendalikan diri, mengelola hubungan dengan orang lain, bahkan menjadi salah satu faktor kesuksesan.

Perlu kamu tahu, tidak semua orang memiliki kecerdasan emosional yang baik. Untuk mengetahui apakah kamu memiliki kecerdasan emosional yang bagus atau tidak, kamu bisa melihat tanda-tandanya seperti berikut ini:

Berpikiran Terbuka

Berpikiran terbuka
Tanda kecerdasan emosional: Berpikiran terbuka/ Foto: freepik.com

Dikutip dari laman Miles Lehane, salah satu tanda seseorang memiliki kecerdasan emosional yang baik adalah memiliki kesadaran diri yang tinggi. Seseorang dengan kecerdasan emosional yang baik biasanya bisa menilai diri sendiri termasuk ketika telah melakukan kesalahan.

Orang dengan sifat seperti ini biasanya sangat terbuka dalam menerima kritik dan saran dari orang lain dan tidak tersinggung dengan kritik yang diterima. Mereka justru menjadikan kritik orang lain sebagai pertimbangan untuk lebih baik ke depannya.

Pribadi yang Tenang

Pribadi yang tenang
Tanda kecerdasan emosional: Pribadi yang tenang/ Foto: freepik.com

Orang dengan kecerdasan emosi yang tinggi dikenal sebagai pribadi yang tenang dalam mengatasi masalah. Kepada Insider, Dr. Kate Dow, PhD mengatakan bahwa ketika kamu memiliki kecerdasan emosional, kamu dapat mengatasi konflik dan kekhawatiran dengan cara yang jauh lebih tenang dan lugas.

Dengan kecerdasan emosional yang tinggi, kamu berpotensi memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Kemampuan ini sangat dibutuhkan terutama ketika kamu sudah masuk dunia kerja.

Memiliki Empati

Memiliki empati
Memiliki empati/ Foto: freepik.com

Jika kamu memiliki sifat empati yang tinggi terhadap orang lain, maka hal tersebut bisa menjadi suatu tanda bahwa kamu memiliki kecerdasan emosi yang tinggi. Dengan empati, menunjukkan bahwa kamu berusaha membentuk hubungan yang lebih dalam dan bermakna dengan orang lain. 

Empati tidak hanya sebatas mampu merasakan kesedihan atau perasaan orang lain. Empati lebih kepada tindakan untuk membantu orang lain dalam menyelesaikan masalah atau mengurangi kesedihan orang lain.

Mudah Beradaptasi

Mudah beradaptasi
Mudah beradaptasi/ Foto: freepik.com

Pandai beradaptasi dan membangun hubungan dengan orang lain, terlebih di lingkungan baru merupakan tanda bahwa kamu cerdas secara emosional. Hal tersebut juga membuktikan bahwa kecerdasan emosional sangat berkaitan dengan kemampuan bersosialisasi. 

Jika kamu termasuk seseorang yang tidak canggung dengan orang baru dan mudah berkomunikasi di awal perjumpaan, maka sudah jelas kamu cerdas secara emosional.

Meminta Maaf Ketika Berbuat Salah

Meminta maaf
Meminta maaf/ Foto: freepik.com

Jika ingin mengetahui kecerdasan emosional seseorang, coba lihatlah ketika dia melakukan kesalahan. Apabila orang tersebut mencari-cari alasan dan pembenaran serta tidak mau meminta maaf, maka bisa dipastikan orang tersebut memiliki kecerdasan emosional yang rendah.

Sebaliknya, orang yang dengan kecerdasan emosional tinggi biasanya menyadari bahwa mereka melakukan kesalahan dan meminta maaf atas kesalahan tersebut. Mereka juga memahami bahwa meminta maaf bukan berarti merendahkan diri, namun bentuk kedewasaan dalam menyelesaikan masalah.

Nahitu tadi beberapa tanda bahwa seseorang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Apabila kamu bukan salah satunya, maka jangan berkecil hati, Beauties.

Sebab kecerdasan emosional bisa ditingkatkan dengan beberapa cara, antara lain dengan belajar mengendalikan emosi, bersikap tenang, menumbuhkan empati, dan sebagainya.


Our Sister Site

mommyasia.id