STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Taylor Swift Ungkap Perjuangan dalam Menjaga Kesehatan Mental di Album Terbaru Midnight

Retno Anggraini | Beautynesia
Selasa, 08 Nov 2022 07:30 WIB
Taylor Swift Ungkap Perjuangan dalam Menjaga Kesehatan Mental di Album Terbaru Midnight

Taylor Swift kembali menyapa penggemar dengan merilis album ke-10 berjudul Midnights pada Jumat (21/10). Tidak hanya enak didengar, lagu-lagu penyanyi berbakat ini selalu memiliki emosi tersendiri di setiap liriknya. Di album terbaru ini, banyak dari penggemar menyadari bahwa makna dari lagu-lagu di album Midnights ditujukan bagi orang-orang yang sedang berjuang dengan kesehatan mental.

Dilansir dari Huffpost, referensi paling jelas tentang kesehatan mental ada di lagu berjudul Anti-Hero dan You're on Your Own, Kid. Dalam lagu Anti-Hero, terdapat beberapa nuansa depresi dengan lirik yang sudah diterjemahkan berbunyi, "Tengah malam kini menjadi waktu siangku. Ketika depresi mengambil alih malamku, semua orang yang aku tinggalkan seakan berdiri di ruangan ini."

Makna kesehatan mental dalam album terbaru Taylor Swift
Cover album Midnights Taylor Swift/Foto: Instagram.com/taylorswift

Dalam lagu You're on Your Own, Kid, Swift merujuk pada perjuangan orang yang memiliki gangguan makan seperti yang pernah disinggung Swift dalam film dokumenter Netflix tahun 2020 berjudul Miss Americana.

"Aku memberikan darah, keringat, dan air mata untuk ini. Aku menjadi bintang, menahan lapar untuk menjaga penampilan. Seolah aku bisa diselamatkan oleh cinta yang sempurna," cuplikan lirik You're on Your Own, Kid yang sudah diterjemahkan.

Para pengguna Twitter juga memperhatikan referensi lagu-lagu tersebut. Beberapa berbagi pengalaman bagaimana lagu-lagu tersebut membuat mereka merasa divalidasi dalam pengalaman kesehatan mental mereka sendiri. "Ketika seniman berbicara tentang tantangan mereka yang sebenarnya, itu menunjukkan kepada orang-orang yang mungkin sedang berjuang sendiri bahwa mereka tidak sendirian," kata Dr. Jessica Gold, asisten profesor psikiatri di Fakultas Kedokteran Universitas Washington.

Makna kesehatan mental dalam album terbaru Taylor Swift
Taylor Swift dalam video klip Anti-Hero/Foto: YouTube.com/Taylor Swift

"Itulah mengapa orang mendengarkan lagu dan menganggap bahwa tokoh utama dalam lagu tersebut adalah mereka. Ini dikarenakan mereka benar-benar merasa cerita mereka mirip. Dan karena mereka benar-benar mengagumi Taylor Swift, itu membantu mereka merasa tidak apa-apa untuk berjuang," lanjutnya.

Stigma seputar kesehatan mental dan gangguan kesehatan mental telah menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar karena tokoh masyarakat yang berbicara secara terbuka tentang pengalaman mereka sendiri. Penelitian menunjukkan pengungkapan selebriti tentang kesehatan mental mereka dapat meningkatkan advokasi dan pendidikan seputar kondisi tertentu.

Makna kesehatan mental dalam album terbaru Taylor Swift
Taylor Swift dalam video klip Anti-Hero/Foto: YouTube.com/Taylor Swift

Meski Taylor Swift tidak pernah secara langsung mengungkapkan diagnosis tertentu, namun dia telah menyalurkan pesan penuh makna melalui karyanya. Dia memberikan penggemar cara untuk menempatkan liriknya agar sesuai dengan kehidupan dan kesehatan mental mereka masing-masing.

"Saya pikir orang sering melihat wajah yang selebriti tunjukkan di depan umum seakan mereka hidup bahagia sepanjang waktu. Tapi ketika Anda mendengar apa yang sebenarnya terjadi, Anda akan merasa lebih terhubung dengan mereka, " jelas Gold. Banyak penggemar yang menganggap bahwa album terbaru Taylor Swift ini terasa seperti terapi, yang menurut Gold terdengar masuk akal.

Makna kesehatan mental dalam album terbaru Taylor Swift
Taylor Swift dalam video klip Anti-Hero/Foto: YouTube.com/Taylor Swift

"Mereka tahu dari pengumuman awal Midnights bahwa album ini akan bertugas seperti terapi bagi mereka yang kesulitan untuk tidur dan ada sesuatu yang sangat manusiawi tentang pengalaman itu," kata Gold. "Banyak dari kita tidak bisa tidur karena memikirkan masa lalu atau masa depan kita, bahkan berpikir negatif tentang diri kita sendiri atau orang lain."

Tentu saja album tidak dapat menggantikan terapi biasa, tapi dengan mendengarkan lagu-lagu tertentu, kita bisa terasa sangat dekat dengan aktualisasi yang mungkin kita alami. Tidak ada yang lebih baik daripada merasa dipahami oleh siapa pun. Bagaimana, Beauties? Apa kamu sudah mendengarkan album terbaru Taylor Swift?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE