sign up SIGN UP

Terlalu Sering Mengucapkan Maaf di Tempat Kerja? Coba Ucapkan 4 Hal Ini Sebagai Gantinya!

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 03 Jan 2022 16:30 WIB
Terlalu Sering Mengucapkan Maaf di Tempat Kerja? Coba Ucapkan 4 Hal Ini Sebagai Gantinya!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu termasuk tipe orang yang sering meminta maaf? Seberapa sering kamu mengucapkan kata maaf walaupun mungkin kamu tidak menyinggung orang lain atau membuat kesalahan? Ini adalah fenomena yang umum terjadi, terutama di tempat kerja.

Kamu mungkin berpikir bahwa meminta maaf adalah cara untuk menunjukkan rasa hormat. Namun jika terlalu sering diucapkan, hal ini bisa membuat kamu tampak kurang percaya diri dengan kemampuan diri sendiri.

Jika kamu sering meminta maaf berlebihan, kamu mungkin perlu menemukan cara untuk mengungkapkan maksudmu yang sebenarnya. Melansir dari Forbes, berikut kata-kata yang bisa kamu ucapkan selain maaf di tempat kerja. Yuk, simak!

Ucapkan Terima Kasih

Kecenderungan introvert membantu perusahaan untuk menciptakan chemistry rekan kerja dan tim.Ilustrasi rekan kerja/Foto: Freepik

Kamu bisa menunjukkan rasa hormat dan peduli kepada rekan kerja tanpa merendahkan diri sendiri dengan mengucapkan terima kasih. Misalnya, kamu melewatkan beberapa bagian dari project pekerjaan. Secara refleks, kamu mungkin akan meminta maaf.

Namun, kamu bisa menggantinya dengan mengatakan, "terima kasih atas kesabarannya menunggu, bagian dari project ini bisa Bapak/Ibu dapatkan di Jumat minggu depan". Dengan cara ini, kamu bisa memegang kendali atas situasi dan menunjukkan sikap bertanggung jawab.

Tanggapi dengan Tindakan, Bukan Sekadar Kata-kata

Sesuai dengan pepatah, action speaks louder than words. Yup, di banyak kesempatan, tindakan jauh lebih meaningful alias berarti dibanding sekadar kata-kata. Selain itu, tindakan juga bisa menunjukkan kerendahan hati dan bentuk 'menebus' kesalahan yang baik. Selain meminta maaf, tindakan juga bisa menjadi alternatif yang positif yang bisa kamu lakukan.

Bicarakan Tentang Apa yang Diinginkan

Mengenal teman kerja dan lingkungan yang mampu mengajarkan hal baru bisa menjadi sangat menyenangkan.Ilustrasi rekan kerja/Foto: Freepik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kata maaf yang terlalu sering diucapkan hanya akan menjadi sebuah kata tanpa makna. Sebagai gantinya, ucapkan "Saya akan..." sebagai bentuk pertanggungjawaban. Ini menunjukkan bahwa kamu sudah memiliki rencana yang terperinci.

Pernyataan tersebut juga bisa menempatkan fokus pada apa yang akan terjadi atau apa yang diinginkan kedua belah pihak untuk terjadi. Hal ini memungkinkan rekan kerja untuk merasa didengar dan mengetahui maksudmu yang sebenarnya.

Jangan Meminta Maaf karena 'Mengganggu' Rekan Kerja

selama pandemi Covid-19, atur jadwal meeting di luar ruangan, karena bisa memicu adanya klaster di tempat kerja.Ilustrasi meeting/Foto: Pexels

Kata maaf juga sering dilontarkan saat ingin mengemukakan pendapat saat meeting atau mengajukan pertanyaan kepada rekan kerja. Kamu mungkin meminta maaf karena merasa 'mengganggu' rekan kerja tersebut.

Alih-alih meminta maaf, ucapkan pendapat atau pertanyaan kamu dengan sederhana dan ramah. Contohnya ketika ingin bertanya kepada atasan, kamu bisa mengucapkan, "Apakah sekarang saat yang tepat untuk mengajukan pertanyaan?" Ingat, tidak perlu meminta maaf karena memiliki pendapat atau pertanyaan yang dapat membantumu menyelesaikan pekerjaan.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id