sign up SIGN UP

Terlanjur Terjerat Pinjol Ilegal, Harus Bagaimana? Ini Saran dari OJK

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 21 Sep 2021 23:30 WIB
Terlanjur Terjerat Pinjol Ilegal, Harus Bagaimana? Ini Saran dari OJK
caption
Jakarta -

Mungkin secara tidak sengaja, kini kondisinya membawa kamu lagi terjerat pinjol (pinjaman ilegal).

Lantas langkah-langkah terbaik apa saja yang bisa dilakukan? Berikut kiatnya seperti yang disarankan Lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

1. Segera Lunasi

Ya Beauties, mungkin kamu baru sadar sekarang kalau kamu rupanya berada di fintech yang ilegal. Karenanya, segera lunasi. Kalau tidak, seperti yang sudah-sudah, pihak pinjol akan meneror peminjam hingga kontak yang ada di ponsel kamu, menggunakan kata-kata kasar, sehingga hal ini tentu akan membuat kamu malu.

2. Laporkan ke Satgas Waspada Investasi dan Kepolisian

Tujuannya agar pinjol ilegal tersebut bisa segera ditindak, supaya nggak memakan korban lebih banyak lagi.

Dikutip dari unggahan OJK pada akun Instagram resminya, bila kamu bermasalah dengan pinjaman online ilegal, maka kamu bisa lapor ke Polres dan Polda wilayahmu. Kamu bisa cek di https://[email protected], selain itu juga mengirim laporan ke [email protected]

Kamu juga perlu melaporkan ke Satgas Waspada Investasi untuk pemblokiran di email [email protected]

cara mengatur keuanganIlustrasi terjerat pinjaman online/ Foto: Freepik.com/cookie_studio

3. Ajukan Keringanan

Bila kamu merasa nggak sanggup membayarnya, cobalah ajukan keringanan. Seperti pengurangan bunga, perpanjang waktu, dan hal lainnya yang bisa meringankan kamu dalam melunasi utang.

4. Hindari Pinjaman Baru

Untuk membayar utang dengan membuka pinjaman baru, bukanlah ide yang bagus. Hal ini justru bisa menambah masalah baru, serta akan memperberat beban kamu. Belum lagi dengan tambahan bunganya, Beauties.

Karena itu, sebaiknya kamu bisa memaksimalkan semua yang ada dulu tanpa utangan baru. Misalnya, kamu bisa untuk tahan-tahan buat jajan kopi kekinian, dan mengalihkan dananya untuk menutup pinjamanmu.

5. Blokir Semua Kontak yang Menagih Secara Kasar

Ya, kamu bisa memblokir semua nomor kontak yang mengirimkan teror. Selain itu, kamu juga perlu memberi tahu semua kontak bila mendapat pesan pinjol ilegal, agar diabaikan. Dan melapor ke polisi.

Selanjutnya kamu bisa lampirkan laporan polisi ke kontak penagih bila masih saja muncul.

Ke depannya, kamu bisa lebih berhati-hati lagi. Untuk mengecek legalitas fintech legal, bisa dilihat di www.ojk.go.id.

------------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id