sign up SIGN UP

Ternyata Ini yang Diincar HRD dari Pelamar Kerja, Selain Sesuainya Resume dengan Lowongan

Fina Prichilia | Senin, 25 Oct 2021 06:45 WIB
Ternyata Ini yang Diincar HRD dari Pelamar Kerja, Selain Sesuainya Resume dengan Lowongan
caption
Jakarta -

Mencari hingga mendapat pekerjaan memang nggak selalu mudah maupun sebaliknya bagi pelamar kerja. Terkadang mungkin kamu lagi nggak begitu yakin-yakin amat, tapi nyatanya kamu yang terpilih.

Atau bisa juga sebaliknya. Yaitu sudah sangat yakin tapi ternyata malah tidak lolos saat proses seleksi. Kamu pun jadi penasaran kan, kenapa jawabnya?

Rupanya ada beberapa poin penting yang dicari HRD saat proses seleksi calon karyawan. Berikut seperti dikutip dari laman Forbes via detikFinance:

Resume yang Sesuai dengan Lowongan

Ini jadi yang pertama yang dilihat HRD, Beauties. Untuk itu, demi memperbesar peluang kamu dapat kerja, lamarlah pekerjaan yang sesuai dengan pengalaman, skill, dan pencapaian kamu.

Kamu nggak perlu menulis terlalu panjang, selama informasinya dapat tersampaikan dengan baik.

Proses kerja gig economy ini membuat konsep dunia kerja menjadi lebih fleksibel.Ilustrasi wawancara kerja online. /Foto: Freepik.com

Bisa Mengikuti Arahan

Tahukah kamu, HRD juga melihat apakah kandidatnya dapat mengikuti arahan atau tidak sejak tahap seleksi lamaran kerja. Di antaranya apakah kamu bisa penuhi seluruh syarat yang diperlukan, mulai dari menyerahkan dokumen dan lainnya.

Kaitannya adalah dengan kemampuan komunikasi, Beauties. Yakni kemampuan mengikuti arahan menjadi hal penting yang perlu dimiliki pelamar kerja, agar ke depannya diharapkan bisa bekerja sama dengan partner kerja yang lain dengan baik.

Fleksibilitas dan Tangkas

Calon karyawan yang tangkas, diharapkan bisa mengikuti tantangan perkembangan zaman yang semakin kompleks. Dan fleksibel, berarti tidak kaku dan dapat beradaptasi dengan pekerjaan yang diterima.

Tips tidak Gugup saat Wawancara Kerja/Foto : freepik.comIlustrasi wawancara kerja. /Foto: Freepik.com

Otentik

Kamu mungkin sudah melihat aneka tips cara menulis CV. Namun setelah melihatnya, kamu tidak perlu mengikuti 100 persen harus sama, Beauties. Tapi, olah dengan tetaplah menonjolkan sisi karakter kamu, agar bisa terlihat otentik dan menonjol di mata HRD.

Cara Kamu Representasikan Diri

Cara kamu menjawab pertanyaan ketika interview juga merepresentasikan diri, tentu tengah dinilai oleh HRD, Mereka yang paling bersinar, yakni dapat branding diri dengan baik memang yang akan menarik perhatian. Oleh karena itu, sebaiknya kamu latihan dulu sebelum sesi interview.

Kamu perlu secara jelas menjelaskan perkembangan karier kamu selama bekerja di kantor sebelumnya, termasuk tugas yang telah berhasil dilakukan.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id