STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ternyata Juga Ada Tantangannya, Ini 5 Masalah yang Kerap Dimiliki Orang-orang yang Cerdas

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Selasa, 22 Nov 2022 15:00 WIB
Ternyata Juga Ada Tantangannya, Ini 5 Masalah yang Kerap Dimiliki Orang-orang yang Cerdas

Apa yang terpikir di benak kamu ketika mendengar kata ‘orang cerdas atau pintar’? Mungkin kamu akan menilainya sebagai suatu anugerah atau bahkan privilege yang membuat mereka lebih bersinar di kehidupannya. Anggapan ini mungkin sah-sah saja mengingat kepintaran merupakan suatu hal berharga yang bisa membuat seseorang lebih cekatan dalam menghadapi tantangan kehidupan.

Namun, itu bukan berarti dia yang pintar tidak memiliki masalah. Sebagaimana dikutip dari laman Psych2go, ada beberapa permasalahan yang kerap dimiliki orang pintar. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menganalisis Hal-hal Secara Berlebihan

Ilustrasi menganalisis sesuatu/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Ilustrasi menganalisis sesuatu/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Pernahkah Beauties melihat  orang pintar yang sedang menganalisis sesuatu? Atau mungkin, kamulah orang pintar tersebut. Orang-orang pintar memiliki kecenderungan menganalisis sesuatu secara berlebihan. Hal ini kemungkinan besar memiliki keterkaitan erat dengan kecerdasan yang mereka miliki.

Ya, Kecenderungan menganalisis secara berlebihan bisa berhubungan dengan teori otak hiper yang dikemukakan oleh psikolog dan peneliti Ruth Harpinski dan rekan-rekannya. Teori otak hiper atau hyper brain ini menyebutkan bahwa menjadi sangat cerdas terkait dengan “overexcitabilities” psikologis dan fisiologis.

2. Sering Stres

Ilustrasi stres/ Foto: Freepik.com/shisuka
Ilustrasi stres/ Foto: Freepik.com/shisuka

Sering dikatakan bahwa orang pintar adalah salah satu pencemas terbesar. Studi Hapinski menambah gagasan bahwa orang-orang ber IQ tinggi cenderung menampilkan rangsangan berlebihan dan sering menderita stres.

Dengan adanya overexcitabilities sebagai respon tubuh terhadap stres,  bisa menyebabkan orang pintar merenung dan stres pada situasi tertentu. Kemudian ini bisa berakibat pada disfungsi fisiologis dan psikologis.

3. Menderita Gangguan Psikologis

Ilustrasi gangguan psikologis/ Foto: Freepik.com/benzoix
Ilustrasi gangguan psikologis/ Foto: Freepik.com/benzoix

Penelitian Harpinski yang melibatkan partisipan dari anggota masyarakat ber-IQ tinggi memperlihatkan bahwa adanya berbagai gangguan psikologis yang bisa ditemukan para orang-orang pintar.

Termasuk di antaranya gangguan mood, gangguan kecemasan, ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), penyakit fisiologis seperti alergi makanan bahkan autoimun. Lebih lanjut dijelaskan bahwa IQ tinggi bisa berperan sebagai faktor risiko adanya gangguan afektif seperti ADHD, ASD dan juga peningkatan penyakit yang berkaitan dengan kekebalan.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE