sign up SIGN UP

Tiduran Aja Jadi Kaya! Begini Kiat Menjadi Sleeping Investor di Usia Muda

tyana | Beautynesia
Minggu, 22 Aug 2021 10:00 WIB
Tiduran Aja Jadi Kaya! Begini Kiat Menjadi Sleeping Investor di Usia Muda
caption

Pernah punya mimpi tiduran aja tapi jadi kaya? Nah, ternyata ini bukan suatu hal yang mustahil lagi lho, Beauties. Kita tetap dapat bebas finansial meskipun tidak bekerja. Caranya adalah dengan menjadi seorang sleeping investor.

Apa itu sleeping investor? Sleeping investor adalah orang yang memiliki keuntungan dari investasi jangka panjang tanpa sibuk bekerja. Berbeda dari trader yang memanfaatkan fluktuasi harga harian untuk mendapatkan keuntungan. Tipe investor ini melakukan investasi dengan mengambil keuntungan jangka panjang, jadi nggak perlu stres lagi mikirin naik turun harga saham harian.

Tertarik untuk menjadi sleeping investor di usia muda? Lakukan hal ini mulai dari sekarang.

Kumpulkan Modal

Kiat sleeping investor di usia muda
Kiat menjadi sleeping investor di usia muda/Foto: Freepik/jcomp

Sama halnya dengan memulai suatu bisnis, kita juga memerlukan suatu modal untuk memulai investasi. Modal ini biasanya berupa sejumlah uang yang akan kita belikan untuk mendapatkan barang investasi. Investasi juga memiliki beberapa jenis mulai dari investasi saham, reksadana hingga properti. 

Pemilihan investasi dapat kita sesuaikan dengan modal yang akan kita keluarkan. Sederhananya, semakin banyak modal yang dikeluarkan, semakin banyak barang investasi yang kita beli, semakin banyak juga keuntungan yang akan kita dapat.

Siapkan Penghasilan Lain

Kiat menjadi sleeping investor di usia muda
Kiat menjadi sleeping investor di usia muda/Foto: Freepik/lookstudio

Menjadi sleeping investor memiliki banyak keuntungan dari mulai memiliki banyak waktu luang hingga nggak stres memikirkan fluktuasi harga harian. Namun, tipe investor ini juga memiliki kekurangannya juga karena keuntungan nggak bisa langsung dirasakan dan harus menunggu beberapa bulan hingga tahun agar mendapatkan penghasilan yang diinginkan. Misalnya dividen atau bunga dari saham yang kamu punya, yang baru dibagikan setahun sekali.

Dari dividen itu, selain diperlukannya kecakapan mengelola keuangan agar bisa menutup kebutuhan harian, kamu juga perlu penghasilan lain nih Beauties. Caranya, kamu bisa menyebar aset investasi kamu ke berbagai instrumen investasi lainnya, misalnya.

Pahami Jenis Investasi dan Istilah-istilahnya

Kiat menjadi sleeping investor di usia muda
Kiat menjadi sleeping investor di usia muda/Foto: Freepik/bublikhaus

Untuk menjadi seorang sleeping investor kita perlu memilih jenis investasi jangka panjang. Investasi jenis ini nggak hanya saham lho, Beauties. Investasi emas, properti, obligasi, tabungan berjangka dan juga reksadana saham juga termasuk dalam investasi jangka panjang.

Untuk memudahkan memilih investasi mana yang cocok, kita perlu memahami jenis-jenis investasi, menyesuaikan yang paling cocok dengan profil risiko kita, dan juga tahu istilah penting dalam investasi.

Yang paling penting adalah mempelajarinya dulu alias investasi di ilmu ya, Beauties. Pahami dulu cara kerjanya seperti apa sebelum kamu menginvestasikan uang kamu.

Jangan Menunggu Nanti

Kiat menjadi sleeping investor di usia muda
Kiat menjadi sleeping investor di usia muda/Foto: Freepik/tirachardz

Beauties, kunci sukses menjadi seorang sleeping investor adalah keberanian. Jadi, nggak perlu menunggu modal yang banyak ataupun waktu yang tepat, mulailah dari sekarang. Semakin cepat kita memulai, semakin cepat juga kita mendapatkan keuntungan lho, Beauties.


Our Sister Site

mommyasia.id