sign up SIGN UP

TikTok Menjadi Ancaman Bahaya Bagi Media Sosial Lain, Termasuk WhatsApp! Ternyata Ini Alasannya...

Rini Apriliani | Beautynesia
Sabtu, 02 Oct 2021 09:30 WIB
TikTok Menjadi Ancaman Bahaya Bagi Media Sosial Lain, Termasuk WhatsApp! Ternyata Ini Alasannya...
caption
Jakarta -

TikTok saat ini menjadi candu banyak masyarakat. Bagaimana tidak, aplikasi yang satu ini menyuguhkan berbagai konten menarik mulai dari hiburan, edukasi, dan informasi.

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, berbagai lapisan masyarakat mudah merasakan stres, pusing, hingga kesepian. Kehadiran TikTok ini menjadi warna baru sebagai media sosial terkini.

Beberapa waktu lalu, perusahaan ini baru saja mengumumkan pencapaian barunya. Dimana mereka telah meraih 1 miliar lebih pengguna aktif bulanan. Hal ini termasuk cepat, sebab beberapa media sosial lama justru ada yang belum meraih 1 miliar pengguna aktif tersebut.

TikTokAplikasi TikTok/ Foto: Unplash.com/Nathan Dumlao

Menurut data, Facebook, YouTube, WhatsApp, dan Instagram telah meraih 1 miliar pengguna pada 2018 lalu. Sedangkan Snapchat memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan dan Twitter hanya memiliki 330 juta pengguna di tahun 2019.

Seperti yang dilansir dari CNBC Indonesia, pengguna aktif bulanan TikTok pada Agustus kemarin naik sampai 25% dibanding tahun sebelumnya. Perkembangan yang signifikan sebagai media sosial baru ini akhirnya membuat beragam platform mulai turut bersaing. 

Seperti YouTube dengan Shorts, Instagram dengan Reel, dan Snapchat dengan Spotlight.

Konten TikTokKonten TikTok/ Foto: Unplash.com/Josh Rose

Beberapa tahun lalu, keberadaan TikTok justru ramai kecaman. Di Indonesia sendiri platform yang satu ini sempat diblokir karena dinilai negatif untuk anak. 

Namun ternyata pemblokiran ini terjadi sementara waktu saja. Sejak terjadinya pandemi Covid-19 di tahun 2020 lalu, dimana masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah membuat kepopulerannya kian meningkat. 

Berbondong-bondong orang membuat konten TikToknya. Ada mereka yang membuat seputar edukasi, informasi, atau hiburan. Kemajuan ini juga melahirkan content creator baru Tanah Air dan komunitas-komunitas baru yang disatukan lewat TikTok. 

Algoritma TikTokAlgoritma TikTok/ Foto: Unplash.com/Georgia de Lotz

Ternyata, rahasia TikTok ada pada musik dan algoritmanya. Aplikasi ini menawarkan "For You Page" atau FYP untuk penggunanya. 

Dimana pengguna akan menghabiskan banyak waktu untuk scroll dan menonton video yang mereka sukai. Nantinya, konten terbaik dan banyak disukai oleh penggunanya akan menjadi viral. Tak jarang karena alasan kepo akan konten tersebut mendatangkan banyak pengguna baru yang kemudian mendownload TikTok di ponsel mereka.

Tak hanya itu saja, kini beragam fitur TikTok pun mulai dikembangkan. Mulai dari adanya live streaming, cuma scroll dapat uang, ajak orang download dapat uang, adanya sawer live streaming, sampai terbaru ada TikTok Shop.

Berbagai hal inilah yang membuat TikTok kian diminati dan menjadi ancaman serius bagi media sosial lain. Beauties, kalau kamu lebih suka TikTok atau media sosial apa nih? Tulis di kolom komentar ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id