sign up SIGN UP

Tingkatkan Rasa Nasionalisme, 5 Film Bertema Perjuangan Pahlawan Indonesia Ini Bisa Ditonton di Netflix

aqillah diaz | Rabu, 10 Nov 2021 21:30 WIB
Tingkatkan Rasa Nasionalisme, 5 Film Bertema Perjuangan Pahlawan Indonesia Ini Bisa Ditonton di Netflix
caption

Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November merupakan momen yang pas untuk meningkatkan rasa cinta kita terhadap tanah air, sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme bagi generasi penerus. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan, seperti melakukan upacara, membuat festival, atau bahkan dapat dilakukan dengan menonton film dengan tema pahlawan. 

Dengan menonton film tema pahlawan, beberapa kisah mengenai sejarah bisa dimengerti dengan mudah, sehingga bisa menjadi inspirasi bagi kita penerus bangsa. Nah, kira-kira film apa aja nih yang bertema pahlawan yang bisa kamu tonton di Netflix? Berikut rekomendasinya, Beauties!

1. Soekarno : Indonesia Merdeka

Soekarno / foto : pinterest.com/AhmadAbudzar
Soekarno / foto : pinterest.com/AhmadAbudzar

Film pertama yang bisa kamu tonton di Netflix adalah film Soekarno. Film ini merupakan film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo yang mengambil kisah perjuangan Soekarno dalam merebut kemerdekaan dari kekuasaan kolonial Belanda.

Film yang dirilis pada Desember 2013 lalu, diperankan oleh aktor dan aktris terkenal, yakni Ario Baru, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, Tanta Ginting, dan Ferry Salim. Jika kamu penasaran bagaimana cerita Soekarno dalam mendapatkan kemerdekaan, maka kamu bisa tonton film ini. 

2. Guru Bangsa Tjokroaminoto

Guru Bangsa Tjokroaminoto / foto : pinterest.com
Guru Bangsa Tjokroaminoto / foto : pinterest.com

Film bertema pahlawan selanjutnya adalah Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Film ini menceritakan tentang perjuangan tokoh HOS Tjokroaminoti dalam menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera.

Film ini berlatar belakang pada tahun 1912, yang mana film ini diadaptasi dari kisah nyata kehidupan tokoh pahlawan yang memiliki tujuan untuk mewujudkan perjuangan kemerdekaan dari perspektif pendidikan. Pemeran Hos Tjokroaminoto diperankan oleh Reza Rahardian, yang mana film ini sempat meraih penghargaan film terbaik Festival Film Indonesia tahun 2015.

3. Kartini

Kartini / foto : pinterest.com/SilverPetticoat
Kartini / foto : pinterest.com/SilverPetticoat

Film lain yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo adalah Kartini. Kartini merupakan film berdasarkan kisah nyata yang mana menceritakan kisah tentang sosok Kartini, perempuan yang memperjuangkan emansipasi perempuan Indonesia.

Di film ini juga diceritakan perjuangan Kartini dalam mendirikan sekolah dan lapangan pekerjaan di daerahnya, serta perjuangannya mendapatkan kesetaraan hak bagi semua orang, terutama perempuan. 

4. Gie

Gie / foto : pinterest.com/ParawansyahAnugrah
Gie / foto : pinterest.com/ParawansyahAnugrah

Film lain yang menceritakan tentang pahlawan adalah Gie. Film ini menceritakan perjuangan Soe Hok Gie, aktivis Indonesia, yang mengalami kebangkitan politik selama rezim Soeharto dan Soekarno yang penuh gonjang-ganjing. 

Soe Hok Gie merupakan mahasiswa keturunan Tionghoa yang memiliki semangat juang dan rasa cinta yang tinggi kepada Indonesia, sehingga hal ini membuat dirinya menjadi pribadi yang tidak toleran akan ketidakadilan dan membuatnya mengkritik pemerintah Indonesia. Film ini dibintangi oleh aktor ternama, yakni Nicholas Saputra dan disutradarai oleh Riri Riza.

5. Sultan Agung : Tahta, Perjuangan, Cinta

Sultan Agung : Tahta, Perjuangan, Cinta / foto : pinterest.com/EjhaRawk
Sultan Agung : Tahta, Perjuangan, Cinta / foto : pinterest.com/EjhaRawk

Film yang satu ini merupakan film yang berlatar belakang sejarah Indonesia yang rilis pada Agustus 2018 lalu. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo menceritakan kisah tentang raja ke-3 Kesultanan Mataram Islam, Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Film ini menceritakan perlawanannya terhadap Belanda, yang mana VOC sempat melakukan kerjasama dengan Mataran namun, ia mengkhianati perjanjian tersebut dan membuat Sultan Agung menjadi murka. Nah, penasaran kan gimana selanjutnya? Kamu bisa tonton film ini, lho.

Itulah beberapa film yang bertema pahlawan yang bisa kamu tonton untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air kamu. So, kamu bakal tonton yang mana duluan, nih?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id