Tips Jitu Bangun Bisnis Kecantikan yang Standout dan Nggak Bakal Fail

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Selasa, 27 Feb 2024 07:45 WIB
Mulai dari “Mengapa”
Ilustrasi/ Foto: Pexels.com/Polina Zimmerman

Beauties, seberapa sering sih kamu ingin mencoba produk skincare atau makeup baru? Mengingat skincare adalah bagian dari kebutuhan yang setiap hari kita gunakan, produk-produk yang menawarkan berbagai macam manfaat pun curi perhatian.

Sebab itu, nggak heran jika industri kecantikan dan personal care di Indonesia konsisten punya daya tarik tinggi setiap tahunnya. Bahkan, Statista mencatat di Indonesia, terdapat kenaikan revenue dari pasar produk personal care (termasuk produk skincare) dan kosmetik sejak tahun 2019. Data turut memprediksi peningkatan dari tahun 2024 hingga tahun 2028 sebesar 18,68 persen.

Seiring dengan gencarnya konsumen berburu beauty products, tentu industri kecantikan jadi "ladang cuan" yang menggiurkan. Namun tak dipungkiri bahwa di Indonesia, brand beauty lokal sudah sangat menjamur. Agar menarik di mata konsumen, bisnismu harus menawarkan produk yang berbeda dari kompetitor.

Lantas, bagaimana cara brand bisa mengoptimalkan bisnisnya di tengah industri dengan kompetisi sengit? Yuk cari tahu tips berbisnis kecantikan berikut ini!

Mulai dari “Mengapa”

Ilustrasi

Ilustrasi/ Foto: Pexels.com/Polina Zimmerman

Kembali ke akar, baik Beauties yang sudah memulai beauty brand maupun yang baru ingin merintis harus bertanya kepada sendiri, “Why?” (Mengapa?). Dalam bukunya, Start With Why, Simon Sinek menyarankan seorang pemimpin untuk mengawali langkah sebelum ambil keputusan dengan pertanyaan tersebut. 

Hal ini bertujuan agar sebuah perusahaan atau brand bisa terkoneksi dengan konsumennya lebih dalam, seperti perihal kesamaan value yang digenggam dan nantinya dapat berpengaruh ke brand loyalty.

Nah, sebelum mulai berbisnis atau mengusung produk baru, Beauties sebagai pebisnis coba awali dengan bertanya: mengapa kami harus berbisnis ini? Mengapa orang-orang membutuhkan produk kami?

Pertanyaan “Mengapa?” dilanjutkan dengan “How?” (Bagaimana), dan “What?” (Apa?). Misal, bagaimana cara bisnismu menjawab kebutuhan konsumen? Produk seperti apa yang mereka butuhkan?

Pahami Strategi Berbisnis Industri Kecantikan

Ilustrasi bisnis

Ilustrasi/ Foto: Pexels.com/leeloo the first

Pertanyaan ‘Mengapa’, ‘Bagaimana’, dan ‘Apa’ butuh jawaban kompleks dan objektif sebagaimana ada di lapangan. Agar tepat sasaran, kamu perlu memperkaya diri dengan ilmu berbisnis, khususnya di beauty industry.

Untungnya, Ethix.id siap membantumu belajar sekaligus menjawab rasa ingin tahumu seputar industri kecantikan melalui webinar “Building A Standout Beauty Brand”.  

Webinar Ethix.id Building a Standout Beauty BrandWebinar Ethix.id Building a Standout Beauty Brand/ Foto: Dok. Beautynesia

Sebagai beauty brand owner, Amy Aghninia akan menjadi salah satu speaker webinar di mana ia akan berbagi kisah sukses mendirikan brand, mengatasi tantangan selama menjalankan bisnis hingga beri tips untuk para entrepreneur yang baru bergabung di industri kecantikan.  

Farica Yosafat, seorang Womanpreneur dan Coach, juga akan beri insight tren di bisnis kecantikan tahun 2024, cara cari peluang dan membangun identitas brand yang kuat, hingga tolak ukur bisnis kecantikan yang sukses.

Namun tak terbatas itu lho! Mega influencer Shasa Zhania juga akan beri endorsement gratis untuk brand pemenang yang beruntung. Tentu kamu nggak mau lewatkan kesempatan ini, kan? 

Yuk ikuti webinar Ethix.id Building A Standout Beauty Brand hari Rabu, 28 Februari 2024 pukul 15:30-16:00! Kamu bisa registrasi gratis dengan klik di sini, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.