STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Tips Membantu Anak Belajar Selama di Rumah Aja

Lifia Mawaddah Putri | Beautynesia
Selasa, 21 Apr 2020 11:30 WIB
Tips Membantu Anak Belajar Selama di Rumah Aja
Guna menghentikan penyebaran virus corona, lembaga pendidikan dan juga perusahaan mulai memberlakukan sistem belajar dan bekerja jarak jauh. Masyarakat pun dihimbau untuk tidak keluar rumah kecuali ada kebutuhan penting yang mendesak. Dengan adanya sistem belajar dari rumah ini, orang tua pun perlu mendidik serta memantau kegiatan anak selama di rumah. Beautynesia.id pun telah merangkum beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak selama belajar dari rumah. Yuk simak tipsnya berikut ini!

Beri Pengertian


Sebagian anak mungkin akan menganggap bahwa sistem belajar dari rumah ini adalah masa liburan untuknya. Sehingga anak akan sulit untuk membedakan antara waktu belajar dan waktu bermain. Oleh sebab itu, berikanlah ia pengertian mengenai situasi yang sedang terjadi saat ini. Buatlah anak mengerti bahwa ia harus tetap belajar dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru seperti di sekolah. Hanya saja untuk saat ini, ia melakukan kegiatan itu dari rumah.


Foto: Istimewa


 


Atur Jadwal Belajar


Meskipun belajar di rumah, jangan paksakan anak untuk belajar sepanjang hari. Sebab, ia pun pasti akan merasa jenuh dan lelah. Aturlah waktu belajarnya dengan membedakan antara jadwal belajar serta jadwal bermain anak agar ia tidak merasa bosan. Dengan membuat jadwal, hal ini pun juga akan melatih anak untuk menjadi seseorang yang lebih disiplin serta bertanggung jawab.


Foto: Istimewa


 


Berikan Motivasi


Untuk membantu anak dalam belajar selama di rumah, memberikan motivasi juga salah satu hal yang penting. Berikanlah mereka semangat ketika sedang mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Jika ia sudah menyelesaikan tugas tersebut, berikan ia pujian seperti “Hebat! Kamu melakukannya dengan baik”. Dengan memberikan dia masukan yang positif, anak pun akan menjadi lebih termotivasi untuk belajar.


Foto: Istimewa


 


Ajarkan dengan Sabar


Ketika sedang belajar, sebagai orang tua, kamu bisa mendampinginya dan juga mengajarinya mengenai pelajaran tersebut. Akan tetapi, tentunya dibutuhkan kesabaran untuk melakukan hal ini. Sebab, terkadang mood anak sedang tidak baik saat belajar. Jika kamu justru memarahinya, anak pun akan semakin tidak berminat untuk belajar. Buatlah suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan mood anak.


Foto: Istimewa
(ebn/ebn)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE