STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Tips Mengelola Angpao Imlek, Bisa Bikin Tambah Kaya kalau Cerdas Mengaturnya, Lho!

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 24 Jan 2023 17:15 WIB
Tips Mengelola Angpao Imlek, Bisa Bikin Tambah Kaya kalau Cerdas Mengaturnya, Lho!
Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined

Gong xi fa cai, Beauties! Tahun baru Imlek menjadi salah satu momen yang ditunggu, terutama bagi masyarakat etnis Tionghoa. Bagi yang belum menikah, biasanya dapat angpao atau amplop merah berisi uang dari orang tua juga sanak saudara.

Jadi, sudah dihitung-hitung total dapat berapa pada Imlek kemarin, Beauties?

Jenis pemasukan ini mengutip Sikapi Uangmu OJK termasuk pemasukan tidak rutin. Jenis pemasukan itu terdiri dari dua jenis, yaitu rutin dan tidak rutin. Pemasukan rutin yakni seperti gaji yang kamu dapat setiap bulannya dalam jumlah yang umumnya sama. Contoh pemasukan tidak rutin lainnya ialah THR dan bonus.

Pentingnya Memanfaatkan Angpao dengan Bijak

Angpao Na LaiAngpao Na Lai/ Foto: Getty Images/iStockphoto/yipengge

Uang yang kamu dapatkan dari angpao memang bisa digunakan untuk memenuhi keinginan kamu, seperti membeli salah satu dari wishlist yang sudah ditunggu-tunggu. Selain itu angpao juga bisa dialokasikan untuk kebutuhan penting lain. Apa saja?

Melunasi Utang

Sebelum membeli barang baru dari angpao, sebaiknya Beauties mengingat-ingat lagi apakah ada utang? Jika ya, lunasilah terlebih dulu, supaya terhindar juga dari bunga yang terus menggulung, jika Beauties memjnjamnya dari paylater atau kartu kredit. Dengan begitu keuangan kamu pun jadi lebih sehat. Pun meski meminjam dari teman atau orang lain yang meski tanpa bunga, karena hubungan baikmu yang kerap jadi taruhannya.

Dana Darurat

Kamu bisa mengalokasikan semua atau sebagian uang angpao untuk pos dana darurat, setelah bayar utang. Para perencana keuangan merekomendasikan agar kamu punya dana darurat sebesar 3-6 kali jumlah pengeluaran. Manfaatnya antara lain untuk mengatasi pengeluaran tak terduga atau darurat.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE