STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Tradisi Black Day, Perayaan Khusus untuk Para 'Jomblo' di Korea Selatan

Sierra Muktisari | Beautynesia
Senin, 14 Feb 2022 08:30 WIB
Tradisi Black Day, Perayaan Khusus untuk Para 'Jomblo' di Korea Selatan

Bulan Februari memang identik dengan hari perayaan kasih sayang atau biasa dikenal sebagai hari Valentine. Jatuh tepat pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya, hari Valentine kerap dinantikan para perempuan maupun laki-laki di seluruh dunia, terutama mereka yang telah memiliki pasangan.

Lain halnya dengan di negara Korea Selatan nih, Beauties. Tak hanya merayakan hari Valentine untuk mereka yang sudah berpasangan, namun ada pula perayaan Black Day, yaitu perayaan khusus untuk para 'jomblo' atau orang-orang yang masih single di Korea.

Penasaran untuk tahu lebih lanjut mengenai Black Day? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Apa Itu Black Day?

Drama Korea suami istri/twitter.com/CJnDrama/Ilustrasi pasangan di Korea Utara/ Foto: twitter.com/CJnDrama/

Black Day merupakan hari perayaan 'tidak resmi' untuk para orang-orang yang masih single di Korea Selatan. Melansir Gogohankuk, Black Day dirayakan pada tanggal 14 April setiap tahunnya. Berbeda dengan perayaan hari Valentine atau White Day, pada Black Day tidak ada tradisi pemberian hadiah kepada pasangan.

Melansir Korealandescape, awalnya 14 April dipandang sebagai hari kesedihan, sehingga dikenal juga dengan nama 'Hari Hitam'. Hari tersebut merupakan hari di mana orang-orang lajang bisa berkumpul untuk meratapi kelajangan mereka dan menenggelamkan kesedihan mereka dalam makanan yang menenangkan.

Namun, di era Korea modern, Black Day dianggap sebagai hari perayaan bagi para lajang, karena pentingnya menjalin hubungan telah menurun dalam budaya masyarakat kini.

Kegiatan yang Dilakukan Saat Black Day

Ilustrasi jajangmyeon, mi pasta kacang hitam ala KoreaIlustrasi jajangmyeon, mi pasta kacang hitam ala Korea/ Foto: wepik.com

Meski terkesan 'menyedihkan' karena tak ada pertukaran hadiah kepada pasangan layaknya hari Valentine atau White Day, beberapa kegiatan 'menarik' juga dilaksanakan ketika Black Day, lho.

Biasanya, para orang-orang single akan berkumpul bersama teman-teman yang juga single, mengenakan pakaian hitam, hingga memakan makanan 'hitam', yaitu jajangmyeon. Makanan tersebut merupakan mi dengan saus kacang hitam yang terkenal di Korea Selatan dan menjadi favorit banyak orang.

Tak ketinggalan, orang-orang pun akan meminum kopi hitam untuk merayakan Black Day ini, Beauties.

Menjadi Salah Satu 'Strategi' Marketing di Korea Selatan

Ilustrasi perayaan Valentine di KoreaIlustrasi perayaan Valentine di Korea/ Foto: CNN.com

Ketika terdapat hari perayaan tertentu seperti Natal atau Valentine, banyak toko atau restoran yang memanfaatkan momen tersebut untuk mempromosikan jasa, layanan, hingga produk mereka.

Tak ketinggalan dengan Black Day sendiri di Korea. Melansir Gogohanguk, pemerintah Korea membuat hari Black Day ini untuk melanjutkan tren merayakan sesuatu pada tanggal 14 setiap bulan.

Selain itu, Black Day pada dasarnya adalah 'strategi pemasaran' bagi bisnis untuk mengadakan acara kencan, kontes makan jajangmyeon, dan berbagai kampanye pemasaran lainnya meski tidak sepopuler Hari Valentine dan beberapa hari bertema cinta lainnya.

Nah, itu penjelasan seputar Black Day di Korea Selatan. Berminat untuk merayakannya untuk kamu sendiri, Beauties?

[Gambas:Video Beautynesia]

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE