STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Traveling Anti Ribet! Ini 5 Metode Packing Simpel KonMari ala Marie Kondo, Wajib Coba!

Ghena Oktafira | Beautynesia
Jumat, 04 Feb 2022 09:00 WIB
Traveling Anti Ribet! Ini 5 Metode Packing Simpel KonMari ala Marie Kondo, Wajib Coba!

Beauties, apakah kamu memiliki rencana bepergian dalam waktu dekat? Agar tas atau kopermu nggak terasa berat saat dibawa, ada baiknya kamu cari tahu terlebih dahulu metode packing simpel KonMari yang diciptakan oleh Marie Kondo.

Bagi kamu yang belum tahu, Marie Kondo merupakan seorang perempuan asal Jepang yang terkenal setelah mengembangkan metode untuk merapikan rumah dan barang-barang. Berkat kemudahan dalam setiap metodenya, ia pun dijuluki sebagai “perempuan paling rapi di seluruh dunia”. Keren!

Daripada penasaran, yuk simak tips packing anti ribet dan sederhana menggunakan metode KonMari berikut ini!

Membuat List Barang yang Perlu Dibawa

Packing simpel ala Marie Kondo
Membuat list barang yang diperlukan/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Dalam metode merapikan rumah ala KonMari, perempuan berusia 37 tahun ini menganjurkan agar orang-orang hanya menyimpan barang yang masih dibutuhkan dan mempunyai efek “spark joy” atau memberikan kesenangan saja. Tak cuma berlaku untuk rumah, menurutnya, hal ini dapat diterapkan pula ketika hendak bepergian.

Buatlah catatan mengenai barang-barang apa saja yang sekiranya perlu untuk dibawa ke tempat tujuan. Mulai dari pakaian, sepatu, alat mandi, alat kecantikan dan sebagainya. Jika sudah, kamu harus membaca ulang catatan tersebut dan mencoret daftar barang yang sekiranya tak terlalu diperlukan.

Volume barang yang cocok untuk dibawa ialah 50 persen dari kapasitas tas ataupun koper. Hal ini guna meminimalisir kemungkinan overload ketika ditimbang.

Melipat Pakaian dengan Metode KonMari

Packing simpel ala Marie Kondo
Melipat baju ala Marie Kondo/Foto: Makespace.com

Marie Kondo telah menyebarkan teknik melipat pakaian agar tak memakan banyak tempat di lemari. Tips ini juga bisa digunakan ketika akan bepergian. Untuk mempraktikkannya, kamu dapat mengikuti teknik melipat baju ala KonMari berikut ini:

  1. Letakkan baju di depanmu
  2. Mulailah melipat bagian kanan baju, lalu lipat lagi tangannya ke arah dalam
  3. Lakukan hal yang sama pada bagian kiri baju hingga membentuk persegi panjang
  4. Lipat kembali sisi atas menuju sisi bawah dan kemudian gulunglah pakaian hingga menjadi lipatan kecil

Memindahkan Alat Mandi ke Dalam Wadah Travel Size

Packing simpel ala Marie Kondo
Memindahkan alat mandi ke wadah travel size/Foto: Pexels.com/Alesia Kozik

Kalau di rumahmu hanya ada sabun, sampo dan pasta gigi dalam ukuran besar, maka tak perlu membawa semuanya saat bepergian, ya! Sebaliknya, carilah wadah-wadah yang lebih kecil untuk memindahkan peralatan mandi tersebut secukupnya. Agar tak tertukar, kamu bisa menambahkan kertas perekat dan menuliskan nama dari masing-masing cairan yang terdapat di dalam wadah.

Memisahkan Barang Sesuai Kategori

Packing simpel ala Marie Kondo
Memisahkan barang sesuai kategori/Foto: Instagram.com/mariekondo

Siapa nih yang kerap mengalami kesulitan ketika mencari barang di dalam tas saat di perjalanan? Karena nggak ketemu, terpaksa deh membongkar ulang isi tas. Hmm, mulai sekarang kamu harus say goodbye terhadap kebiasaan buruk ini, ya!

Pasalnya dengan mengikuti metode packing KonMari, kamu akan diajak untuk memisahkan barang bawaan sesuai dengan kategorinya masing-masing. Selain lebih rapi, tentu kamu juga lebih mudah untuk menemukan barang yang dicari karena sudah tahu letaknya.

Menyimpan Barang-barang 'Printilan' ke dalam Pouch

Tips terakhir yang sering dianggap remeh tetapi nggak boleh dilewatkan ialah menyimpan barang-barang 'printilan' ke dalam sebuah pouch. Contohnya seperti jarum, peniti, bros kerudung, charger, penjepit rambut, hingga kunci rumah. Tujuannya agar barang-barang ini nggak tercecer dan gampang ditemukan ketika akan dipakai.

Bagaimana menurutmu, Beauties, metode packing ala KonMari ini begitu simpel dan mudah untuk diterapkan, bukan? Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.