BILLBOARD
970x250

Trik Jitu Buat Para Mahasiswa Biar Jago Public Speaking di Depan Umum, Tertarik Coba?

Anindya Milagsita | Beautynesia
Selasa, 06 Jun 2023 08:30 WIB
Trik Jitu Buat Para Mahasiswa Biar Jago Public Speaking di Depan Umum, Tertarik Coba?

Tampil untuk berbicara di hadapan publik bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan buat sebagian orang. Hal ini pun membuat kemampuan public speaking diperlukan, Beauties. Salah satunya tentu bagi para mahasiswa yang tengah melangsungkan studinya di kampus.

Tak hanya untuk tampil presentasi di depan kelas, skill public speakingjuga diperlukan saat mereka nantinya bergabung di organisasi ataupun berkomunikasi sehari-harinya. Lantas bagaimana ya cara mahasiswa agar bisa jago public speakingCatat, berikut sejumlah tips public speaking yang bisa kamu coba, Beauties!

(1) Terapkan Teknik 2P Buat Atasi Grogi

Melakukan public speaking atau bicara di depan umum sering kali rasa grogi bisa menghampiri. Bagi sebagian orang mengatasi grosi mudah buat dilakukan, tetapi sebagian yang lain justru merasa hal ini jadi halangan tersendiri buat tampil percaya diri. Nah, kalau kamu sebagai mahasiswa yang pernah mengalaminya, coba terapkan teknik 2P (Prepare and Practice) buat mengurangi rasa grogi, Beauties. 

Ilustrasi seorang perempuan yang terlihat sedang berbicara di depan umum.
Sejumlah tips jago public speaking untuk para mahasiswa/pexels/Kampus Production

Dikutip melalui Very Well Mindteknik prepare atau persiapan sangat dibutuhkan agar dapat siap tampil berbicara di depan umum. Mempersiapkan apa yang akan disampaikan, mengetahui audience yang akan mendengarkan, mempelajari cara bicara yang santun, hingga menampilkan bahasa tubuh yang baik perlu dilakukan sebelum tampil. Beberapa hal ini patut dipersiapkan untuk mengurangi perasaan cemas agar bisa lebih percaya diri.

Selanjutnya practice atau latihan dapat membantu seseorang untuk bisa tampil di depan umum dengan baik, Beauties. Caranya bisa dengan merekam video, melihat cermin, atau bahkan berlatih berbicara di depan orang terdekat. Lewat latihan semacam ini, seseorang bisa meningkatkan kemampuannya untuk menarik perhatian audience, mempertahankan fokus, hingga memperbaiki kekurangan dalam menyampaikan pembicaraan.

(2) Rutin Lakukan Tongue Twister hingga Bicara dengan Diri Sendiri

Selanjutnya, ada trik sederhana lain buat membantu meningkatkan kemampuan dalam public speaking. Salah satunya dengan melakukan latihan vokal dengan tongue twister. Dilansir melalui Science of People, tongue twister membantu seseorang meningkatkan artikulasi dalam berbicara. Cara ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan kebiasaan untuk bicara bergumam yang sering kali sulit terdengar bahan dimengerti audience. 

Ilustrasi seorang perempuan yang melihat diri sendiri di cermin.
Sejumlah tips jago public speaking untuk para mahasiswa/pexels/Andrea Piacquadio

Last but not least, kamu juga bisa mencoba berlatih untuk berbicara dengan diri sendiri, Beauties. Seperti yang telah diungkap sebelumnya, merekam video ataupun berbicara di depan cermin ternyata cukup ampuh sebagai latihan buat meningkatkan skill public speaking seseorang. Selain mengetahui mimik atau bahasa tubuh saat berbicara, melihat diri sendiri melakukannya juga dapat meningkatkan rasa percaya diri sekaligus bahan evaluasi agar lebih baik ke depannya. Selamat mencoba, ya!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE